Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.503 views

Inilah 4 Tips Menjaga Spirit Ibadah Pasca Ramadhan

 

Oleh: Siti Masliha, S.Pd 

Bulan Ramadhan telah berlalu, kini kita memasuki bulan Syawal. Setelah 30 hari lamanya kita berpuasa menahan lapar, dahaga dan juga menahan nafsu amarah, saatnya kita beridul fitri. Pada hari ini manusia seperti bayi yang baru terlahir.

Ramadhan bulan yang penuh ampunan dan penuh maghfirah. Ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Selama satu bulan lamanya kita menempa diri kita dengan berbagai amalan ibadah baik wajib maupun sunnah. Harapannya kita keluar dari bulan Ramadhan menjadi hamba yang bertaqwa. Esensi taqwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjahui segala larangan Allah.

Kini Ramadhan telah berlalu. Kita menunggu kedatangannya di tahun yang akan datang. Sebelas bulan mendatang kita jalani dengan membawa bekal ketaqwaan hasil tempaan dari Ramadhan. Harapannya spirit ibadah tetap kita pertahankan. Kita tetap Istiqomah menjalankan ibadah sebagai bukti ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Berikut spirit ibadah yang harus kita pertahankan pasca Ramadhan:

Pertama, sholat sunnah. Pada bulan Ramadhan ada amalan sunnah yang kita kerjakan, yaitu sholat tarawih, witir, tahajud dan lain sebagainya. Allah mengganjar pahala sholat sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan pahalanya seperti sholat wajib. Harapannya setelah Ramadhan kita tetap mengerjakan sholat sunnah. Karena pada hakikatnya sholat sunnah adalah sholat yang sangat dirindukan oleh Allah. 

Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW: “Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab kelak pada hari Kiamat adalah shalatnya.” Rasulullah SAW bersabda lagi, “Allah berfirman kepada para Malaikat-Nya, sedangkan Ia lebih mengetahui, ‘Lihatlah shalat hamba-Ku, sudahkah ia melaksanakannya dengan sempurna ataukah terdapat kekurangan?’ Bila ibadahnya telah sempurna maka ditulis untuknya pahala yang sempurna pula. Namun bila ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman, ‘Lihatlah apakah hambaku memiliki shalat sunnah?’ Bila ia memiliki shalat sunnah, maka Allah berfirman, ‘Sempurnakanlah untuk hamba-Ku dari kekurangannya itu dengan shalat sunnahnya.’

Hadits ini menjelaskan salah satu hikmah tentang disyar’atkannya shalat sunnah. Amatlah rugi manusia jika meninggalkan sholat sunnah.

Di hadits lain Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan shalat sunnah selain shalat fardhu dalam sehari dua belas raka’at, maka Allah pasti akan membangunkan untuknya sebuah rumah di Surga”. (HR. Imam Ahmad)

Kedua, tilawah Al quran. Selain sholat sunnah amalah sunnah yang harus kita jaga pasca Ramadhan adalah tilawah Al quran. Al quran adalah kitab yang diturunkan Allah untuk ummat manusia. Membacanya adalah ibadah dan isinya sebagai tuntunan bagi umamat manusia. Amatlah rugi jika kita tidak melakukan tilawah Al quran karena pahalanya luar biasa. Banyak hadits yang menjelaskan terkait keutamaan membaca Al quran. Hal ini sebagaiman Dalam hadis HR. Muslim, diriwayatkan oleh Aisyah ra., Rasulullah bersabda, “Seorang yang lancar membaca Al-Qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Qur'an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.”

Dalam hadits lain, dari Sayyidina Ibnu Mas’ud Ra, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah SWT, maka baginya satu hasanah (kebaikan). Satu hasanah itu, pahalanya sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi dan Darami)

Selain membacanya adalah berpahala, isinya sebagai tuntunan, juga tidak ada keraguan di dalamnya. Hal ini sebagaimana firman Allah surat Al Baqarah ayat 2: “Kita (al quran) ini tidak ada keraguan didalamnya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa”

Ketiga, shadaqah. Shadaqah atau sedekah menurut KBBI berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Pengertian secara umum shadaqah atau sedekah adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai bukti kebenaran iman seseorang. Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.

Shadaqah adalah aktivitas yang sangat dicintai oleh Allah dan RasulNya. Selain itu Shadaqah akan diganjar oleh Allah dengan pahala yang sangat besar. Hal ini sebagimana tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Keempat, dakwah memperjuangkan Islam. Di tengah kungkungan sistem kufur saat ini kita sebagai kaum muslimin mempunyai kewajiban untuk berdakwah memperjuangkan tegaknya Islam di muka bumi. Dakwah adalah mengajak manusia kepada yang ma'ruf dan mencegah manusia dari yang munkar. Dakwah adalah aktivitas para nabi dan Rasul. Hakikatnya ketika ketika kita berdakwah kita mengikuti aktivitas nabi dan Rasul. Nabi dan Rasul dibenci oleh keluarga dan ummatnya karena aktivitas dakwah. Mereka diangap menyalahi apa yang selama ini dipercaya oleh keluarga dan ummatnya.

Saat ini Nabi dan Rasul sudah tidak ada lagi. Tugas mengemban dakwah Islam dibebankan kepada kita setiap kaum muslimin. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al quran surat ali imran ayat 104. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”.

Kungkungan sistem kufur saat ini membuat manusia menjadi jahiliyah. Padahal Allah SWT telah menurunkan al quran kepada mereka sebagai pedoman hidup untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun mereka memilih hukum kufur untuk diterapkan dimuka bumi ini. Tugas kita sebagai kaum muslimin adalah mendakwahi mereka untuk kembali ke jalan Allah dan menerapkan aturan Islam di muka bumi. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Itulah spirit ibadah yang harus kita jaga selama 11 bulan yang akan datang. Amatlah rugi bagi kita sebagai seorang hamba yang menyia-nyiakan amalan sunnah di atas. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk Allah yang tugasnya adalah beribadah kepada Allah SWT.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Latest News
Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

Ahad, 28 Feb 2021 22:36

10 Demonstran Anti-Kudeta Tewas Oleh Tindakan Keras Pasukan Keamanan di Beberapa Kota Myanmar

10 Demonstran Anti-Kudeta Tewas Oleh Tindakan Keras Pasukan Keamanan di Beberapa Kota Myanmar

Ahad, 28 Feb 2021 21:06

PKS Tolak Perpres Terkait Penanaman Modal untuk Industri Minuman Keras

PKS Tolak Perpres Terkait Penanaman Modal untuk Industri Minuman Keras

Ahad, 28 Feb 2021 18:52

Workshop Jurnalistik Wahdah Islamiyah

Workshop Jurnalistik Wahdah Islamiyah

Ahad, 28 Feb 2021 18:20

Waketum Persis: Minuman Keras adalah Induk Segala Kejahatan

Waketum Persis: Minuman Keras adalah Induk Segala Kejahatan

Ahad, 28 Feb 2021 18:18

Kelompok Ham: Inggris Berisiko Ciptakan 'Guantanamo Baru' Di Suriah

Kelompok Ham: Inggris Berisiko Ciptakan 'Guantanamo Baru' Di Suriah

Ahad, 28 Feb 2021 16:45

Mantan Perdana Menteri Maroko Sebut Musim Semi Arab Belum Berakhir

Mantan Perdana Menteri Maroko Sebut Musim Semi Arab Belum Berakhir

Ahad, 28 Feb 2021 15:48

Buzzer Mendengung Membuat Bising Aceh

Buzzer Mendengung Membuat Bising Aceh

Ahad, 28 Feb 2021 10:52

Tatkala Ibadah Umroh Dinistakan

Tatkala Ibadah Umroh Dinistakan

Ahad, 28 Feb 2021 10:48

Tolak Dibukanya Investasi Miras, Almuzzammil Yusuf: Membahayakan Masa Depan Generasi Bangsa!

Tolak Dibukanya Investasi Miras, Almuzzammil Yusuf: Membahayakan Masa Depan Generasi Bangsa!

Ahad, 28 Feb 2021 10:18

Al-Qaidah Tunjuk Mantan Pasukan Khusus Mesir Sebagai Amir Baru Gantikan Syaikh Al-Zawahiri

Al-Qaidah Tunjuk Mantan Pasukan Khusus Mesir Sebagai Amir Baru Gantikan Syaikh Al-Zawahiri

Sabtu, 27 Feb 2021 21:22

Turki Dan AS Berbagi Data Dari Sistem Pertahanan Udara Pantsir Rusia Yang Disita Di Libya

Turki Dan AS Berbagi Data Dari Sistem Pertahanan Udara Pantsir Rusia Yang Disita Di Libya

Sabtu, 27 Feb 2021 21:05

Generasi Milenial Terancam Learning Loss, Adakah Solusi?

Generasi Milenial Terancam Learning Loss, Adakah Solusi?

Sabtu, 27 Feb 2021 20:56

Waspada, Hindarkan Anak dari Paham Sekuler

Waspada, Hindarkan Anak dari Paham Sekuler

Sabtu, 27 Feb 2021 20:47

Menyoal Modifikasi Kurikulum SMK

Menyoal Modifikasi Kurikulum SMK

Sabtu, 27 Feb 2021 20:38

Regenerasi Kepemimpinan, Forum Jurnalis Muslim Akan Gelar Munas II

Regenerasi Kepemimpinan, Forum Jurnalis Muslim Akan Gelar Munas II

Sabtu, 27 Feb 2021 18:53

Israel Larang Muslim Kumandangkan Adzan Di Masjid Ibrahimi Hebron

Israel Larang Muslim Kumandangkan Adzan Di Masjid Ibrahimi Hebron

Sabtu, 27 Feb 2021 15:15

Intelijen AS Sebut Putra Mahkota Saudi MBS Setujui Operasi Pembunuhan Khashoggi

Intelijen AS Sebut Putra Mahkota Saudi MBS Setujui Operasi Pembunuhan Khashoggi

Sabtu, 27 Feb 2021 13:42

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Sabtu, 27 Feb 2021 10:30

Quranic Quantum Food: Tips Jadikan masakan sehat & Anti Sihir

Quranic Quantum Food: Tips Jadikan masakan sehat & Anti Sihir

Sabtu, 27 Feb 2021 10:29


MUI

Must Read!
X