Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.259 views

Smart Teen (48): UMAT ISLAM SAAT INI DALAM BAHAYA!

Sayang, Tak Banyak yang Sadar Ini!

“UMAT ISLAM SAAT INI DALAM BAHAYA!”

Apa yang ada di benak Sobat sekalian ketika membaca kalimat diatas?

Banyaknya muslimin yang ditindas? Ya, benar!

Terjadinya peperangan? Benar juga!

Gencarnya pemurtadan? Tidak salah!

Dahsyatnya ghazwul fikri? Bener banget!

Atau ada yang berpikiran lain?

Bagaimana jika saya memberi tambahan: kuatnya ta’ashub pada golongan masing-masing?

Ya, tak banyak yang sadar akan hal ini. Mungkin sebagian Sobat ada yang memahami apa itu ta’ashub, dan bagi Sobat yang belum paham, insya Allah akan paham setelah menyimak kata demi kata dari tulisan ini.

Ketika bertemu muslim lain di jalan, tak jarang hati bergumam:

“Wahh… pasti manhajnya sama kayak aku!” ketika melihat pakaiannya sama dengan kita

“Ih, pakaiannya kayak gitu, mesti beda deh sama aku, mesti golongan anu deh!” ketika pakaiannya berbeda dengan kita.

Atau mungkin ketika ada selebaran seminar keagamaan, kadang hati berkata:

“Wah, yang ngisi ustadz fulan, dateng ahhh…” ketika ustadz pemateri sama manhaj dengan kita.

“Ah, ga usah dateng ahh, ngabisin waktu aja…” ketika ustadz pemateri berbeda manhaj dengan kita.

Atau ketika melihat sebuah buku:

“Waahhh.. karangannya ustadz fulan nih, baca ahhh…” ketika melihat pengarang bukunya semanhaj dengan kita.

“Halahh.. ustadz itu mah ga berilmu, ngapain baca bukunya…” ketika pengarang bukunya bukan bagian dari kelompok kita.

Atau yang lebih parah lagi:

“Aku mau temenan sama A aja lah, dia kan semanhaj sama aku, ga mau aku temenan sama B soalnya dia dan aku BEDA!”

Helloooooo???? Mengapa ini harus terjadi Sobat? Mengapa kita harus membesar-besarkan perbedaan dengan saudara seiman kita? Mengapa ta’ashub kita sekuat ini??? Mengapa????

Oke lah, mungkin kita akan condong ke salah satu golongan, terutama dalam masalah aqidah, karena aqidah adalah perkara ushul yang tak boleh ada khilaf. Tapi, jika dalam masalah furu’ dan masalah dunia, apa salahnya Sob kita membuka diri dengan golongan selain kita?

Ketika ada seminar mengenai fiqih, Bahasa Arab, motivasi, thibbun nabawi, entrepreneur, dll yang termasuk urusan dunia dan furu’, tak masalah kan untuk datang meski pengisi acara itu berbeda manhaj dengan kita?

Ketika ada buku mengenai motivasi, bisnis, teori konspirasi, pembahasan fiqih, dll yang bukan termasuk urusan ushul, apa salahnya kita baca?

Sobat, dengan kita menutup diri dari golongan lain dan hanya taqlid dengan ustadz-ustadz golongan kita yang juga ta’ashub, ilmu kita juga segitu-gitu aja! Bahkan boleh jadi pemikiran kita malah jadi sempit dan gampang tertipu.

Saya ambil contoh yang terjadi dengan orang disekitar saya:

Dia penganut sebuah manhaj yang terkenal ahli dalam perkara fiqih dan memiliki banyak syaikh dan ustadz alumni Arab Saudi, sebut saja Ana. Dia adalah seorang mahasiswi yang rajin membaca, dia pun menjual buku-buku Islami. Konon, dia menjual buku-buku karangan Jerry D. Gray -sudah maklum bahwa buku-bukunya membahas konspirasi zionis-. Suatu hari, temannya Ana, sebut saja Ina, ingin memesan salah satu buku Jerry D. Gray. Betapa terkejutnya Ina ketika Ana mengabarkan bahwa dia tidak menjual buku itu lagi. Dan yang membuat Ina tercengang adalah ketika dia mengatakan bahwa buku itu belum jelas kebenarannya, husnuzhon saja. Whaaaattttt??? Husnuzhon dengan musuh Islam si Amerika dan Zionis la’natullah? Yang bener aja ente!

Ketika Jerry D. Gray dalam bukunya memaparkan banyak bukti, ditambah media-media yang kritis memaparkan hal serupa, apa lagi yang mau disangkal? Saya curiga, apakah syaikh-syaikh dan ustadz-ustadz mereka melarang mereka membaca buku-buku konspirasi karena maksud tertentu –mengingat Arab Saudi begitu mesra dengan Amerika-? Hanya Allah yang Tahu!

Padahal, melalui buku teori konspirasi, kita bisa tahu lho, mana teman dan mana musuh.  Kita bisa tahu , kepada siapa kita berwala’ dan kepada siapa kita berbara’. Kita bisa tahu, siapa yang teroris dan siapa yang pahlawan. Kita bisa tahu, mana yang ulil amri dan mana yang thoghut!

Dengan Ana menutup diri dari golongan lain, dia sebenarnya sudah membahayakan dirinya sendiri. Contohnya dalam wala’ dan bara’ karena hal ini termasuk ke dalam ashlul iman (jika tidak ada atau salah penempatan maka tak iman dalam dirinya). Saya yakin setiap golongan berbeda dalam mentafsirkan dan menentukan kepada siapa berwala’ dan kepada siapa berbara’. Tapi, dengan memahami  teori konspirasi, kita bisa menarik benang merah: siapa otak dari kerusakan dunia saat ini, siapa saja sekutunya, dan siapa saja yang berjihad menentangnya. Hasilnya: kita tahu, pantaskan si fulan dianggap ulil amri? Pantaskah negara A disebut negara tauhid? Pantaskah para mujahid dianggap khawarij dan teroris? Tapi, apakah Ana sadar bahwa dia dalam bahaya dengan salah menempatkan objek wala’ dan bara’nya?

Jadi, ayo, Sobat, kita buka diri kita dengan golongan lain dalam masalah dunia dan masalah furu’, jangan terlalu ta’ashub lah dengan golongan sendiri. Bukan ustadz dan syaikh kita kok yang menjamin kita masuk surga.

Atau, silakan Sobat tetap ta’ashub dengan golongan sendiri jika memang Sobat menginginkan akal yang sempit dan tak mampu berpikir jernih, tapi saya yakin, Sobat semua tak ingin memiliki otak kerdil yang tak mampu membedakan mana teman dan mana musuh!

Luluk Rivi Zulmi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Apa Masalahnya Perempuan Bekerja?

Apa Masalahnya Perempuan Bekerja?

Kamis, 30 Jun 2022 10:29

Perbanyaklah Syukur Kepada Allah Ta'ala Khususnya Calon Jama'ah Haji Tahun Ini

Perbanyaklah Syukur Kepada Allah Ta'ala Khususnya Calon Jama'ah Haji Tahun Ini

Kamis, 30 Jun 2022 09:47

Timnas Israel ke Indonesia, PW KB PII Sumut Bandingkan dengan Boikot Sepak Bola Rusia oleh Barat

Timnas Israel ke Indonesia, PW KB PII Sumut Bandingkan dengan Boikot Sepak Bola Rusia oleh Barat

Kamis, 30 Jun 2022 09:22

Kemenag Tetapkan Iduladha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022

Kemenag Tetapkan Iduladha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022

Rabu, 29 Jun 2022 21:11

Kasus Holywings, HNW Apresiasi Gubernur Anies dan Kepolisian

Kasus Holywings, HNW Apresiasi Gubernur Anies dan Kepolisian

Rabu, 29 Jun 2022 19:39

KISDI Tolak Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia

KISDI Tolak Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia

Rabu, 29 Jun 2022 19:29

Presiden Ukraina Sebut Vladimir Putin Telah Menjadi 'Teroris' Yang Memimpin 'Negara Teroris'

Presiden Ukraina Sebut Vladimir Putin Telah Menjadi 'Teroris' Yang Memimpin 'Negara Teroris'

Rabu, 29 Jun 2022 19:15

Terlihat Hilal Dzulhijjah, Apa Doanya?

Terlihat Hilal Dzulhijjah, Apa Doanya?

Rabu, 29 Jun 2022 16:32

Dukung Anies Tutup Holywings

Dukung Anies Tutup Holywings

Rabu, 29 Jun 2022 16:22

Waduh, Pancasila yang Mana Mas Ganjar?

Waduh, Pancasila yang Mana Mas Ganjar?

Rabu, 29 Jun 2022 13:28

Tokoh Pesantren Minta Pemkot Bekasi Evaluasi Holywings dan Kafe Sejenis

Tokoh Pesantren Minta Pemkot Bekasi Evaluasi Holywings dan Kafe Sejenis

Rabu, 29 Jun 2022 11:55

Dua Puluh Persen Adalah Kejahatan Politik

Dua Puluh Persen Adalah Kejahatan Politik

Rabu, 29 Jun 2022 11:47

Percepatan Sertifikasi Halal Butuh Sinergi Daerah

Percepatan Sertifikasi Halal Butuh Sinergi Daerah

Selasa, 28 Jun 2022 22:27

Masih Mungkinkah Prabowo Subianto Menjadi Presiden?

Masih Mungkinkah Prabowo Subianto Menjadi Presiden?

Selasa, 28 Jun 2022 21:51

Kewajiban Sertifikasi Halal Tingkatkan Daya Saing Usaha

Kewajiban Sertifikasi Halal Tingkatkan Daya Saing Usaha

Selasa, 28 Jun 2022 21:12

Perusahaan Pertahanan Turki Sumbang 3 Drone TB2 Ke Ukraina

Perusahaan Pertahanan Turki Sumbang 3 Drone TB2 Ke Ukraina

Selasa, 28 Jun 2022 20:45

PBB: Hampir 307.000 Warga Sipil Gewas Akibat Perang Suriah Dari 2011 Hingga 2021

PBB: Hampir 307.000 Warga Sipil Gewas Akibat Perang Suriah Dari 2011 Hingga 2021

Selasa, 28 Jun 2022 18:15

Militer AS Klaim Serangan Drone Tewaskan Pemimpin Al-Qaidah Asal Yaman Di Idlib Suriah

Militer AS Klaim Serangan Drone Tewaskan Pemimpin Al-Qaidah Asal Yaman Di Idlib Suriah

Selasa, 28 Jun 2022 17:30

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Senin, 27 Jun 2022 21:57

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi, FPKS: Menyulitkan Rakyat

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi, FPKS: Menyulitkan Rakyat

Senin, 27 Jun 2022 21:44


MUI

Must Read!
X