Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.497 views

Raker DPR dengan Menteri Agama, Bukhori Meminta Kemenag Segera Bantu Madrasah Swasta

JAKARTA (voa-islam.com)--Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf meminta Kementerian Agama memberikan perhatian serius kepada madrasah atau sekolah swasta dari tingkat dasar sampai tingkat menengah. Bukhori berharap agar Kementerian Agama memberikan bantuan secara nyata dan penuh kepada instansi pendidikan tersebut melalui sumber anggaran yang tersedia.

“Kami mohon komitmen Pak Menteri, yakni memperhatikan serta meng-endorse secara nyata dengan anggaran untuk membantu sekolah-sekolah swasta. Semisalnya diperkenankan, saya ingin sumber anggaran dari Surat Berutang Syariah Negara (SBSN) yang senilai Rp 3,3 Triliun tersebut, seluruhnya, 100% untuk bantu sekolah swasta. Jika kemudian ada hal-hal yang perlu diubah, saya kira perlu,” ungkap Bukhori dalam Rapat Kerja Komisi VIII dengan Menteri Agama di Gedung DPR, Jumat (26/5/2020).    

Bukhori menambahkan, selama ini Kementerian Agama dinilai tidak memiliki perhatian serius kepada sekolah-sekolah tersebut sehingga mengganggu suasana batin sebagian anggota Komisi VIII DPR RI yang prihatin terhadap kondisi keterbatasan sarana dan prasarana sekolah swasta yang berada di bawah naungan Kemenag.

“Ini suasana batin kami, Pak. Sebab, kami melihat Kementerian Agama benar-benar tidak ada perhatian pada hal tersebut. Karena itu, perlu segera diberikan perhatian serius,” sambungnya.  

Berdasarkan sumber dana, Anggaran Pagu Indikatif Kementerian Agama TA 2021 salah satunya berasal dari SBSN. Dari 6 komponen sumber anggaran yang dipaparkan, anggaran yang bersumber dari SBSN senilai Rp 3.341.281. 27,- atau kurang lebih Rp 3,3 Triliun. 

Selain itu, menurut Bukhori, jumlah sekolah agama swasta lebih dari 85% dibanding sekolah agama negeri. Akan tetapi, penganggaran dari Kementerian Agama hampir 99% tidak menyentuh sekolah swasta. 

Masih terkait isu pendidikan, politisi PKS ini juga menyoroti polemik uang kuliah tunggal (UKT) yang banyak dikeluhkan oleh mahasiswa selama masa pandemi. Ia meminta agar biaya UKT, khususnya bagi Perguruan Tinggi di bawah naungan Kemenag, bisa disesuaikan dengan kondisi penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan di perguruan tinggi selama masa pandemi.

Menurutnya, biaya kuliah perlu diturunkan mengingat para peserta didik tidak menggunakan fasilitas dan sarana kampus secara penuh, apalagi terdapat sebagian besar orang tua peserta didik yang turut terdampak akibat pandemi.

“Terkait UKT, kita mengetahui bahwa sampai akhir 2020 ini, dipastikan perkuliahan dilakukan secara online. Artinya, pembiayaan operasional seperti maintenance kelas, listrik, dan biaya operasional lain akan berkurang semua. Secara konsekuensi logis, pengurangan biaya operasional kampus ini seharusnya berimbas kepada mahasiswa, khususnya dalam hal kewajiban membayar UKT. Apalagi, banyak di antara mereka memiliki orangtua yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19. Oleh karena itu, UKT harus dikurangi,” paparnya.    

Selain menyoroti isu pendidikan, Bukhori juga meminta agar biaya pembinaan bagi penyuluh agama non PNS di dari tingkat desa sampai kecamatan perlu dianggarkan.
 
Ia menganggap para penyuluh agama memiliki fungsi strategis, yakni sebagai ujung tombak sosialisasi kebijakan Kementerian Agama, misalnya dalam hal penerangan protokol kesehatan sampai upaya menangkal radikalisme di tingkat akar rumput. Kendati harus memikul tanggung jawab besar tersebut, nasib mereka sangat memprihatinkan.

“Saya meminta, khususnya bagi para penyuluh agama non PNS perlu ada biaya pembinaan. Jika tidak ada, lalu bagaimana, Pak? Padahal, mereka ini adalah cara Bapak untuk sampai kepada masyarakat. Contoh, dalam hal memberikan penerangan kepada masyarakat terkait masalah kesehatan dan Covid-19. Secara kinerja, keberadaan mereka ini sangat efektif karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sebab itu, mereka juga perlu diperhatikan,” pungkasnya.* [Syaf/voa-islam.com]
 
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X