Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.381 views

Anis Matta Soroti Sistem Manajemen Kedaruratan dalam Penanganan Pandemi Covid-19

JAKARTA (voa-islam.com)--Indonesia dinilai perlu segera melakukan perbaikan dan penguatan sistem manajemen kedaruratan (emergency management) dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini.  Sebab, dalam kasus pandemi, hal ini menjadi sangat rumit karena memiliki dimensi masalah yang banyak. 

"Covid-19 ini merupakan makhluk baru bagi semua orang secara global bahkan bagi para ilmuwan atau scientist. Tetapi apa yang lebih buruk dari itu adalah bahwa kita tidak bisa mengkonsolidasi para scientist yang ilmunya berhubungan secara langsung atau tidak langsung sehingga ada sesuatu yang ingin saya sebut sebagai otoritas sains," kata Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta saat memberikan pengantar diskusi Gelora Talk 5 bertajuk 'Covid-19 Mengganas: Sanggupkah Sistem Kesehatan Mengatasinya?' pada Kamis (1/7/2021) petang. 

Pengetahuan tentang Covid-19, menurut Anis Matta, saat ini sangat minim sekali.  Selain itu,  informasi saintifik tentang Covid-19 telah bercampur dengan informasi hoax yang begitu cepat menyebar di masyarakat. 

"Akibatnya, publik tidak memiliki referensi informasi yang benar dan dibutuhkan waktu lama untuk mengetahui secara lebih akurat. Sekarang ini terjadi kesimpangsiuran sumber dalam informasi," ujarnya. 

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting Sp.P yang hadir sebagai narasumber mengakui terjadi mismanajemen dalam penanggungan Covid-19, ketika terjadi ledakan kasus dan membludaknya pasien Covid-19 di rumah-rumah sakit. 

Pengendalian Covid-19, lanjutnya, terlalu terfokus ke Rumah-Rumah Sakit untuk mereka yang terpapar. Seharusnya pelaksanaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro yang ditujukan ke hulu persoalan, diprioritaskan untuk pelacakan kontak erat (contact tracing). 

"Sebenarnya bukan urusan rumah sakit yang harus dibereskan, tapi sektor di hulunya.  PPKM  skala mikro itu diimplementasikan itu di Hulu dalam rangka untuk melakukan contact tracing," kata Alexander. 

Karena itu, wajar apabila kebijakan PPKM dan pemberlakuan aturan Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) sebelumnya, masih tidak maksimal mencegah dan menurunkan ledakan kasus positif di Indonesia. 

Malah saat ini justru terjadi ledakan kasus Covid-19, sejak  15 bulan lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu. 

"Dulu ada PSBB dan kemudian kita lanjutkan dengan PPKM 1, PPKM 2, tetapi semua yang dilaksanakan itu tidak maksimal," ujarnya. 

Narasumber lain, Menteri Kesehatan 2004-2019, Siti Fadilah Supari mempertanyakan jumlah kematian pasien terpapar virus corona atau Covid-19 yang terus meningkat, meskipun program vaksinasi nasional telah berjalan selama enam bulan belakangan. 

Untuk itu, dia berharap para ahli statistik bisa dilibatkan pemerintah demi mencari faktor terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia belakangan ini. Bukan didasarkan pada prakiraan-prakiraan yang belum tentu benar, tanpa adanya penelitian saintifik. 

"Saya berharap para ahli statistik segera menghitung faktor apa yang menyebabkan hal ini bisa meningkat pada saat vaksinasi berjalan. Kita harus jujur demi kebaikan bangsa," kata Siti Fadilah Supari. 

Siti Fadilah mengaku heran lonjakan kasus terjadi justru pada saat program vaksinasi getol dilaksanakan pemerintah. Karena pada dasarnya, vaksinasi Covid-19 ialah upaya memasukkan virus SARS-Cov-2 yang sudah mati ke tubuh seseorang.

"Jadi tidak heran seseorang yang sudah divaksin terkonfirmasi positif Covid-19 setelah diperiksa melalui tes swab atau PCR, meski bisa saja ada faktor yang terlewat dari penyebab lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia," kata Siti Fadilah. 

Seharusnya pemerintah tidak perlu ikut-ikutan WHO dalam menetapkan kebijakan menanggulangi pandemi Covid-19, tetapi harus melihat kondisi masyarakat di tanah air

"Boleh percaya dengan WHO, cuma dipelajari lagi dan dikaji lagi. Benar tidak dia bicara begitu dan cocok dengan bangsa kita," tegas Menteri Kesehatan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. 

Diskusi Gelora Talk 5 bertajuk 'Covid-19 Mengganas: Sanggupkah Sistem Kesehatan Mengatasinya?' ini juga menghadirkan narasumber lain, Dosen Psikologi Universitas Indonesia Prof. Dr. Hamdi Muluk, Ketua MUI KH Cholil Nafis, Ketua Bidang Kesehatan DPN Partai Gelora Indonesia dr. Zicky Yombana Sp.S  dan Drs.Oman Fathurahman dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X