Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.455 views

Remaja, Mulai Berkarya atau Hanya Diam Saja?

Oleh : Ahmad Muafi*

Sobat muslim, sudahkah kalian mengetahui bahwa Indonesia di usianya yang ke 100 tahun yakni 2045, diprediksi akan memasuki era keemasan?

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh orang nomor 1 di Indonesia. Presiden Joko Widodo memprediksi, pada tahun 2045, ekonomi Indonesia akan menempati posisi ke-4 terbesar dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Hal tersebut beliau ungkapkan karena melihat naiknya pendapatan per kapita di tiap tahunnya. Bahkan diperkirakan pendapatan di tahun 2045 akan mencapai USD 29.000 per kapita dan akan menjadi empat besar ekonomi terkuat di dunia, setelah China, India, Amerika Serikat.

Bukan hanya Joko Widodo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun memproyeksikan demikian. Ketika peringatan 100 tahun kemerdekaan nanti, Indonesia akan diwarnai dengan beragam teknologi baru yang bisa memberikan pengaruh bagi perekonomian Indonesia. Hal tersebut dikemukakan Sri Mulyani saat memberikan kuliah umum di Universitas Diponegoro, Semarang, Senin (9/4/2018).

Potensi tersebut sudah tercermin dari data pengguna internet di Indonesia yang mencapai 143 juta orang. Sehingga pada 2045 mendatang, Indonesia diperkirakan akan memiliki total penduduk setidaknya 309 juta jiwa, yang hampir 90% penduduk Indonesia menjadi kaum urban. Namun kedua pernyataan tersebut hanyalah prediksi, terealisasi atau tidaknya tergantung dari penduduk Indonesia yang nantinya akan menghadapi era tersebut.

Lantas pertanyaannya sekarang, di tahun 2045 mendatang, siapa yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di Indonesia? Jika kita berhitung dan memikirkan kembali, di tahun 2045 nanti generasi yang lahir di tahun 2000 akan memasuki usia yang ke-45 tahun. Berarti secara tidak langsung, faktanya adalah para remaja saat inilah yang akan menjadi pemimpin di Indonesia pada era tersebut.

Pertanyaan kedua, bekal apakah yang tengah sobat muslim siapkan saat ini?  Sudahkah kita memulai untuk mempersiapkan diri menuju kesana? Ataukah kita hanya akan terus terlena dengan banyaknya drama Korea yang memanjakan mata, lagu-lagu penyanyi Amerika dan Eropa yang membius telinga atau asyik membelanjakan harta hanya untuk terlihat mewah?

Sobat muslim, melihat potensi yang ada dan sumber daya alam yang melimpah, tidak menutup kemungkinan prediksi tersebut akan menjadi nyata. Namun semuanya kembali kepada kita, generasi yang katanya menjadi penerus bangsa. Apakah kita siap menghadapi era tersebut? Melihat banyaknya sebagian dari kita yang masih asyik bolos sekolah. Siapakah kita nanti di tahun 2045? Pemimpin bangsa atau hanya menjadi penonton yang menyaksikan bangsa kita dikuasai banyak Negara? Akan dibawa kemana bangsa kita di tahun 2045? Pertanyaan itu kembali lagi kepada kalian. Mulai berkarya atau hanya diam saja.

Sobat muslim, yang perlu kita persiapkan saat ini adalah berbenah. Berbenah untuk menjadi lebih baik. Berbenah  untuk sadar bahwa kita adalah pelopor kejayaan. Kata siapa remaja tidak bisa bergerak dan bertindak? Coba kita refleksikan kembali pada sejarah. Pernahkah kalian ketahui, bahwa ada banyak remaja hebat dalam sejarah Islam?

Usamah bin Zayd misalnya. Usamah diberikan tanggung jawab menjadi panglima perang oleh Rasulullah di usianya yang pada saat itu mencecah 17 tahun. Selain itu ada juga Mus’ab bin Umayr yang terkenal akan keberaniannya. Mus’ab menjadi pembawa bendera Nabi dalam perang Badar dan perang Uhud. Dalam perang Uhud, musuh telah memotong tangan kanannya. Lalu, Mus’ab mengangkat dengan tangan kirinya, dipotonglah pula tangan kirinya. Namun Mus’ab tetap tidak menjatuhkan bendera tersebut dengan menaruhnya di dada hingga pada akhirnya, musuh memanah dada Mus’ab dan ia gugur sebagai syuhada.

Adapula kisah lain tentang Muhammad Al-Fatih yang mampu meruntuhkan Konstantinopel di usianya yang masih 22 tahun. Atau Hasan dan Husein yang merupakan cucu Rasulullah yang selama hidupnya berjuang untuk Islam hingga pada akhirnya mereka meninggal terbunuh dalam keadaan syahid demi membela islam.

Sobat muslim, sebagai seorang muslim harusnya kita lebih sadar dan mulai berbenah untuk menjadi lebih baik. Bukan terus terlena oleh arus yang membawa kita pada kepuasaan duniawi. Seperti Firman Allah dalam Q.S. Al-Qashas 28:77

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan( negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa kita sebagai muslim, haruslah menggali anugerah yang telah Allah berikan untuk berbuat baik di muka bumi. Jika kita sebagai remaja muslim telah berbenah dan menjalankan tuntunan seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an, tidak menutup kemungkinan jika kita akan siap menghadapi persaingan global di tahun 2045 demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. (rf/voa-islam.com)

*Penulis adalah mahasiswa Pendidikan Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X