Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Dua Masjid di Pakistan Diserang, 17 Tewas

Berita Terkait

1.228 views

Dua Masjid di Pakistan Diserang, 17 Tewas

 

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE--Pria-pria bersenjata menyerang dua masjid milik satu sekte Muslim minoritas di Lahore, Pakistan, Jumat (28/5) menewaskan 17 orang. Penyerang juga menyandera beberapa orang jemaah, meledakkan granat-granat yang memicu baku tembak berdarah dengan polisi.

Baku tembak dan ledakan-ledakan terdengar di kedua masjidt itu. Salah satu masjid di daerah permukiman Model Town, tempat serangan pembom mobil bunuh diri pada Maret, sedangkan masjid lain terletak di di daerah Garhi Shahu.

Para pejabat mengatakan 17 orang tewas di Model Town tetapi tidak segera diketahui jumlah korban di masjid kedua. Kedua Masjid itu adalah milik kelompok Ahmadiyah yang juga dikenal sebagai Qadian, dan memiliki puluhan ribu anggota. Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan sekte tetap menjadi sasaran serangan-serangan sektarian.

"Para teroris menyerang masjid-masjid. Mereka menembaki dan menggunakan granat-granat. Mereka menyandera orang-orang di dalam masjid itu," kata pejabat pertahanan sipil distrik itu Muzhar Ahmed kepada AFP melalui telepon dari lokasi di Garhi Shahu.

Stasiun-stasiun televisi menyiarkan suara-suara tembakan dan gambar-gambar kendaraan dan sepeda-sepeda motor yang hancur dengan seorang-- agaknya warga sipil -- tergeletak di halaman dengan darah berceceran dekatnya ketika pasukan keamanan datang ke lokasi itu.

Para pejabat sebelumnya mengatakan ada korban, tetapi jumlahnya tidak segera jelas karena baku tembak antara para penyerang dan pasukan keamanan masih berlangsung. "Tim saya mengemukakan kepada saya beberapa orang tewas dan sejumlah lainnya cedera, tetapi tidak tahu jumlah pastinya," tambah Ahmed.

"Kami telah membawa tujuh sampai delapan orang yang cedera ke rumah sakit. Kami menerima laporan bahwa beberapa orang tewas, tetapi saya tidak dapat memberikan jumlah yang pasti," kata Fahim Jahanzeb, seorang juru bicara dinas pertolongan. Amjad Iqbal, seorang perwira polisi yang berada di Garhi Shahu mengemukakan kepada AFP melalui telepon banyak orang dikhawatirkan cedera.

"Baku tembak masih berlangsung. Para penyerang berada di atap masjid itu dan mereka menembaki polisi. Salah sorang penyerang jatuh dari atap itu," katanya.

Lahore, sebuah kota berpenduduk delapan juta jiwa dekat perbatasan Pakistan dengan India, telah jadi sasaran serangan Taliban dan kelompok yang memiliki hubungan dengan Al Qaida dalam serangan bom di seluruh negara itu. Seluruh serangan telah menewaskan lebih dari 3.300 orang dalam tiga tahun.

Kerusuhan menyangkut agama di Pakistan, sebagian besar terjadi antara kelompok Sunni yang mayoritas dan Syiah yang minoritas menewaskan sekitar 4.000 orang dalam sepuluh tahun belakangan ini.

Pada Oktober 2005, delapan orang ditembak mati dan 14 lainnya cedera ketika pria-pria bertopeng yang bersenjatakan senapan-senapan Kalashnikov menyerbu sebuah masjid Ahmadiyah di kota Mandi Bahauddin, 100km selatan Islamabad. Insiden Jumat adalam serangan besar pertama di Lahore sejak serangan-serangan bunuh diri Maret yang ditujukan ke militer Pakistan, menewaskan 45 orang segera sebelum sholat Jumat dimulai.

Delapan serangan menewaskan lebih dari 170 orang di Lahore dalam tahun lalu. Lahore merupakan tempat tinggal banyak tokoh penting dalam mliter Pakistan dan pusat intelijen.

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Ant/AFP

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Republika Online lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X