Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.627 views

Psikologi Islam: Perilaku Koruptif, Malas, Kasar, Dusta, PencitraanTerjadi Karena Qalbu-nya Sakit

Sahabat Voa-Islam,

Perilaku seseorang tidaklah terjadi dengan sendirinya, setiap perilaku selalu ada sebabnya, ada tujuannya dan perilaku itu bersifat unik untuk tiap-tiap orang. Setiap perilaku, sebelum muncul kepermukaan, ia akan melewati suatu proses yang dikendalikan Qalbu. Qalbu adalah ‘Master of Control’ dari perilaku, qalbu bagaikan Raja yang mengendalikan semua perilaku seseorang. Rasulullah SAW sudah menyampaikan bahwa baik atau buruknya perilaku seseorang ditentukan oleh qalbu-nya.  

Sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka semua tubuh menjadi baik, tetapi apabila ia rusak maka semua tubuh menjadi rusak pula. Ingatlah bahwa ia adalah qalbu.” (HR. Bukhari)

Setiap perilaku diawali oleh bisikan hati dan buah pikiran seseorang. Bisikan-bisikan hati dan buah pikiran yang bersumber dari Ilmu, Amal dan Akhlaq adalah bahan baku munculnya perilaku manusia. Bisikan hati dan buah pikiran akan berkembang menjadi sebuah ide, lalu ide itu akan menjelma menjadi kehendak, lalu kehendak yang kuat akan menghasilkan sebuah perilaku.  Perilaku yang berulang-ulang dilakukan akan membentuk suatu kebiasaan pada seorang individu.

Dengan demikian setiap kualitas perilaku yang muncul tergantung kepada bahan baku yang masuk kedalam qalbu. Qalbu akan memproses semua bahan baku yang masuk, artinya qalbu akan berfungsi sebagai prosesor terhadap semua data yang diterimanya. Untuk bisa menghasilkan suatu perilaku maka dia akan memproses semua bahan baku yang masuk. Jika bahan bakunya adalah bisikan hati yang baik, yaitu bisikan hati yang berorientasi kepada Rabb-nya, tertuju kepada Rabb, dan yang terkonsenterasi untuk memperoleh ridha dan kecintaan-Nya, maka perilaku yang muncul juga akan baik. Setiap kebaikan itu pasti berasal dari Allah, setiap petunjuk berawal dari-Nya, setiap kebenaran itu adalah berupa taufik (perlindungan) dari Allah, dan setiap kesesatan dan keberpalingan dari-Nya hanya dapat terjadi karena adanya penelantaran dan pengabaian dari Allah terhadap hamba-Nya. Sebaliknya, jika bisikan yang masuk adalah bisikan yang buruk dan kotor, yang menjauh dari panggilan Rabb dan Rasul-Nya maka perilaku yang muncul adalah perilaku yang juga kotor, buruk, penuh dengan kemaksiatan dan dosa. Semakin dia dekat dengan kemasiatan dan dosa, dan hal-hal yang menjijikkan maka orang-orang ini akan jauh dan semakin jauh dari taufik dan rahmat Allah.   

Pemberian taufik dan penelantaran Rabb terhadap hamba-Nya tergantung kepada kelayakan hamba tersebut untuk menerimanya. Jika seorang hamba tidak bisa mensyukuri nikmat yang telah diperolehnya maka dia layak untuk mendapatkan penelantaran atau pengabaian dari Allah, namun jika hamba tersebut mampu bersyukur atas segala nikmat yang telah didapatnya dan meyakini bahwa semua kenikmatan itu adalah karena sedekah dan kenaikan Allah padanya, nikmat itu adalah milik Allah, dan bukan karena pengetahuan, keterampilan, atau usaha seseorang, maka dia layak untuk memperoleh taufik dari Allah.

Jadi, besarnya taufik, petunjuk dan kebaikan yang diterima oleh seseorang sangat bergantung kepada seberapa besar seseorang berhasil merenungi kenikmatan yang yang telah diterimanya dari Allah dan seberapa kuat peng-Esaan-nya terhadap Allah yang dibuktikan lewat penyembahan dengan segala bentuk ibadah yang ditujukannya terhadap Allah. Serta bagaimana dia selalu merasa bahwa segala perbuatannya selalu berada dalam pengawasan dan sepengetahuan Allah, termasuk juga apa-apa yang terbersit didalam hatinya, tidak ada yang luput dari-Nya. Dia akan merasa sebagai hamba yang hina, tidak berdaya, dan menggantungkan hidupnya hanya kepada Allah semata. Manusia itu adalah makhlu yang terbaik yang diciptakan Allah, itu hanya terjadi jika ia mau mendekatkan diri kepada Penciptanya yang Maha Agung, berpegang teguh pada perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebaliknya, ia akan menjadi makhluk yang terendah, bahkan lebih buruk dari pada binatang ternak jika dia memperturutkan hawa nafsunya, syahwat dan setan telah mengalahkan iman yang ada di dalam dadanya. Jika ini yang terjadi maka dia akan semakin jauh dari Rabb-Nya. Hatinya semakin tidak tergerak untuk mendekat dan melakukan ketaatan guna menggapai keridhaan-Nya.

        Qalbu adalah ibarat sebuah prosesor dalam jiwa seseorang, data mentahnya adalah  bisikan hati, perasan was-was dan buah pikiran. Bisikan hati, perasaan was-was dan buah pikiran itu dapat merasuk ke dalam pikiran, lalu merembet masuk ke pemunculan ide, kemudian menimbulkan kehendak, lalu muncul dorongan untuk berbuat, maka muncullah perilaku.

Oleh karena itu untuk mencegah munculnya perilaku buruk yang paling mudah adalah dengan mencegah masuknya bisikan hati yang buruk dan pikiran kotor kedalam prosesor qalbu. Dan usaha untuk menghilangkan kebiasaan buruk telah melekat dan terpatri dengan kuat di hati jauh lebih susah. Bisikan-bisikan buruk akan selalu ada selama manusia itu masih hidup, bisikan-bisikan buruk itu ibarat udara yang terus mengalir masuk kedalam paru-paru manusia yang alirannya itu hanya akan berhenti jika seseorang telah meninggal. 

Untuk dapat mengatasi dan menghindari terpengaruhnya qalbu oleh bisikan-bisikan hati yang buruk maka diperlukan iman yang kuat dan akal yang sehat. Dengan iman dan akal seseorang akan dapat menolak bisikan buruk dan perasaan was-was yang datang kepadanya, lalu menolak dan menjauhkan dari-nya. Iman dan akal adalah bagian kelengkapan dari fungsi qalbu. Jadi, jika ingin merubah perilaku maka yang harus diubah adalah qalbunya, bukan mentalnya, jika mau melakukan revolusi perilaku, yang harus direvolusi adalah qalbunya dan bukan mentalnya. Perubahan perilaku yang tidak menyentuh sampai kepada perubahan qalbu maka perubahan itu hanya besifat perifer, permukaan saja, dan perubahan itu akan mudah luntur dan kembali kepada perilaku awal. Berbeda dengan perubahan perilaku yang dimulai dari perubahan pada qalbu, maka peruabahan ini relatif lebih bertahan lama dan susah untuk kembali kepada perilaku lama. 

Allah yang Maha Kuasa telah menciptakan qalbu itu sebagai sebuah prosesor yang terus-menerus bekerja mengolah berbagai data yang diberikan kepadanya, disini berlaku prinsip garbage in garbage out. Jika data yang diberikan salah dan buruk maka hasil olahan prosesor menjadi jelek dan tidak berguna, ini terjadi karena memang kualitas bahan bakunya yang buruk, sehingga hasil olahan-nya tidak bisa dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan. Prosesor diciptakan untuk selalu bekerja, sehingga dia harus selalu diberikan input-an data secara terus-menerus.  Jadi data yang ingin di-input harus diseleksi jangan sampai di-input adalah data yang salah atau data yang buruk. Seorang operator harus meyakinkan bahwa setiap data harus valid, dan bersih dari berbagai kesalahan dan keburukan.

Setiap orang harus menjaga input-an data kedalam prosesor-nya setiap waktu, dia tidak boleh lengah sedikitpun dalam mengawasi data yang akan diproses oleh qalbu. Jika ada orang lain yang ingin memasukkan data yang salah maka dia harus segera menghalanginya dengan sekuat tenaga. Setan akan selalu memberikan bisikan-bisikan jahat kedalam hati manusia, dia harus mampu melawannya dengan iman yang kuat dan akal yang sehat. Jika seseorang mampu menolak bisikan buruk terhadap hati sedari awal maka tahapan selanjutnya menjadi lebih mudah untuk dikendalikan. Tetapi jika Anda menerimanya, bisikan buruk itu akan berubah menjadi buah pikiran atau ide-ide yang terus berkembang sehingga menjelma menjadi kehendak. Setelah itu kehendak akan berusaha untuk menggerakkan anggota badan agar merealisasikan kehendak tadi.

Jika seseorang tidak menggerakkan anggota tubuh maka kehendak dan ide tadi akan kembali kepada hati, dan dia berubah menjadi angan-angan, dorongan-dorongan syahwat yang menggelora di dalam dada, dan masih adanya keinginan yang kuat untuk merealisasikan kehendak dan ide-ide yang belum sempat direalisasikan. 

Pertarungan antara setan dan iman dalam hati akan selalu terjadi selama seseorang masih bernafas, dan hanya akan berhenti jika seseorang telah meninggal. Jika iman dan akal tidak mampu mengusir bisikan-bisikan jahat dan pikiran-pikiran kotor yang telah ditunggangi oleh setan maka qalbu akan dikuasai oleh setan. Setan telah berhasil menduduki singgasana hati manusia yang dengan itu setan bisa dengan bebas menyuruh seseorang untuk berbuat apa saja. Misi setan tercapai, menggoda dan membelokkan tujuan hidup manusia di bumi untuk beribadah telah berubah menjadi pecinta dunia, melupakan akhiratnya.

Dari qalbu yang sakit ini akan muncul semua bentuk perilaku non-unggul seperti perilaku;  koruptif, malas, kasar, dusta, pencitraan, pelit ber-infaq namun boros dalam maksiat, tidak mandiri dan selalu mengandalkan orang lain.

Sebaliknya qalbu yang sehat dan bersih akan menghasilkan perilaku  unggul seperti, percaya pada diri sendiri, memiliki rasa malu untuk berbuat maksiat, jujur, lemah lembut, selalu menjaga diri dari yang merugikan, dermawan, yakin akan diri dan tidak tergantung pada orang lain. Inilah ciri pribadi yang unggul di dunia, unggul di akhirat.

6 Ramadhan 1436 H.

Dr. Yon Nofiar

Moslem Psychologist, Certified Behavioral Consultant.

Sumber: Qalbu Quotient, Menjadi Pribadi Unggul. [fitrah/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X