Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.818 views

Badan Mengembang karena Mokbang, Waspadalah!

 

Oleh: Aily Natasya

Dari Wikipedia, mokbang (bahasa Korea) adalah penyiaran audiovisual daring di mana seoang pemandu acara (pemokbang) memakan sejumlah besar makanan sambil berinteraksi dengan audiens atau merekam aktivitas tersebut. Biasanya dilakukan melalui webmaster internet (platform siaran semacam itu meliputi Afreeca, YouTube, Twitch, dsb).

Menanggapi fenomena kreator konten mukbang di sosial media yang kebanyakan sudah ada di level kelebihan berat badan alias obesitas, banyak netizen yang merasa kasihan terhadap mereka yang harus mengorbankan kesehatan badan mereka demi mengais rezeki.

Selain dampak negatif terhadap pembuat video, pengaruh buruk ketika menonton video mokbang juga bisa berdampak pada yang menonton. Jika video mokbang yang ditonton makanannya tidak sehat seperti pizza, burger, ayam keju, dan lain sebagainya, dengan porsi yang banyak serta besar, hal ini dapat mempengaruhi pola makan atau kebiasaan seseorang. Orang yang menonton bisa jadi memiliki rasa mengidam untuk melakukan hal yang sama, makan makanan yang tidak sehat dan banyak.

Belum lagi di Indonesia ini, kebanyakan kreator mokbang kita itu doyan sekali dengan yang namanya sambel atau cabe. Demi menaikkan engagement, kurang naik kalau nggak ekstrim cabe dan tingkat level kepedasannya. Makanya nggak jarang banyak banget warung makan yang menyediakan makanan pedas dengan berbagai macam tingkat kepedasan, lalu viral dan banyak sekali peminatnya karena selain merasa tertantang, pengaruh influencer mokbang juga berperan menciptakan rasa mengidam tersebut. Seperti contoh, tantangan mie goreng 100 cabe.

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Sebagian ulama seperti Imam An-Nawawi dan Imam Ar-Rafi’i menghukumi makan terlalu kenyang sebagai perbuatan makruh, sedangkan ulama lain menghukumi sebagai perbuatan yang diharamkan. Pandangan tersebut didasari oleh hadits berikut:

“Tiada tempat yang manusia isi yang lebih buruk ketimbang perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya) maka hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas.” (HR. Ahmad)

Mokbang memang identik dengan makan makanan yang tidak sehat, tapi tidak ada salahnya jika kita mengubahnya. Banyak juga orang yang walau membuat konten mokbang tapi makanannya masih sehat seperti ada banyak sayur di sana, lalapan, atau bahkan buah-buahan. Efeknya juga sama terhadap bagi pembuat konten dan penontonnya, namun positif. Tetap dapat duit, lebih sehat, dan penonton pun mendapatkan rasa mengidam yang sama. Atau, jika belum bisa juga, coba, deh, porsinya dikurangi. Atau bisa juga dengan menambah waktu dan aktivitas olahraganya. Kita bisa pakai jadwal cheat day kita untuk mokbang makan makanan junk food.

Sehat itu mahal banget. Percuma kalau kita maksain diri bikin konten mengorbankan kesehatan tubuh kita demi mendapatkan uang. Benar, semakin kita maksain, semakin memungkinkan kita untuk mendapatkan lebih banyak uang. Tapi, banyak uang, terus akhirnya jatuh sakit buat apa juga? Yang ada malah uang yang kita usahakan selama ini malah dihabiskan untuk membiayai perawatan di rumah sakit. Nggak doain, sih. Nggak mencoba untuk menakut-nakuti juga. Tapi hukum alam itu selalu seimbang. Jadi jangan berlebihan terhadap apa pun, karena kita nggak tahu apa yang akan hukum Allah ambil demi menyeimbangkan kehidupan kita. Kita harus sadar sebelum Allah yang turun tangan buat menyadarkan kita. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X