Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Gantungan Irak Akhiri Hidup Ali Si Tukang Kimia

Berita Terkait

3.015 views

Gantungan Irak Akhiri Hidup Ali Si Tukang Kimia

BAGHDAD (SuaraMedia News) - Ali Hasan al-Majid, terdakwa pembunuhan masyarakat Kurdi yang juga dijuluki “Ali Kimia”, dijatuhi hukuman mati pada hari Minggu (17/01). Demikian laporan sebuah stasiun televisi.

Al-Majid adalah sepupu sekaligus tangan kanan Saddam Hussein yang cukup senior. Ia dituduh telah memerintahkan pembunuhan terhadap masyarakat Kurdi di Desa Halabja, sebuah desa di timur laut Irak pada bulan Maret 1988. Berdasarkan perintahnya, sejumlah pesawat jet Irak terbang di atas Desa Halabja seraya menebar gas beracun, yaitu campuran antara gas mostar dan gas saraf berupa Tabun, Sarin, dan VX.

Akibat serangan yang berlangsung selama lima jam tersebut, 5000 orang penduduk desa tewas. Tiga per empat korban yang tewas adalah wanita dan anak-anak. Serangan di desa Halabja tersebut dianggap sebagai serangan gas paling mematikan yang pernah dilancarkan terhadap warga sipil.

Serangan gas di Desa Halabja merupakan bagian dari sebuah kampanye yang dikenal dengan nama Operasi Anfal. Operasi itu sendiri terkulminasi pada tahun 1988. Selama Operasi Anfal, diperkirakan sekitar 182.000 warga Kurdi tewas akibat serangan gas dan bom. Sementara, 4000 desa hancur.

Al-Majid ditangkap pada bulan Agustus 2003, lima bulan setelah militer AS menginvasi Irak dan menggulingkan Saddam. Karena perannya sebagai otak serangan dengan menggunakan senjata gas, Al-Majid lantas dijuluki “Ali Kimia”.

Menebar gas di Desa Halabja bukan satu-satunya kejahatan Al-Majid. Sepuluh bulan yang lalu, Pengadilan Tinggi Irak menjatuhi hukuman mati terhadap Al-Majid atas keterlibatannya dalam pembunuhan dan pengusiran kaum Syiah pada 1999. Al-Majid juga dijatuhi hukuman mati atas tindak penindasan sebuah revolusi Syiah pasca Perang Teluk pada tahun 1991 serta atas perannya dalam kampanye Anfal.

Sanak keluarga para korban yang tewas menyambut  gembira jatuhnya hukuman mati bagi Al-Majid pada hari Minggu kemarin (17 Januari 2010).

“Keputusan telah dikeluarkan hari ini, 17 Januari, bagi terdakwa Ali Hassan al-Majid, untuk dihukum mati dengan cara digantung....atas kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Aref Abdul-Razzaq al-Shahin, ketua pengadilan.

Eksekusi terhadap Al-Majid sempat tertunda akibat adanya sengketa hukum terkait keputusan hukuman bagi Al-Majid.

Selain Al-Majid, masih ada tiga tangan kanan Saddam Hussein yang dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi Irak. Diantaranya adalah Sultan Hasheem, mantan Menteri Pertahanan yang dijatuhi hukuman penjara selama 10-15 tahun atas serangan di desa Halabja.

Hakim juga menjatuhkan hukuman mati dengan digantung terhadap bekas pejabat penting Partai Baath, Abdul Ghani Abdul Ghafour, karena keterlibatannya dalam pembunuhan terhadap kaum Syiah di Irak selatan dan menghukum 10 orang yang lain dari 15 tahun penjara hingga seumur hidup.

"Pengadilan memutuskan untuk mengeksekusi dengan penggantungan terhukum Ali Hassan Majeed karena melakukan pembunuhan dengan sengaja dan kejahatan terhadap kemanusiaan," kata hakim.

Pemerintahan pimpinan Arab Sunni yang dipimpin oleh Saddam Hussein mengakhiri pemberontakan Syiah pada 1991. Para penyelidik menemukan puluhan kuburan massal dengan ribuan mayat setelah pasukan AS menggulingkan Saddam pada 2003.

Hakim mengatakan, Ali tidak menunjukkan penyesalan yang dalam. "Kebanyakan dari mereka meminta maaf dan merasa menyesal dalam pengadilan, kecuali Ali Hassan al-Majeed," katanya, menjelaskan mengapa pejabat Baath lainnya mendapat hukuman lebih lunak ketimbang Ali. (es/aj/ab) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X