Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.311 views

Masalah Cinta dan Solusinya

Oleh: Muhammad Yuan Yusuf

(Penulis asal Padang, blogger Motivasi Islami) 

Masalah cinta termasuk masalah sehari-hari masyarakat banyak. Dan yang berbahaya yaitu masalah cinta ini mempunyai dampak buruk jika tidak ditangani dengan agama.

Pacaran, zina, selingkuh, perceraian, termasuk dalam masalah yang berhubungan dengan cinta yang banyak ditemukan pada masyarakat. Keburukan-keburukan yang dihasilkan dari pacaran, zina, selingkuh, perceraian tentu sudah banyak diketahui, seperti hamil di luar nikah, aborsi, bunuh diri, hidup penuh penyesalan, hidup terkatung-katung dan tidak tahu arah, malu, tersebarnya aib, kekerasan rumah tangga, dan sebagainya.

Semua itu sebenarnya bisa diatasi jika seseorang menjalankan agama dengan benar, dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunah. Ada aturan-aturan dalam hubungan cinta pada Al-Qur’an dan Sunah ataupun pendapat-pendapat atau kajian ulama tentang bagaimana itu cinta yang islami.

Cinta islami tentulah cinta yang berada dalam koridor yang benar. Jika hubungan cinta dijalankan sesuai dengan agama, maka terciptalah suatu hubungan cinta yang bahagia dan berkah, meminimalkan atau meniadakan dampak buruk dari masalah cinta.

Yang patut diketahui bahwa cinta islami itu tidak selalu berhubungan dengan rasa cinta kepada sesama manusia, tapi ada hal yang jauh lebih penting yang HARUS diketahui dan diamalkan, bahwa ada cinta yang utama, yang harus melebihi cinta kepada manusia.

Katakanlah: "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-NYA dan dari berjihad di jalan-NYA, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-NYA". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.(QS. At-Taubah: 24)

Mungkin banyak sudah orang yang telah melampaui batas dalam hal mencintai manusia atau mencintai sesuatu. Mereka kebanyakan memang belum tahu tentang ayat itu.

Dari ayat itu dapat kita lihat bahwa: “Jangan mencintai seseorang atau sesuatu lebih besar dari mencintai Allah dan Rasul-Nya”.

Jika sering menangis karena cinta dan rindu kepada Allah, sulit rasanya untuk menangis karena persoalan cinta kepada manusia. Hati ini sudah sangat terpaut cinta kepada-Nya, sehingga rasa cinta kepada manusia tidaklah besar jadinya. Ditinggalkan manusia tidak mengapa, tapi jika ditinggalkan Allah, apa jadinya? Sungguh jangan sampai Allah meninggalkan kita, jangan sampai Allah mengabaikan kita.

Maka dari itu, orang-orang beriman HARUS mengetahui bagaimana itu cinta yang islami, supaya tidak membuat Allah murka, supaya menciptakan hubungan keluarga yang sakinah, supaya mendapat kebahagiaan dengan rida Allah, untuk dunia dan akhirat.

Hubungan cinta itu pun mempunyai larangan-larangan, yang jikalau larangan itu dikerjakan, maka celakalah jadinya, akan dapat merugikan diri sendiri, atau juga dapat merugikan pihak lain seperti keluarga, teman, relasi, masyarakat, dan dapat merugi di akhirat. Na’udzu billah.

Mungkin ada yang pernah mendengar berita bahwa ada mahasiswi fakultas hukum yang ingin melegalkan pernikahan beda agama. Yang jadi pertanyaan adalah, apa dia ingin terkenal hebat di bidangnya itu dengan memunculkan “pemikiran kreatif”? Pemikiran revolusioner? Pemikiran baru? Rasul shallallahu alaihi wa sallam sendiri dalam hadisnya menyatakan bahwa faktor agama adalah hal yang penting dalam memilih calon pasangan hidup. Jadi tidaklah mungkin ada pernikahan beda agama, yang tidak seakidah itu.

Larangan menikah beda agama juga terdapat dalam surah Al Baqarah ayat 221: “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

Pacaran sebelum nikah banyak dilakukan masyarakat sekarang. Seperti yang diketahui, pacaran itu banyak unsur dosanya. Jadi jelas bahwa pacaran itu terlarang menurut agama Islam.  Nah sekarang, banyak orang yang malah menangis karena cinta dari pacaran ini. Namun ketahuilah, seseorang yang meletakkan cinta terbesarnya kepada Allah, maka ia sulit untuk menangis karena urusan cinta kepada manusia. Bahkan mereka lebih banyak mengingat dosa dan siksa di akhirat kelak, menangis karena cinta kepada Allah, rindu kepada Allah. Jadi urusan cinta kepada manusia tidaklah seberapa bagi orang-orang yang berusaha dekat dengan Allah Ta’ala. Jadi masihkah kita mau menangis karena urusan cinta kepada manusia?

Maka marilah menuju cinta yang islami, berdasarkan aturan agama, berlandaskan Al-Qur’an dan Sunah, itulah solusinya. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X