Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.286 views

Mengadukan Orang Tua ke Hukum Peradilan karena Persengketaan, Durhaka atau Tidak?

Sahabat VOA-Islam yang Shalih dan Shalihah...

Di akhir tahun 2014, ada perkara yang cukup menyita perhatian banyak orang. Pasalnya, seorang ibu bernama Hajjah Fatimah (90), warga Jalan KH. Hasyim Asari, RT 02/01 No. 11, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, digugat oleh anak kandung dan menantunya sebesar Rp. 1 Milyar, ke Pengadilan Negeri (PN) Tangerang karena kasus sengketa tanah.

Berdasarkan keterangan anak bungsu Fatimah, Amas (37), tanah seluas 397 meter persegi yang berlokasi di Kampung Kenanga ini, awalnya milik Nurhakim. Lalu pada tahun 1987, tanah tersebut dibeli oleh almarhum ayahnya, H. Abdurahman senilai Rp. 10 juta. Dia juga memberikan Rp. 1 juta untuk Nurhana sebagai warisan.

Dan masih banyak kisah serta cerita yang sepadan tentang persengketaan antara bapak dan anak, bukan hanya masalah tanah saja, tapi juga pernikahan dan sebagainya. Lalu bagaimana Islam memandang ini semua? Apakah tindakan itu termasuk perbuatan durhaka kepada orang tua? Atau sesuatu yang dimubahkan? Di sisi lain menghormati orang tua adalah kewajiban.

 

Padangan Syariat Islam dalam Persengketaan antara Anak dan Orang Tua ke Jalur Hukum

Bersumber dari kitab Fiqhut Ta’amuli Ma’al Walidain karangan Syaikh Mushthafa Bin Al A’adawi penerbit Maktabah Makah. Kami hadirkan keterangan untuk menjawab perihal kondisi yang ada.

Jika ada persoalan dimana ayah mendhalimi anaknya, lantas anaknya mengadukan ayahnya kepada Hakim, atau sebaliknya maka hal itu boleh dan tak mengapa. Dan si anak tidak termasuk berbuat durhaka kepada orang tua. Jika semua itu dimaksudkan untuk menghilangkan kedholiman yang terjadi, di antara keduanya, dan mengkukuhkan hak serta mengakhiripersengketaan.

Akan tetapi, bila hal itu diniatkan untuk menghinakan orang tua, dan mempertontonkan dan membongkar aib orang tua, agar banyak kalangan mengetahui, dan berbangga-bangga dengan itu semua, maka tindakan itu diharamkan dan merupakan salah satu bentuk prilaku durhaka dan dosa besar.

Dalil-dalil mengenai diperbolehkannya mengadukan orang tua kepada hakim, untuk mengkukukhkan hak dan mengakhiri perselisihan, salah satunya Hadist Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari jalur Ma’an bin Yazid ra.

Ia berkata: “Aku,ayah, dan kakekku pernah berbaiat kepada Rosululloh. Rosululoh juga pernah melamarkan wanita untuku, lantas menikahkanku. Aku juga pernah mengadukan persengketaanku pada beliau.Ayahku, Yazid, pernah menyedekahkan beberapa dinar dan titipkanya kepada seseorang di dalam Masjid, lantas aku datang kepada orang itu meminta sedekah itu. Lantas, Aku datang membawa sedekah itu kepada ayahku. Ayahku berkata. “Demi Allah, aku tidak bermaksud bersedekah kepadamu!” Akupun mengadukanya kepada Rosululloh, lantas Rosulullah pun bersabda. “Kamu mendapatkan apa yang kamu niatkan, wahai Yazid dan kamu mendapatkan apa yang telah kamu terima, wahai ma’an”.

Al Hafidz ibnu Hajar berkata, “Dalam hadist ini terkandung petunjuk mengenai diperbolehkanya persengkataan antara anak dengan orang tua dan terjadinya persengketaan, bukan merupakan perilaku durhaka”.

Bukan hanya masalah harta saja, permasalahan nama, nikah dan lainnya pun untuk sebuah keadilan maka boleh dan tidak menjadi masalah.

Hanya saja seorang anak harus tetap menjaga akhlak serta hubungan baik, karena kewajiban untuk sopan dan santun adalah selamanya. Bukan berarti terus semena-menaserta menyelesesaikan dengan jalan kekeluargaan lebih diutamakan. karena lebih maslahat. Wallahu’alam. [bbs/protonema/voa-islam.com]

image: ilustrasi/okezone

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X