Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.194 views

Smart Teen (15): Pemuda Cemerlang, Siapakah Mereka?

Tangguh, bersemangat tinggi dan bercita-cita luhur. Hal-hal tersebutlah yang idealnya ada dalam diri pemuda. Dengan segudang potensi yang dimilikinya, pemuda dapat berkontribusi dalam sebuah perubahan. Pemuda senantiasa  menjadi akselerator dalam setiap pergerakan. Semua ini mungkin terdengar klise tapi sejarah nyata telah mencatat, pemuda dapat membangun bahkan meruntuhkan sebuah peradaban.

Pemuda ideal kurang lebih memiliki kriteria yang disebutkan di atas; tangguh, bersemangat tinggi dan bercita-cita luhur.

Namun bagaimana faktanya sekarang? Sosok-sosok pemuda yang ideal sangat jarang ditemukan. Sejarah tentang  perjuangan heroik para pemuda pembela Islamdi masa lalu kini hanya tinggal kenangan, sebatas cerita usang yang perlahan menjelma dongeng. Jangankan berbicara sebuah perubahan, keadaan pemudanya saja kini sedang ‘sakit’. Mayoritas pemuda masa kini, termasuk di dalamnya pemuda muslim, telah terlena oleh kehidupan yang instan dan nyaman. Instan, dalam artian mereka menerima mentah-mentah pemikiran yang sudah ada di tengah masyarakat. Nyaman dalam artian mereka menikmati gaya hidup yang dijalaninya tanpa memikirkan benar atau salah dalam pandangan Sang Pencipta. Mungkin selama ini mereka merasa aman-aman saja. Padahal sesungguhnya mereka dalam posisi yang terancam, dan parahnya mereka tidak sadar!

Ancaman bagi pemuda muslim saat ini adalah paham-paham yang dapat merusak pemikiran dan tingkah laku yaitu hedonisme, liberalisme, individualisme, pragmatisme dan semacamnya. Paham-paham tersebut dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu untuk sebuah tujuan; penghancuran. Mereka adala pihak yang memusuhi Islam. Mereka takut kehilangan dominasinya ketika Islam tegak kembali di muka bumi. Maka dari itu, menggerus pemahaman Islam dari diri seorang pemuda muslim adalah cara terjitu bagi mereka untuk menghambat kebangkitan Islam.

Ada asap ada api. Virus-virus pemikiran tersebut muncul pasti karena ada pemicunya. Pemicu itu tidak lain adalah penerapan sistem yang salah. Sistem tersebut adalah Demokrasi yang ditopang oleh ideologi Kapitalisme. Demokrasi secara nyata telah menyalahi fitrah manusia. Demokrasi seolah menuhankan manusia karena membolehkan manusia berdaulat dalam perkara hukum.  Terdapat pula konsep kebebasan berekspresi dalam Demokrasi dimana standar baik dan buruknya ditentukan oleh selera manusia.

Kebebasan ini akhirnya membuat manusia, khususnya pemuda kebablasan. Pemuda hidup bebas tak tentu arah. Banyak diantara mereka yang akhirnya terperosok ke dalam lembah kemaksiatan. Seks bebas, tawuran dan narkoba seolah telah menjadi bagian hidup mereka. Ironisnya, semakin hari malah semakin tinggi saja angka pelakunya.  Di sisi lain, ada juga yang memiliki potensi namun salah dalam penyalurannya. Tak sedikit pemuda yang menyalurkan potensinya hanya untuk mendapatkan kepuasan individu saja (misalnya dalam kontes pencarian bakat) bukan akhirnya dikerahkan untuk kemaslahatan ummat. Pemuda berpotensi tersebut hanya dijadikan sapi perahan para Kapitalis dalam meraup keuntungan. Mereka tidak lebih dari sekedar objek jajahan.

Kondisi ini bertolak belakang dengan kondisi saat Islam diterapkan sebagai sebuah aturan hidup. Sebut saja Muhammad Al Fatih, pemuda tangguh yang telah menggemparkan dunia dengan penaklukan konstantinopel pada tahun 1453 M. Adapun para sahabat Rasul yang salah satunya yaitu Mushab bin Umair. Pemuda cerdas Mekah yang menyampaikan Islam ke Madinah. Ancaman penguasa kafir tidak membuatnya gentar. Bagi mereka, tidak ada sesuatupun yang dapat mematahkan semangat untuk berdakwah. Mereka itu lah pemuda cemerlang yang sesungguhnya.

Mereka bagai intan-intan yang berharga. Impiannya adalah membangun sebuah peradaban yang mampu memperlakukan sebagaimana layaknya 'intan-intan' diperlakukan. Sebuah peradaban di mana mereka dapat menyalurkan potensinya dengan tepat dan maksimal. Namun dibalik semua itu, tersimpan motivasi terbesar pendorong perubahan yang mereka usung. Motivasi itu adalah mengejar rida Tuhannya, karena mereka sepenuhnya sadar akan  hakikat hidupnya. Ideologi Islam telah mendorong mereka untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki demi kemuliaan Islam. Selayaknyalah bagi kaum muslim khususnya pemuda saat ini untuk bersegera menjadikan ideologi ini sebagai satu-satunya pendorong dalam bergerak.

Untuk mencetak lebih banyak lagi pemuda-pemuda cemerlang, satu-satunya jalan adalah dengan mendirikan sebuah institusi yang dapat memberdayakan mereka dengan baik. Institusi ini haruslah berupa negara yang berlandaskan Islam. Mengapa Islam? Karena Islam adalah rahmat bagi seluruh alam dan semua ini hanya akan terwujud apabila Islam diterapkan dalam semua sendi kehidupan. Negara tersebut adalah Khilafah. Negara yang dapat menyelamatkan ummat dari segala keterpurukan. Oleh karena itu, rapatkan barisan dan singsingkan lengan bajumu wahai pemuda! Karena Khilafah patut diperjuangkan. 

Ana Aprilia, Mahasiswi UPI Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris 2012.

AYO KIRIM ARTIKEL SMART TEEN PENGGUNCANG DUNIA!

Ayo Smart teen, kirimkan tulisan kamu yang mampu mengguncang dunia! Tunjukkan pada dunia bahwa remaja Islam siap menghadapi tantangan dan serangan arus globalisasi media yang cenderung mendeskreditkan kesucian dan keagungan islam. 

Tunjukkan keberanian dan pengorbanan cara kamu dan bagaimana kamu tunjukkan kegigihan kamu kalo #islampengorbanangue

Sebarkan bahwa tulisan dan amar ma'ruf kamu bagi Islam adalah sikap final melanggengkan keberkahan di muka bumi Allah azza wa jala...

Kirimkan Tulisan kamu hingga 11 November 2013 ke alamat redaksi smart teen:

smartteen@voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X