Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.251 views

Alamku Tersayang, Alamku yang Malang

Oleh: Ilma Kurnia Pangestuti 

Belum lama ini media masa diramaikan dengan berita tentang kejadian bencana alam tanah longsor yang menimpa masyarakat yang terkenal dengan kesenian Reognya, tepatnya di Desa Bekiring dan Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada 10 april 2017.

Bencana telah menelan banyak korban jiwa, harta benda, hilangnya tempat tinggal dan terganggunya aktivitas masyarakat sehari-hari. Telah tercatat 28 jenazah warga desa banaran yang telah dimakamkan  dan sampai saat ini para TNI, POLRI serta ratusan relawan masih terus mencari dan mengevakuasi korban yang tertibun tanah longsor.

Bencana tanah longsor termasuk bencana meteorologi yang dipengaruhikan oleh faktor-faktor meteorologi. Perubahan cuaca tidak menentu bisa terjadi pada saat ini karena penyebab utamanya adalah kerusakan lingkungan yang masif akibat penurunan daya dukung lingkungan. Badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) melaporkan frekuensi dan intensitas bencana di Indonesia terus meningkat selama 15 tahun terahir. Pada tahun 2016 telah mengalami peningkatan jumlah kejadian bencana hingga 16 kali yaitu dengan jumlah bencana alam 2.342 dari tahun 2002 yang hanya 143 bencana alam.

Kepala badan meteorologi klimatologi dan geofisika mengatakan banjir dan tanah longsor berkaitan dengan curah hujan yang tinggi akibat kondisi cuaca ekstrim sebagai konsekuensi dari perubahan iklim. Selain itu faktor lingkungan seperti drainase yang buruk, penggundulan hutan, dan keadaan tanah atau infrastruktur yang kurang bagus juga dapat mengakibatkan bencana alam tanah longsor.

 

Bencana Alam dan Hikmahnya

Sebagian besar masyarakat terutama yang berada didaerah pegunungan kurang memperhatikan akan kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Banyak yang melanggar aturan untuk pembuatan rumah dilereng-lereng atau tempat yang memiliki kontur tanah yang curam. Daerah yang memiliki tingkat kecuraman lebih dari 50% memiliki kontur curam dengan struktur tanah yang gembur dan remah cenderung dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor. Selain itu daerah yang seharusnya lebih sesuai untuk ditanami tanaman hutan yang dapat menjaga konservasi tanah dan kelestarian lingkunga menjadi lahan atau tanah gersang dengan penebangan pohon secara liar yang dilakukan oleh masyarakat tidak bertanggung jawab  serta menjadi alih fungsi lahan pertanian tanaman hortikultura yang dijadikan sebagai mata pencahariannya. 

Hal ini dikarenakan mahalnya harga tanah atau lahan yang dapat digunakan untuk pembangunan rumah membuat masyarakat mengurungkan niatnya, belum lagi pembanyaran pajak bumi dan bangunan yang rutin dibayarkan setiap bulannya. Ditambah dengan harga-harga kebutuhan bahan pokok sehari-hari juga semakin mahal, inilah yang mengakibatkan masyarakat harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga keserakahan manusia akan kehidupan yang sekulerisme dan kapitalisme ini membuat masyarakat dituntut agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya dengan menghalalkan segala cara salah satunya dengan menjadi serakah merusak alam ini. Padahal Allah SWT berfirman didalam Alqur’an yang artinya:

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.(QS.Al A’raf : 56)

Saudariku, dari ayat ini Allah sangatlah jelas memberikan peringatan kepada kita sebagai penghuni alam semesta yang telah diciptakan oleh Allah untuk keidupan kita. Akan tetapi kita lupa dan telah berbuat dzalim terhadap alam ini. Allah berfirman dalam QS. Ar-Rum ayat 9, yang artinya :

Tidaklah kerusakan alam terjadi dan bencana silih berganti datang membawa nestapa, kecuali disebabkan oleh kezaliman manusia itu sendiri. Allah Ta’ala berfirman: “Maka Allah sekali-kali tidaklah berlaku zalim kepada mereka (manusia), akan tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri sendiri”

Kezaliman yang dilakukan oleh manusia di muka bumi ini merupakan realita dari rusaknya aqidah manusia. Kalau aqidah sudah rusak, maka perbuatan dosa dilakukan tanpa beban. Jangankan aturan perundang-undangan negara, hukumAllah juga akan diabaikan. Dosa dan keserakahan manusia itulah yang sesungguhnya mengundang bencana Allah. Allah Ta’ala berfirman:

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan (kemaksiatan) manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka. Agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS. Ar Rum: 41).

Saudariku dirahmati Allah,  peristiwa yang terjadi ini bisa membuka kesadaran kita bahwa bentuk dosa dapat menyebabkan manusia jauh dari keimanan dan ketakwaan atau terhalangnya keberkahan dari langit dan bumi, karena telah mendustakan atau menolak ayat-ayat (aturan) Allah. Inilah yang menyebabkan penduduk suatu negeri merasakan bencana yang terjadi pada kita adalah sebagian dari ujian dari  Allah, padahal bisa jadi itu adalah teguran bahkan siksaan yang sangat kecil untuk menyadarkan kita. Manusia hidup dibumi Allah maka, sudah selayaknya kita sebagai hambanya taat dan patuh terhadap perintah Allah dengan menerapkan kembali aturan Allah yakni islam secara kaffah.

Karena dengan penerapan islam secara menyeluruh dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita sehingga kita sadar bahwa seluruhnya yang ada dialam ini adalah milik Allah dan titipan Allah, maka sepatutnya kita menjaga kelestaria alam ini agar tetap terjaga dan keberlanjutan sampai nanti.

Semoga kita dapat menjadi manusia dan hamba Allah yang jauh dari keserakan dan semoga Allah senantiasa memberikan rahmatNya dari langit maupun dari bumi serta mengampuni segala dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Wallahu’alam bi ash-showab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Latest News
Tidak Konstitusional, Mahkamah Agung Irak Batalkan Referendum Kemerdekaan Kurdi

Tidak Konstitusional, Mahkamah Agung Irak Batalkan Referendum Kemerdekaan Kurdi

Senin, 20 Nov 2017 22:18

Utang PLN hampir 200 Triliun, Pemerintah Berencana Hapus Pelanggan Listrik 900 VA

Utang PLN hampir 200 Triliun, Pemerintah Berencana Hapus Pelanggan Listrik 900 VA

Senin, 20 Nov 2017 21:27

Turki Tangkap 51 Mantan Guru Diduga Terkait Organisasi Teroris Fethullah

Turki Tangkap 51 Mantan Guru Diduga Terkait Organisasi Teroris Fethullah

Senin, 20 Nov 2017 21:26

Rencana Pemerintah Jokowi Ini Dianggap Terselubung dan Jahat kepada Rakyat

Rencana Pemerintah Jokowi Ini Dianggap Terselubung dan Jahat kepada Rakyat

Senin, 20 Nov 2017 19:27

Sukses Buru Setya Novanto, KPK Ditantang Buru Sumber Waras, Reklamasi, dan BLBI

Sukses Buru Setya Novanto, KPK Ditantang Buru Sumber Waras, Reklamasi, dan BLBI

Senin, 20 Nov 2017 17:27

Gratis KONSULTASI Dokter! Yuk Terapi Pengobatan ala Nabi di Rumah Sehat Taqiya

Gratis KONSULTASI Dokter! Yuk Terapi Pengobatan ala Nabi di Rumah Sehat Taqiya

Senin, 20 Nov 2017 15:31

Voa-Islam & Pikulbareng HADIRKAN Rumah Sehat TAQIYA di Bekasi

Voa-Islam & Pikulbareng HADIRKAN Rumah Sehat TAQIYA di Bekasi

Senin, 20 Nov 2017 15:30

Nasib Ekonomi Masyarakat Papua Dianggap Stagnan, DPR RI akan Audit Dana Otsus

Nasib Ekonomi Masyarakat Papua Dianggap Stagnan, DPR RI akan Audit Dana Otsus

Senin, 20 Nov 2017 15:27

Herbal Ini Kembalikan Gairah Suami Istri Bak Pengantin Baru

Herbal Ini Kembalikan Gairah Suami Istri Bak Pengantin Baru

Senin, 20 Nov 2017 15:01

Penuhi Target 30 Ribu Dai, PARMUSI Gelar Pelatihan Dai di Sulsel

Penuhi Target 30 Ribu Dai, PARMUSI Gelar Pelatihan Dai di Sulsel

Senin, 20 Nov 2017 13:48

Pemerintah Dihimbau jangan Lengah Soal Papua jika Tidak Ingin seperti Timor Timur

Pemerintah Dihimbau jangan Lengah Soal Papua jika Tidak Ingin seperti Timor Timur

Senin, 20 Nov 2017 13:27

Apresiasi Kerja TNI-Polri, Fadli: Kian Jelas Kelompok Teroris dengan Semangat Separatis

Apresiasi Kerja TNI-Polri, Fadli: Kian Jelas Kelompok Teroris dengan Semangat Separatis

Senin, 20 Nov 2017 11:27

Reuni Akbar 212 Diharap Menangkan Kekuasaan Umat

Reuni Akbar 212 Diharap Menangkan Kekuasaan Umat

Senin, 20 Nov 2017 10:58

Pasang Iklan di web dan Facebook Voa-Islam dilihat 500 RIbu fans!

Pasang Iklan di web dan Facebook Voa-Islam dilihat 500 RIbu fans!

Senin, 20 Nov 2017 10:55

Doa Paul Pogba untuk 'Budak' Afrika di Libya; Semoga Allah di Sisimu dan Kekejaman Ini Berakhir

Doa Paul Pogba untuk 'Budak' Afrika di Libya; Semoga Allah di Sisimu dan Kekejaman Ini Berakhir

Senin, 20 Nov 2017 10:06

Pejuang Islamic State Tewaskan Seorang Komandan Senior IRGC di Al-Bukamal Suriah

Pejuang Islamic State Tewaskan Seorang Komandan Senior IRGC di Al-Bukamal Suriah

Senin, 20 Nov 2017 08:15

'The Untouchable Papah', Korupsi dan Solusi Islam Mengatasinya

'The Untouchable Papah', Korupsi dan Solusi Islam Mengatasinya

Ahad, 19 Nov 2017 22:30

300 Istri Pejuang Islamic State (IS) Menolak Pergi dari Al-Bukamal, Siap Lawan Pasukan Assad

300 Istri Pejuang Islamic State (IS) Menolak Pergi dari Al-Bukamal, Siap Lawan Pasukan Assad

Ahad, 19 Nov 2017 18:28

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Sabtu, 18 Nov 2017 23:05

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Sabtu, 18 Nov 2017 22:00


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X