Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.998 views

Seberapa Ideal Pertumbuhanmu ?

Pertumbuhan fisik pada masamu merupakan pertumbuhan paling pesat. Kamu tidak hanya tumbuh dari segi ukuran (semakin tinggi atau semakin besar), tapi juga mengalami kemajuan secara fungsional. Terutama fungsi organ seksualmu (secondary sexual growth), atau istilah populernya 'pubertas'. Hal ini ditandai dengan menstruasi atau haid bagi perempuan, dan mimpi basah untuk laki-laki.

Bersyukurlah kalian kepada Allah karena zamanmu saat ini sangat mudah mendapatkan makanan yang bergizi lebih dari cukup. Tapi hati-hati jangan kelewatan karena penyakit anak modern saat ini adalah kegemukan (obesitas) yang resikonya bisa dialami sepanjang hayat di kandung badan.

Parameter kegemukan yang paling sering dipakai adalah berat badanmu. Rumus yang dibuat oleh World Health Organization (WHO) yang dikenal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah sebagai berikut :

                                       IMT = BB/(TB)2

            (BB = Berat Badan (kg)/TB = Tinggi Badan (meter)

Jika nilai IMT sudah didapat, hasilnya dapat dibandingkan dengan ketentuan sebagai berikut :

Nilai IMT < 18,5 = Berat Badan kurang (kurus)                                                        Nilai IMT 18,5 - 22,9 = Normal/ideal                                                                 Nilai IMT 23 -24,9 = Normal tinggi                                                                         Nilai IMT 25 - 29,9 = gemuk                                                                                  Nilai IMT >= 30 = Sangat Gemuk

Contoh :

Berat Badan anak 50 kg, tingginya 1,5 m                                                               IMT = 50/(1,5)2 = 50/2,25 = 22,22                                                                       maka si anak masih masuk kategori normal/ideal.

Jadi, jagalah agar berat badanmu jangan terlalu jauh dari ukuran normal/ideal diatas, jagalah indeksnya antara 18,5 hingga 22,9

Untuk mengukur potensi tinggi badanmu secara genetik gunakan rumus :

TB anak perempuan => (((TB ayah - 13 cm) + TB ibu)/2) + 8,5 cm

TB anak laki-laki => (((TB ibu + 13 cm) + TB ayah)/2) + 8,5 cm

Contoh :

Ayah Fatimah tingginya 170 cm sedangkan ibunya 162 cm, maka kemungkinan rentang tinggi badan Fatimah adalah :

((170 - 13) + 162)/2 = 319/2 = 164,5

Jadi kemungkinan TB Fatimah paling rendah adalah 164,5 - 8,5 = 156 cm dan paling tinggi adalah 164,5 + 8,5 = 173 cm

Sedangkan bagi Umar, adik Fatimah yang laki-laki, potensi tinggi badannya adalah : ((162 + 13) + 170)/2 = (175 + 170)/2 = 345/2 = 172,5

Jadi kemungkinan TB Umar paling rendah :  172,5 - 8,5 = 164 cm dan paling tinggi : 172,5 + 8,5 = 181 cm

Bagaimana dengan perkembangan mentalmu ?

Yang diharapkan tentu saja kamu berkembang secara komprehensif, baik inteligensi, emosi, dan juga ketaqwaan. Caranya dengan menyediakan lingkungan yang sekondusif mungkin yaitu "iklim" tumbuh kembang yang sebaik mungkin sejak kamu masih anak-anak hingga remaja.

Sebagai contoh, ternyata nutrisi yang tepat juga berperan penting dalam membantu anak meningkatkan kecerdasannya. Hasil penelitian menunjukkan, anak dengan defisiensi zat besi ternyata memiliki kemampuan mengingat dan konsentrasi lebih rendah.

Penelitian Sulzer, dan kawan-kawan juga menunjukkan anak yang menderita anemia (kurang darah akibat defisiensi zat besi) mempunyai nilai lebih rendah dalam uji IQ dan kemampuan belajar, lesu dan kurang semangat dalam belajar. Ketertinggalan ini berpotensi menjadi efek domino kedepan. Anak jadi malas, minder, dan selalu menyendiri.

Selain soal-soal fisikmu, yang tidak kalah penting disini tentu saja kondisi psikologis yang mendukung. Tapi kondisi psikologis seperti apa yang dibutuhkan olehmu agar dapat berkembang optimal ?

1. Ciptakan kondisi dimana orangtua-mu dan saudara-saudaramu memberikan cintanya kepadamu. Hal ini dibutuhkan agar bisa diciptakan pola komunikasi yang sehat dan indah.

2. Fahami potensi dirimu dengan cara sering mengikuti pelatihan-pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang merangsang potensimu keluar dari dirimu.

3. Perkaya lingkunganmu baik ruang gerak, sosial, kekayaan verbal, emosi, dan yang lebih penting lagi adalah iman. Bergaullah dengan semua kalangan sehingga kamu akan mengenal dan belajar dari banyak orang.

4. Ciptakan suasana kondusif untuk berekspresi dengan batasan nilai-nilai yang telah digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya, bukan ekspresi yang bebas tanpa nilai seperti yang dianut oleh kaum liberal.

5. Lakukan self-control yang dilandasi oleh Iman dan ke-Taqwaan agar kamu bisa selalu memperbaiki kepribadian dan perilakumu.

6. Jadilah teladan bagi orang-orang disekitarmu. Seiringnya kata dan perbuatan akan memberikan kekuatan kepada dirimu.

(sal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X