Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.219 views

Psikologi Islam: Perilaku Koruptif, Malas, Kasar, Dusta, PencitraanTerjadi Karena Qalbu-nya Sakit

Sahabat Voa-Islam,

Perilaku seseorang tidaklah terjadi dengan sendirinya, setiap perilaku selalu ada sebabnya, ada tujuannya dan perilaku itu bersifat unik untuk tiap-tiap orang. Setiap perilaku, sebelum muncul kepermukaan, ia akan melewati suatu proses yang dikendalikan Qalbu. Qalbu adalah ‘Master of Control’ dari perilaku, qalbu bagaikan Raja yang mengendalikan semua perilaku seseorang. Rasulullah SAW sudah menyampaikan bahwa baik atau buruknya perilaku seseorang ditentukan oleh qalbu-nya.  

Sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka semua tubuh menjadi baik, tetapi apabila ia rusak maka semua tubuh menjadi rusak pula. Ingatlah bahwa ia adalah qalbu.” (HR. Bukhari)

Setiap perilaku diawali oleh bisikan hati dan buah pikiran seseorang. Bisikan-bisikan hati dan buah pikiran yang bersumber dari Ilmu, Amal dan Akhlaq adalah bahan baku munculnya perilaku manusia. Bisikan hati dan buah pikiran akan berkembang menjadi sebuah ide, lalu ide itu akan menjelma menjadi kehendak, lalu kehendak yang kuat akan menghasilkan sebuah perilaku.  Perilaku yang berulang-ulang dilakukan akan membentuk suatu kebiasaan pada seorang individu.

Dengan demikian setiap kualitas perilaku yang muncul tergantung kepada bahan baku yang masuk kedalam qalbu. Qalbu akan memproses semua bahan baku yang masuk, artinya qalbu akan berfungsi sebagai prosesor terhadap semua data yang diterimanya. Untuk bisa menghasilkan suatu perilaku maka dia akan memproses semua bahan baku yang masuk. Jika bahan bakunya adalah bisikan hati yang baik, yaitu bisikan hati yang berorientasi kepada Rabb-nya, tertuju kepada Rabb, dan yang terkonsenterasi untuk memperoleh ridha dan kecintaan-Nya, maka perilaku yang muncul juga akan baik. Setiap kebaikan itu pasti berasal dari Allah, setiap petunjuk berawal dari-Nya, setiap kebenaran itu adalah berupa taufik (perlindungan) dari Allah, dan setiap kesesatan dan keberpalingan dari-Nya hanya dapat terjadi karena adanya penelantaran dan pengabaian dari Allah terhadap hamba-Nya. Sebaliknya, jika bisikan yang masuk adalah bisikan yang buruk dan kotor, yang menjauh dari panggilan Rabb dan Rasul-Nya maka perilaku yang muncul adalah perilaku yang juga kotor, buruk, penuh dengan kemaksiatan dan dosa. Semakin dia dekat dengan kemasiatan dan dosa, dan hal-hal yang menjijikkan maka orang-orang ini akan jauh dan semakin jauh dari taufik dan rahmat Allah.   

Pemberian taufik dan penelantaran Rabb terhadap hamba-Nya tergantung kepada kelayakan hamba tersebut untuk menerimanya. Jika seorang hamba tidak bisa mensyukuri nikmat yang telah diperolehnya maka dia layak untuk mendapatkan penelantaran atau pengabaian dari Allah, namun jika hamba tersebut mampu bersyukur atas segala nikmat yang telah didapatnya dan meyakini bahwa semua kenikmatan itu adalah karena sedekah dan kenaikan Allah padanya, nikmat itu adalah milik Allah, dan bukan karena pengetahuan, keterampilan, atau usaha seseorang, maka dia layak untuk memperoleh taufik dari Allah.

Jadi, besarnya taufik, petunjuk dan kebaikan yang diterima oleh seseorang sangat bergantung kepada seberapa besar seseorang berhasil merenungi kenikmatan yang yang telah diterimanya dari Allah dan seberapa kuat peng-Esaan-nya terhadap Allah yang dibuktikan lewat penyembahan dengan segala bentuk ibadah yang ditujukannya terhadap Allah. Serta bagaimana dia selalu merasa bahwa segala perbuatannya selalu berada dalam pengawasan dan sepengetahuan Allah, termasuk juga apa-apa yang terbersit didalam hatinya, tidak ada yang luput dari-Nya. Dia akan merasa sebagai hamba yang hina, tidak berdaya, dan menggantungkan hidupnya hanya kepada Allah semata. Manusia itu adalah makhlu yang terbaik yang diciptakan Allah, itu hanya terjadi jika ia mau mendekatkan diri kepada Penciptanya yang Maha Agung, berpegang teguh pada perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebaliknya, ia akan menjadi makhluk yang terendah, bahkan lebih buruk dari pada binatang ternak jika dia memperturutkan hawa nafsunya, syahwat dan setan telah mengalahkan iman yang ada di dalam dadanya. Jika ini yang terjadi maka dia akan semakin jauh dari Rabb-Nya. Hatinya semakin tidak tergerak untuk mendekat dan melakukan ketaatan guna menggapai keridhaan-Nya.

        Qalbu adalah ibarat sebuah prosesor dalam jiwa seseorang, data mentahnya adalah  bisikan hati, perasan was-was dan buah pikiran. Bisikan hati, perasaan was-was dan buah pikiran itu dapat merasuk ke dalam pikiran, lalu merembet masuk ke pemunculan ide, kemudian menimbulkan kehendak, lalu muncul dorongan untuk berbuat, maka muncullah perilaku.

Oleh karena itu untuk mencegah munculnya perilaku buruk yang paling mudah adalah dengan mencegah masuknya bisikan hati yang buruk dan pikiran kotor kedalam prosesor qalbu. Dan usaha untuk menghilangkan kebiasaan buruk telah melekat dan terpatri dengan kuat di hati jauh lebih susah. Bisikan-bisikan buruk akan selalu ada selama manusia itu masih hidup, bisikan-bisikan buruk itu ibarat udara yang terus mengalir masuk kedalam paru-paru manusia yang alirannya itu hanya akan berhenti jika seseorang telah meninggal. 

Untuk dapat mengatasi dan menghindari terpengaruhnya qalbu oleh bisikan-bisikan hati yang buruk maka diperlukan iman yang kuat dan akal yang sehat. Dengan iman dan akal seseorang akan dapat menolak bisikan buruk dan perasaan was-was yang datang kepadanya, lalu menolak dan menjauhkan dari-nya. Iman dan akal adalah bagian kelengkapan dari fungsi qalbu. Jadi, jika ingin merubah perilaku maka yang harus diubah adalah qalbunya, bukan mentalnya, jika mau melakukan revolusi perilaku, yang harus direvolusi adalah qalbunya dan bukan mentalnya. Perubahan perilaku yang tidak menyentuh sampai kepada perubahan qalbu maka perubahan itu hanya besifat perifer, permukaan saja, dan perubahan itu akan mudah luntur dan kembali kepada perilaku awal. Berbeda dengan perubahan perilaku yang dimulai dari perubahan pada qalbu, maka peruabahan ini relatif lebih bertahan lama dan susah untuk kembali kepada perilaku lama. 

Allah yang Maha Kuasa telah menciptakan qalbu itu sebagai sebuah prosesor yang terus-menerus bekerja mengolah berbagai data yang diberikan kepadanya, disini berlaku prinsip garbage in garbage out. Jika data yang diberikan salah dan buruk maka hasil olahan prosesor menjadi jelek dan tidak berguna, ini terjadi karena memang kualitas bahan bakunya yang buruk, sehingga hasil olahan-nya tidak bisa dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan. Prosesor diciptakan untuk selalu bekerja, sehingga dia harus selalu diberikan input-an data secara terus-menerus.  Jadi data yang ingin di-input harus diseleksi jangan sampai di-input adalah data yang salah atau data yang buruk. Seorang operator harus meyakinkan bahwa setiap data harus valid, dan bersih dari berbagai kesalahan dan keburukan.

Setiap orang harus menjaga input-an data kedalam prosesor-nya setiap waktu, dia tidak boleh lengah sedikitpun dalam mengawasi data yang akan diproses oleh qalbu. Jika ada orang lain yang ingin memasukkan data yang salah maka dia harus segera menghalanginya dengan sekuat tenaga. Setan akan selalu memberikan bisikan-bisikan jahat kedalam hati manusia, dia harus mampu melawannya dengan iman yang kuat dan akal yang sehat. Jika seseorang mampu menolak bisikan buruk terhadap hati sedari awal maka tahapan selanjutnya menjadi lebih mudah untuk dikendalikan. Tetapi jika Anda menerimanya, bisikan buruk itu akan berubah menjadi buah pikiran atau ide-ide yang terus berkembang sehingga menjelma menjadi kehendak. Setelah itu kehendak akan berusaha untuk menggerakkan anggota badan agar merealisasikan kehendak tadi.

Jika seseorang tidak menggerakkan anggota tubuh maka kehendak dan ide tadi akan kembali kepada hati, dan dia berubah menjadi angan-angan, dorongan-dorongan syahwat yang menggelora di dalam dada, dan masih adanya keinginan yang kuat untuk merealisasikan kehendak dan ide-ide yang belum sempat direalisasikan. 

Pertarungan antara setan dan iman dalam hati akan selalu terjadi selama seseorang masih bernafas, dan hanya akan berhenti jika seseorang telah meninggal. Jika iman dan akal tidak mampu mengusir bisikan-bisikan jahat dan pikiran-pikiran kotor yang telah ditunggangi oleh setan maka qalbu akan dikuasai oleh setan. Setan telah berhasil menduduki singgasana hati manusia yang dengan itu setan bisa dengan bebas menyuruh seseorang untuk berbuat apa saja. Misi setan tercapai, menggoda dan membelokkan tujuan hidup manusia di bumi untuk beribadah telah berubah menjadi pecinta dunia, melupakan akhiratnya.

Dari qalbu yang sakit ini akan muncul semua bentuk perilaku non-unggul seperti perilaku;  koruptif, malas, kasar, dusta, pencitraan, pelit ber-infaq namun boros dalam maksiat, tidak mandiri dan selalu mengandalkan orang lain.

Sebaliknya qalbu yang sehat dan bersih akan menghasilkan perilaku  unggul seperti, percaya pada diri sendiri, memiliki rasa malu untuk berbuat maksiat, jujur, lemah lembut, selalu menjaga diri dari yang merugikan, dermawan, yakin akan diri dan tidak tergantung pada orang lain. Inilah ciri pribadi yang unggul di dunia, unggul di akhirat.

6 Ramadhan 1436 H.

Dr. Yon Nofiar

Moslem Psychologist, Certified Behavioral Consultant.

Sumber: Qalbu Quotient, Menjadi Pribadi Unggul. [fitrah/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

Kamis, 02 Dec 2021 02:14

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Rabu, 01 Dec 2021 23:07

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Rabu, 01 Dec 2021 22:27

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Rabu, 01 Dec 2021 19:26

Kemenlu: Isu Palestina Jadi Jantung Kebijakan Luar Negeri Indonesia

Kemenlu: Isu Palestina Jadi Jantung Kebijakan Luar Negeri Indonesia

Rabu, 01 Dec 2021 19:12

ASN Diganti Robot, Indonesia Tak Perlu Teknologi Luar

ASN Diganti Robot, Indonesia Tak Perlu Teknologi Luar

Rabu, 01 Dec 2021 18:55

Kongres Sejarawan Muhammadiyah Pertama Lahirkan 10 Rekomendasi

Kongres Sejarawan Muhammadiyah Pertama Lahirkan 10 Rekomendasi

Rabu, 01 Dec 2021 18:32

Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Perubahan Kulit

Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Perubahan Kulit

Rabu, 01 Dec 2021 18:04

Kemajuan Teknologi Tidak Bisa Serta Merta Menjadi Solusi, Terlebih dalam Urusan Agama

Kemajuan Teknologi Tidak Bisa Serta Merta Menjadi Solusi, Terlebih dalam Urusan Agama

Rabu, 01 Dec 2021 16:29

Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer Ethiopia Di Baidoa Somalia

Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer Ethiopia Di Baidoa Somalia

Rabu, 01 Dec 2021 15:34

Indonesia Jadi Produsen Mobil Listrik di 2022, Pengamat: Tren Pasar Berubah

Indonesia Jadi Produsen Mobil Listrik di 2022, Pengamat: Tren Pasar Berubah

Rabu, 01 Dec 2021 14:52

Pengadilan Libya Keluarkan Penglima Pemberontak Khalifa Haftar Dari Pencalonan Pilpres

Pengadilan Libya Keluarkan Penglima Pemberontak Khalifa Haftar Dari Pencalonan Pilpres

Rabu, 01 Dec 2021 14:45

Dari Guru yang Alim dan Uswah Hasanah, Lahirlah Para Ulama dan Generasi Khairu Ummah

Dari Guru yang Alim dan Uswah Hasanah, Lahirlah Para Ulama dan Generasi Khairu Ummah

Rabu, 01 Dec 2021 14:27

Arab Saudi Buka Bagian Konsuler Di Kedutaan Mereka Di Kabul

Arab Saudi Buka Bagian Konsuler Di Kedutaan Mereka Di Kabul

Rabu, 01 Dec 2021 14:00

Siapkan Kader, PP PERSIS Bekali Kafilah Du'at Angkatan XI

Siapkan Kader, PP PERSIS Bekali Kafilah Du'at Angkatan XI

Rabu, 01 Dec 2021 13:22

Ulama Adalah Pewaris Para Anbiya Sekaligus Warga Negara yang Harus Dilindungi

Ulama Adalah Pewaris Para Anbiya Sekaligus Warga Negara yang Harus Dilindungi

Rabu, 01 Dec 2021 12:20

Omnibus Tertabrak Bus

Omnibus Tertabrak Bus

Rabu, 01 Dec 2021 10:51

Berhenti Merokok Cegah PPOK dan Kanker Paru

Berhenti Merokok Cegah PPOK dan Kanker Paru

Rabu, 01 Dec 2021 10:25

Masyarakat Harus Waspada Saat Bertransaksi Digital

Masyarakat Harus Waspada Saat Bertransaksi Digital

Rabu, 01 Dec 2021 10:13

Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 Abai Terhadap Perzinahan

Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 Abai Terhadap Perzinahan

Rabu, 01 Dec 2021 10:09


MUI

Must Read!
X

Rabu, 01/12/2021 09:24

Ambisi Erick