Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.577 views

Bye bye Sikap Boros

Oleh : Abdullah Protonema Al Islamy

BIASANYA cewek itu hobi berat sama shooping alias belanja. Banyak dari mereka yang betah banget kalau jalan-jalan ke super market. Berjam-jam mereka habiskan untuk ngeborong belanjaan. Mulai dari baju, kosmetik, tas, aksesoris, dan makanan tentunya. Apakah kamu demikian? Hayo ngaku!

Tapi emang apa salahnya? Ok, sahabat Voa-Islam, mari simak yang satu ini! Shopping tuh memang menyenangkan. Kita bisa pilih barang-barang sesuai selera. Shoping tuh memang enjoy. But, harus inget batasanya juga, dong!

Jangan asal ambil, jangan asal pilih, jangan asal beli, jangan asal pokoknya, karena akan berakibat tidak baik. Kok gitu sih? Ya iya-lah. Masa kamu mau nurutin semua kemaumanmu termasuk yang jelek-jelek, nggak smart banget tuh!

Kenal Marie Antoinette ? Dia tuh permaisuri Raja Luis XVI yang glamour abis. Masak uang milik rakyat Perancis dia hambur-hamburan untuk emmenuhi kepuasan material. Salah satunya, dia membangun Istana Retit Tranon. Istana ini khusus dipakai untuk pesta-pesta meriah. Gak kebayang gimana keseharianya. Belanja melulu kali ya? Trus, rakyat Perancis marah besar. Akhirnya ketika revolusi Perancis, Marie Antoinete dihukum mati pakai guilotene. Itu tuh alat eksekusi yang di gunakan untuk memnggal kepala

Sebenarnya, glamoaur adalah gaya hidup orang yang materistis. Yang punya idealisme kalau semua hal diukur dengan materi. Menurut mereka, kalau bahagia harus punya banyak materi. Duh gak logis banget ya? Makanya, jangan ngikutin gaya mereka, kayak si Marie Antoinete. Just one way of life, Its islam!

Nah, dalam hal ini kamu harus mengamalkan apa yang sudah difirmankan Allah di dalam Al-Qur`an Al-Karim. Allah befirman, “Dan janganlah kamu menghambur- hamburkan hartamu dengan boros, sesunguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan.” (Surat Al Isra : 26-27).

Gimana are you understand? Jadi gaya hidup borju alias glamour jelas-jelas di larang oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bagi kamu yang sudah terbiasa hidup boros tentu harus belajar hidup sederhana dan hemat, kalau kamu sungguh- sungguh ingin berubah pasti bisa. Maka ikuti beberapa tips berikut ini.

Pertama, belajar untuk hidup sederhana

Pernah dengar sosok sahabat Nabi, Ustman bin Affan kan?  Saudagar kaya raya di jaman Nabi yang selalu membantu perjuangan Nabi. Meskipun Utsman bin Affan seorang milyader pada jamannya, dia selalu hidup sederhana dan tidak boros.

Nah itu tuh  contoh sahabat Nabi,  biar hidup kian berkah, ndak boros dan bermanfaat untuk keperluan yang penting.

Kedua, jangan ikuti tren dan mode yang lagi naik daun

Capek banget kalau hidup harus ngikuti apa yang lagi ngtren. Selain harus berkali-kali ganti mode juga pastinya akan banyak menghabiskan banyak duit, ya kan? Hidup dengan terpenjara mengikuti orang lain maka akan terasa aneh. Lebih baik jadilah diri sendiri, nikmati apa yang ada dan syukuri setiap nikmat Allah.

Gonta-ganti hape, beli baju berkali-kali, tukar tambah mobil bikin capek saja, kalau semua harus dilakukan hanya karena mode dan tren. Dan ini jelas sebuah bentuk sifat boros yang harus dijauhi. Maka untuk menjauhi sifat boros harus menghentikan perilaku latah dengan yang lagi ngetren.

Ketiga, ingat bahwa cari uang tuh gak mudah

Kalau saja tahu bahwa mencari uang itu sulit, tak semudah membalik telapak tangan, tentunya akan berfikir ulang untuk mengeluarkan uang hanya untuk berfoya-foya. Seringkali yang terjadi, mereka yang mudah mengeluarkan uang adalah yang terlalu gampang mendapatkannya. Mungkin suaminya yang kaya atau kalau dia seorang anak pastilah orang tuanya yang kaya.

Jadi meski di ingat bahwa mencari uang itu butuh pengorbanan, perlu waktu untuk keringat menentes, hingga raga terpayahkan, dan harus penuh dengan kesabaran. Dengan demikian maka hidup gaya boros akan terjauhi, insyallah.

Keempat, jangan mudah tergoda oleh iklan, diskon, hadiah  undian

Di tengah perlombaan jual beli bebas sekarang ini, persaingan harga antar pembisnis begitu terlihat deras. Diskon besar-besaran untuk menarik simpatik pembeli dilakukan dengan berbagai macam varian. Meski demikian tidak boleh kita tergoda dan dengan mudah mengluarkan kocek kita dari dompet.

Ingat masih banyak keperluan yang wajib di tunaikan, masih banyak hal yang harus di cukupi, sehingga kita wajib menutup mata dan telinga dalam arti harus kuat iman agar tidak tergoda membeli barang di tengah banyaknya diskon yang ada.

Kelima, kalau nggak ada kebutuhan jangan jalan ke mall

Biasanya para cewek, untuk ngisi waktu kosong sama jalan ke mall, Berawal ingin lihat lihat barang atau sekadar cuci mata, tapi tidak sedikit di tengah jalan justru tertarik untuk membeli. Tidak usah datang ke supermarket kalau di toko sebelah saja ada yang menyediakan. Karena tidak jarang saat sudah belanja di supermarket jadi kebablasan, ngambil sana ngambil sini padahal awanya tidak di rencanakan.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X