Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.334 views

Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Bahasa di Dunia

Oleh : Raidah Athirah

Tulisan ini untuk mengungkap fakta bahwa orang-orang yang berteriak anti Arab sedang mempermalukan diri sendiri .

Mengapa kalimat pembuka saya demikian ?

Betapa konyol orang-orang yang mengkampanyekan anti Arab disaat bersamaan ada fakta sejarah yang tidak bisa diubah yakni betapa berpengaruhnya Arab dan peradabannya terhadap dunia .

Salah satu contoh nyata adalah bahasa. Bahasa Arab merupakan bahasa tertua yang mempengaruhi bahasa-bahasa di dunia.

Sarah Grey Thomason salah satu pakar linguistic dari Universitas Michigan yang juga dikenal sebagai pembicara di forum dunia menulis jurnal dengan judul "Arabic in contact with other languages."

Ia menjelaskan dengan detail termasuk mengkategorikan bahasa-bahasa di dunia yang mengambil bahasa Arab secara utuh, dalam hal ini termasuk bahasa Indonesia .

Bahkan Ia menyebutkan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling dominan mengambil, menyerap dan menggunakan bahasa Arab. Masih ingat dengan buku-buku dan tulisan orang tua dulu yang biasa dikenal dengan 'Tulisan Arab Melayu'?

Itu bukti bahwa nenek moyang kita yang membangun peradaban mengakui pengaruh (bahasa) Arab dalam budaya Indonesia .

Perlu kita pahami bahwa kebanyakan budaya di dunia tidak berdiri sendiri melainkan merupakan campuran dari unsur-unsur budaya lain termasuk peradaban besar yang sering kita agungkan yakni peradaban Eropa .

Kalau Anda generasi hari ini yang berteriak anti Arab tanpa pernah membaca fakta sejarah, maka belajarlah merendah untuk mengakui sebuah kebenaran.Hanya orang-orang sombong yang tidak mengakui kebenaran. Dan Tuhan benci kepada orang-orang yang sombong.

*****

Bukti ini belum cukup? Fakta yang saya tulis berdasarkan uraian pakar-pakar sejarah bahasa mengenai betapa Arab dan bahasanya sangat berpengaruh akan membuat Anda menyesal telah meneriakkan kekonyolan (kalau tidak mau dibilang kebodohan) yang meneriakkan Anti Arab.

Kemanapun Anda pergi tidak akan lepas dari (bahasa) Arab. Karena sekali lagi, nama-nama di dunia bahkan ibukota negara Spanyol memakai bahasa Arab. Spanyol yang ibukotanya MADRID berasal dari bahasa Arab 'AL MAJRIT' yang berarti sumber air. Silakan tanyakan kepada orang Spanyol benar tidak apa yang saya uraikan.

Ah , itu mungkin kebetulan! Silakan cek sejarah Spanyol dan hubungannya dengan Islam. Insha Allah Anda akan semakin kagum dengan bahasa Arab.

Masih belum cukup? Anda tahu ibukota Portugal? Ibukota tanah lahir bintang sepak bola Ronaldo itu juga berasal dari bahasa Arab yakni AL ASHBUA, berubah mengikuti dialek setempat menjadi LISBOA.

Anda bangga bisa berbahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, Portugis atau bahasa Prancis? Anda perlu tahu bahwa bahasa yang Anda banggakan ini mengambil dan menyerap bahasa Arab dengan senang hati dan dipakai turun temurun.

Bahasa Inggris mungkin sudah sering Anda dengar berasal dari bahasa Arab. Apalagi bagi Anda yang suka jalan-jalan dan lebih bangga menyebut 'TRAVELLING' .Anda mungkin dari sekarang harus merendah dan mengakui bahasa Arab karena kata yang Anda pakai itu pun berasal dari bahasa Arab yakni TRAFALGAR .Sejarahnya bisa Anda cari sendiri!

Anda pengagum fanatik sepak bola? Klub Arsenal yang terkenal itu pun berasal dari bahasa Arab yang dipakai dari abad ke-12 oleh Eropa yang berasal dari kata 'DAR-SINAA' artinya pun masih sama seperti dipakai pertama kali.

Tetap yakin Anti Arab? Jangan jadi MAFIA! Kata yang kita pikir berasal dari bahasa Italia ini ternyata asli bahasa Arab yakni 'MIHYAS' berarti ditolak. Sejarahnya bagaimana? Silahkan Anda cari sendiri .

Jangankan Anda yang terkejut, saya yang sedang mempelajari bahasa Polandia juga terkejut dengan fakta bahwa banyak kata dalam bahasa Polandia sendiri berasal dari bahasa Arab, bahkan pengucapannya pun mirip. Saya contohkan dua kata:

KAWA dibaca KAVA artinya kopi

CUKIER dibaca Sukir artinya gula (Arab : Sukkar)

*****

Masih banyak fakta yang semakin digali semakin tercenganglah kita. Memang betul kata orang bijak "Membenci hendaklah seperlunya saja".

Begitu pun dengan Arab dan budayanya. Apalagi kalau yang anti Arab ini seorang (yang mengaku) Muslim, sungguh ini sebuah kemalangan besar. Rajin-rajinlah baca sejarah! Jangan WA-an melulu! Status galau tak henti-henti, selfie tak mengenal batas. Padahal kata kamera dari bahasa Arab. Masih mau anti Arab? Ayo mikir!

Jablonna , Polandia

28 Februari 2016

(riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X