Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.086 views

Smart Teen (32): Bolehkah Aku Pinjam Bahumu?

Hujan hingga hari ini makin menampakkan taringnya. Sudah sekian lama kita menantikan turunnya hujan dan akhirnya ia pun membasahi tiap selah liang lahat dan menjadi gembur. Ada musim panas maka ada pula musim hujan, Allaah menciptakan semua berpasang-pasangan. Semua makhluk beredar pada garis edar yang pasti dan tak saling berebut orbit. Puji syukur Alhamdulillaah senantiasa kita curahkan kepada sang Pemilik diri-diri yang tak luput dari dosa namun selalu Allaah terbuka untuk memaafkan hambaNya yang setia.

Sholawat serta salam tak lepas dari lisan dan hati kita tertuju kepada panutan terbaik bagi seluruh umat, Rosuulullaahi shollallaahu ‘alayhi wa sallam, keluarga beliau yang begitu Allaah muliakan serta para shohabat yang Allaah ridhoi dan tak tertinggal pula kaum muslimin yang selalu mencari tambahan ‘amal sholihnya.

Tampuk kepemimpinan umat silih berganti hingga kita sekarang berada pada posisi yang begitu crusial, akhir zaman. Mungkin telah usai masa-masa di mana ayah-ayah kita bahu-membahu menyingsingkan lengan baju berjibaku melawan derasnya arus kezholiman penguasa negri pada zamannya. Perjuangan mengusir para penjajah tak lepas dari sepak terjang para ‘ulama terdahulu kita. Salah satu contoh seorang panglima perang, Diponegoro. Tak termakan oleh zaman dan masih tetap harum hingga sekarang. Tonggak perjuangan bangsa pada kala itu tak lepas dari semangat pembebasan dari tirani kaum kuffar. Semangat “TAKBIR” telah membuat tegar kaum muslimin bangsa Indonesia dan menggetarkan gigi-gigi penjajah.

Islam, tegak di atas lima perkara hingga berdiri kokoh di atas Bumi ini. Rosuulullaahi shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ p، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ a يَقُوْلُ: بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ. 

Dari Abu ‘Abdirrohman ‘Abdullaah bin ‘Umar bin al-Khoththob rodhiyallaahu ‘anhu, ia mengatakan, "Aku mendengar Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda, 'Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allaah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullaah, dan berpuasa Romadhon." (Riwayat al-Bukhori dan Muslim).

Imam Nawawi rohiimahullaah menerangkan hadits ini dalam kitab Hadits Arba’in An Nawawi bahwasanya kalimat:

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ

Bahwasanya jika seseorang melaksanakan kelima indikator tersebut maka telah sempurnalah imannya karena itu adalah rukun iman.

Terang saja seseorang akan mencapai kesempurnaan iman karena memang itulah rukunnya dan ketika rukun tidak dilaksanakan maka akan tidak sempurna atau bahkan batal. Contoh kecil saja wudhu’, jika salah satu rukunnya tidak dilakukan maka wudhu’nya pun tidak sah.

Ikhwah fillaah yang diRohmati Allaah ‘azza wa jalla, jika kita bercermin maka kita akan merasa bahwa ternyata kita sudah sebesar ini. Tak tampak lagi ingus yang meleleh seperti lahar gunung Merapi atau “nces” yang menghiasi bibir mungil. Bangunlah kawan, ternyata kita sudah dewasa. Tantangan yang lebih berat sudah menanti kita di depan. Adanya kita di sini adalah untuk menyerukan sembahlah Allaah wahai kaum muslimin dan jauhilah sesembahan selain hanya kepada Allaah. Kelima tiang bangunan Islam sebagaimana yang telah Baginda Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam sampaikan dalam hadits di atas mengisyaratkan bahwa itu adalah kewajiban mutlak bagi kita yang mengaku Muslim.

Setelah kita melaksanakan kelima rukun di atas tentu masih ada kewajiban-kewajiban lain yang melekat pada kita. Salah satu dari sekian banyak kewajiban itu adalah menegakkan Islam di mana pun kita berada. Hendaknya Islam selalu mengiringi sepak terjang langkah kita, sebagai jalan hidup paling komprehensif. Dalam proses penegakan Islam ini, peran kita selaku pemuda/pemudi muslim sangat diharapkan menjadi penerus tongkat estafet para pendahulu kita. Ketika sudah saatnya para senior kita meletakkan bahu-bahu mereka, berkenankah kita meminjamkan bahu-bahu kita untuk Islam?.

Ikhwan dan akhwat yang di Rohmati Allaah, sudah saatnya kita bangun dari tidur panjang kita. Cukup kiranya mata kita tertutup oleh silaunya dosa-dosa yang lalu. Saatnya kita sudahi sikap kekanak-kanakan kita yang masih cengeng dengan ejekan mereka yang tidak senang jika kita menjadi lebih baik.

Allaah berfirman dalam ayatnya:

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung (Ali ‘imron: 104).

Telah Allaah berikan legitimasi oleh Allaah bahwa orang-orang yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari kemungkaran maka ia termasuk orang-orang yang beruntung. Beruntung yang bagaimana? Tentunya beruntung di dunia berupa kehidupan yang lapang dan keberuntungan akhirat yakni hadiah manis berupa surga Allaah. Salah satu hal yang patut kita renungkan adalah apakah kita sudah menjadi bagian dari golongan itu. Golongan yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Na’uudzubillaah jika kita ternyata justru termasuk golongan orang yang menyeru kepada kemunkaran dan mencegah dari yang ma’ruf.

Dalam ayat lain Allaah berfirman: 

Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun (At Taghobun: 17).

Secara makna memang yang dimaksud “pinjaman” dalam ayat tersebut adalah berupa harta yang diinfaqkan di jalan Allaah untuk menegakkan kalimat-Nya yang mulia. Namun perlu dipahami pula bahwasanya ketika kita berbicara perjuangan untuk menegakkan Islam, tidak terbatas pada harta saja namun juga jiwa dan raga. Harta, jiwa dan raga kita, kita pinjamkan kepada Allaah untuk membawa tongkat estafet para pendahulu kita yakni Rosulullaah, para shohabat dan para pejuang Islam setelahnya.

Mari bercermin, apakah kita bersedia meminjamkan bahu kita untuk perjuangan menegakkan islam?.

By: Destur Purnama Jati

Email: kemelutmalam@gmail.com

Website: www.muslimedica.com

-----------------------

AYO KIRIM ARTIKEL SMART TEEN PENGGUNCANG DUNIA!

Ayo Smart teen, kirimkan tulisan kamu yang mampu mengguncang dunia! Tunjukkan pada dunia bahwa remaja Islam siap menghadapi tantangan dan serangan arus globalisasi media yang cenderung mendeskreditkan kesucian dan keagungan islam. 

Tunjukkan keberanian dan pengorbanan cara kamu dan bagaimana kamu tunjukkan kegigihan kamu kalo #islampengorbanangue

Sebarkan bahwa tulisan dan amar ma'ruf kamu bagi Islam adalah sikap final melanggengkan keberkahan di muka bumi Allah azza wa jala...

KOMPILASINYA DISINI:


http://www.voa-islam.com/topic/19/smart-teen-muslim-pengguncang-dunia/

-----------------------------------------------

BANYAKNYA TULISAN YANG DIKIRIM MEMBUAT TIM REDAKSI SATU PERSATU MEMILAH TULISAN YANG AKAN ADI UPLOAD

BATAS WAKTU UPLOAD DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN

29 NOVEMBER 2013

SEKALIGUS DIUMUMKAN PEMENANGNYA YA.. AJAK BACA DAN KAMI AKAN LIHAT DALAM SUDUT PANDANG KUALITAS DAN ATENSI PEMBACA

--------------------------------------------------

AYO KIIIRIIM ke alamat redaksi smart teen:

smartteen@voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Mengungkap Realita Kepedihan Bangsa Palestina

Mengungkap Realita Kepedihan Bangsa Palestina

Rabu, 25 Nov 2020 11:32

Pizza Diva Halal Hadir 4 Rasa baru, Raih Rp. 20 Jutaan/bulan

Pizza Diva Halal Hadir 4 Rasa baru, Raih Rp. 20 Jutaan/bulan

Rabu, 25 Nov 2020 09:00

Terpilih Secara Aklamasi, KH Mawardi Pimpin MUI Kepulauan Seribu

Terpilih Secara Aklamasi, KH Mawardi Pimpin MUI Kepulauan Seribu

Rabu, 25 Nov 2020 08:40

Viral Jenazah Diangkut Sepeda Motor, Kadinkes Kabupaten Bogor Tegur RS Swasta

Viral Jenazah Diangkut Sepeda Motor, Kadinkes Kabupaten Bogor Tegur RS Swasta

Rabu, 25 Nov 2020 07:13

Sekolah Boleh Buka Januari 2021, Kepala Daerah Diminta Cermat

Sekolah Boleh Buka Januari 2021, Kepala Daerah Diminta Cermat

Rabu, 25 Nov 2020 06:10

Ikuti Langkah Saudi, Dewan Fatwa UEA Juga Cap Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teroris

Ikuti Langkah Saudi, Dewan Fatwa UEA Juga Cap Ikhwanul Muslimin Sebagai Organisasi Teroris

Selasa, 24 Nov 2020 22:35

Menhan Benny Gantz: Israel Siap Untuk Lakukan Pembicaraan Dengan Hamas

Menhan Benny Gantz: Israel Siap Untuk Lakukan Pembicaraan Dengan Hamas

Selasa, 24 Nov 2020 22:08

Umat Islam di Perancis Makin Ditekan!

Umat Islam di Perancis Makin Ditekan!

Selasa, 24 Nov 2020 21:41

Izinkan Sekolah Tatap Muka, Netty: Pemerintah Pusat Jangan Lepas Tangan

Izinkan Sekolah Tatap Muka, Netty: Pemerintah Pusat Jangan Lepas Tangan

Selasa, 24 Nov 2020 21:20

Organisasi Islam Malaysia Kecam Keputusan Dewan Ulama Senior Saudi Yang Menyebut IM Kelompok Teroris

Organisasi Islam Malaysia Kecam Keputusan Dewan Ulama Senior Saudi Yang Menyebut IM Kelompok Teroris

Selasa, 24 Nov 2020 20:45

Irak Tangkap Kepala Administrasi Islamic State di Bandara Baghdad

Irak Tangkap Kepala Administrasi Islamic State di Bandara Baghdad

Selasa, 24 Nov 2020 20:25

Ambang Batas Rasa Sakit dan Power of Illusion

Ambang Batas Rasa Sakit dan Power of Illusion

Selasa, 24 Nov 2020 20:20

PKS Tolak Penghapusan Premium

PKS Tolak Penghapusan Premium

Selasa, 24 Nov 2020 18:39

Legislator Dukung Realisasi Rencana Pertemuan Wapres dengan Habib Rizieq

Legislator Dukung Realisasi Rencana Pertemuan Wapres dengan Habib Rizieq

Selasa, 24 Nov 2020 10:09

UMK 2021 Depok Tertinggi ke-4 di Jawa Barat

UMK 2021 Depok Tertinggi ke-4 di Jawa Barat

Selasa, 24 Nov 2020 09:03

MUI Berhasil Pertahankan ISO 9001:2015 untuk Ketiga Kalinya

MUI Berhasil Pertahankan ISO 9001:2015 untuk Ketiga Kalinya

Selasa, 24 Nov 2020 08:06

Tahun Depan, Imam Besar dan Imam Masjid Besar di Kabupaten Garut Dapat Insentif

Tahun Depan, Imam Besar dan Imam Masjid Besar di Kabupaten Garut Dapat Insentif

Senin, 23 Nov 2020 22:31

Munas X MUI Momentum Pergantian Kepemimpinan di Level Pusat

Munas X MUI Momentum Pergantian Kepemimpinan di Level Pusat

Senin, 23 Nov 2020 21:12

Hadiri Maulid Nabi, Anis Ajak Perkokoh Silaturrahim dan Sinergi

Hadiri Maulid Nabi, Anis Ajak Perkokoh Silaturrahim dan Sinergi

Senin, 23 Nov 2020 20:29

Penulis Arab Boikot Penghargaan Buku Bergengsi UEA Sebagai Protes Normalisasi dengan Israel

Penulis Arab Boikot Penghargaan Buku Bergengsi UEA Sebagai Protes Normalisasi dengan Israel

Senin, 23 Nov 2020 20:01


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X