Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.405 views

Secuil Renungan untuk Gerakan Boikot Saluran TV dan Produk Roti

Jagad maya Indonesia sedang heboh gerakan boikot-memboikot produk tertentu. Bukan asal, produk yang diboikot ini ditengarai berpihak kepada kepentingan satu golongan dan merugikan golongan lain yaitu umat Islam negeri ini. Sebutlah nama Metro TV. Karena geramnya, langkah lanjutan berupa petisi pun dibuat.

Saya pribadi setuju-setuju saja. Karena tidak hanya metro TV, sejak lama seluruh saluran TV di rumah sudah saya boikot. Membaca dan mencari berita di internet adalah pilihan alternatif menggantikan fungsi TV yang telah lama mati di rumah ini. Jadi, hayuk sajalah boikot metro TV dan saluran TV lain yang isinya melulu sinetron kejar tayang tak bermutu.

Boikot berikutnya tertuju pada produk roti merk Sari Roti. Foto gerobak roti merk ini sempat wara-wiri di jagad medsos. Ternyata pihak manajemen bersikap reaktif dan mengeluarkan pernyataan resmi. Di sinilah terlihat posisi manajemen Sari Roti yang kemudian membuat banyak orang khususnya umat Islam pendukung Aksi Bela Islam (ABI) 3 memboikotnya.

Hanya dalam hitungan hari, penjualan Sari Roti menurun drastis. Beberapa kawan di FB menuliskan kisahnya berkaitan dengan roti yang posisinya di meja makan sudah hampir menggeser si nasi. Salah satu netizen bernama Ririn menuliskan kisahnya membeli roti tawar di abang Sari Roti yang lewat depan rumah.  

“Tadi sore Athar minta roti bakar. Stok di rumah lgi abis. Nunggu kang roti, yg lewat abang gerobakan merk sari roti. Terus, beli? Ya beli lah. Eh, abangnya tanya:"ibu masih mau beli sari roti?" Si kang roti nanya bgitu mungkin liat penampilan saya. Saya jawab: "iya mas."
"Alhamdulillah...hari ini tumben bu, masih banyak, biasanya jam segini tinggal setengah. Mungkin pengaruh dr boikot beli sari roti. Pdhl karyawan mah cuma rakyat kecil." 
"Mas nya udh punya anak?" 
"Udah bu, mau masuk SMP. Ini lagi nyicil uang kegiatan. Makanya sy bingung kalo org udh gak mau beli lagi"
"Insya Allah sy tetap beli mas."  

...Bukan hanya roti, tapi tayangan TV islami dan mendidik pun urgent untuk dipunyai. Agar kita tidak melulu dijadikan sasaran pasar tanpa ada upaya untuk mandiri dan besar...

Berikutnya, Ririn memberikan pendapatnya tentang boikot-memboikot ini.
“Saya juga kurang suka sikap pemimpin perusahaan yg menolak utk dikaitkan dgn aksi 212. Tapi saya lebih sedih kalo akan ada banyak org kecil yg akhirnya jd korban aksi boikot ini. *just_my_receh”

Saya sendiri tak perlu diajak memboikot, karena pada dasarnya jarang sekali mengkonsumsi roti merk ini ataupun merk lain. Saya lebih suka jajanan tradisional semacam dadar jagung, kue lapis tepung beras, lemper, koci-koci, tahu isi, dan teman-temannya. Jadi hayuk aja sih ketika ada seruan tidak membeli produk ini. Tetapi...ya ada tetapi yang masih tertinggal. Melihat fakta bahwa ada bapak penjual roti yang mengais rezeki dari terjualnya roti setiap hari, bikin hati terasa miris.

Memang, rezeki itu dari Allah dan sudah diaturNya. Sudah saatnya umat Islam mulai berpikir mengambil alih bidang produksi yang padanya seruan boikot ditujukan. Di beberapa kota sudah ada penjual roti muslim dan itu layak untuk kita bantu keberlangsungannya. Dengan cara apa? Mengkonsumsinya bagi para penyuka roti. Membantu distribusinya pun bisa sambil memanfaatkan peluang dengan hadirnya lahan pekerjaan alternatif.

Bukan hanya roti, tapi tayangan TV islami dan mendidik pun urgent untuk dipunyai. Agar kita tidak melulu dijadikan sasaran pasar tanpa ada upaya untuk mandiri dan besar. Semoga momen ABI 3 yaitu saat menyatunya perasaan dan ukhuwah umat Islam Indonesia, bisa mewujudkan sesuatu yang lebih besar untuk kemaslahatan umat. Semoga juga kondisi kebersamaan yang kompak ini tidak hanya muncul saat ada ‘common enemy’, tapi bisa berlangsung selamanya. Insya Allah. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X