Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.668 views

Menjadi Seseorang yang Kuat ala Sunnah

Penulis : Muhammad Rizki

Allah Ta’ala berfirman yang artinya “Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. ( Al Fushshilat : 34)

Tentu dari kita pasti pernah dibuat kesal oleh seseorang, dibuat marah oleh seseorang atau mendapat perlakuan tidak baik oleh seseorang. Benar bukan? Lalu bagaimana sikap kita ketika kita disikapi dengan sikap yang buruk oleh orang lain? Apakah kita harus marah? Apakah kita harus memukulnya? Apakah kita harus membalasnya?

Merenungkan firman Allah yang telah saya sampaikan sebelumnya, ada baiknya kita membalas kejahatan mereka dengan kebaikan yang tulus. Karena buah dari ini sangatlah banyak dan berlimpah, bisa saja orang yang tadi menjahati kita, justru menjadi sahabat baik kita. Bisa saja orang yang tadi menggunjing kita, malah menjadi orang yang menyebarkan berita-berita baik dari kita.

Jika saya bertanya, yang manakah lebih kuat, seseorang yang membalas kejahatan dengan kekuatan ataukah seseorang yang membalas kejahatan dengan memaafkan?

Mungkin jawaban dari sahabat bermacam-macam dan memiliki alasan yang bermacam pula. Kalau menurut saya, yang lebih kuat itu adalah pilihan kedua.

Mengapa?

Karena tidak mudah untuk memaafkan seseorang bagi kita yang bukan Nabi ataupun Rasul. Adakalanya kita mudah mengatakan “Aku sudah memaafkan kamu” tapi di dalam hati masih tersimpan dendam kesumat.

Benar bukan?

Mungkin benar.

Ketika kita dijahati, apalagi sikap jahatnya itu membuat sakit hati yang teramat, maka sikap memaafkan bagi kita itu rasanya hal yang sulit, perlu kekuatan yang besar, kelapangan dada yang ekstra, baru bisa kita memaafkan dengan Ikhlas.

Beruntunglah mereka yang mudah memaafkan seseorang dengan keikhlasan yang jujur dari sanubari, mereka memiliki kelapangan dada. Berteman dengan orang seperti ini justru menguntungkan, karena mereka yang memiliki sikap mudah memaafkan, punya pengertian yang tinggi, ia mengerti keadaan kita, ia mengerti perangai kita, ia mengerti kehidupan kita. Contohlah orang-orang yang memiliki sikap demikian. Ketika Anda dibuat marah oleh seseorang, maka yang baik adalah mengendalikan emosi Anda, dan membalasnya dengan senyuman.

Bisa?

Saya yakin anda bisa jika memang memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan hal tersebut. 

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda “ Orang yang perkasa itu bukanlah dengan pergulatan. Orang yang perkasa adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah” (HR. Bukhari)

Benar yang dikatakan baginda kita Shallallahu 'Alaihi Wasallam, karena menahan emosi ketika marah, bukanlah hal yang mudah, tidak sedikit dari kita yang tidak dapat menahannya. Lihatlah akibat nya kedepan, ketika Anda disikapi dengan sikap yang tidak menyenangkan hati, kemudian Anda balas dengan balasan yang sama bahkan lebih, yang ada akibatnya, permasalahannya justru membesar, Anda akan menjadi musuh si dia, dan sikap memaafkan bisa hilang total.

Ingat, sikap memaafkan bukanlah sikap yang lemah, sebagaimana yang telah saya katakan sebelumnya, sikap memaafkan adalah sikap bagi orang-orang yang memiliki kekuatan batin, jika batin kuat, maka fisik pun juga akan kuat. Seorang muslim itu bagaikan pohon yang memiliki buah, ketika ia dilempar dengan batu, maka ia akan menjatuhkan buahnya, sehingga buahnya bermanfaat bagi si pelempar batu. 

Hasan Al-Bashri rahimahullah, memiliki tetangga di atap rumahnya. Tetangganya itu seorang nonmuslim dan buta. Tetangganya tersebut jika ingin membuang air kecil, maka air itu selalu membasahi langit-langit rumah Hasan Al Bashri. Sehingga air najis itu menetes dari atas. Tapi hal ini tidak membuat Hasan Al-Bashri marah, justru beliau menempatkan sebuah wadah untuk menampung air najis tersebut, selama 20 tahun itu terjadi. Akhirnya hal itu diketahui oleh orang non-muslim itu, non-muslim itu bersyahadat karena akhlak sang Imam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X