Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Media Inggris: Lobi Yahudi Dalangi Resolusi Genosida Armenia

Berita Terkait

3.270 views

Media Inggris: Lobi Yahudi Dalangi Resolusi Genosida Armenia

WASHINGTON (SuaraMedia News) – Para tukang lobi Yahudi telah merancang hasil pengambilan suara kongres AS yang menyatakan pembantaian orang-orang Armenia pada era Perang Dunia Pertama sebagai tindak genosida, demikian diungkapkan oleh sebuah harian berbahasa Arab yang berbasis di kota London.

 

Para tukang lobi pro Israel awalnya mendukung Turki dalam isu tersebut, namun mereka mengubah haluan untuk membalas kecaman Turki terhadap tindakan Israel di Jalur Gaza, demikian isi editorial harian Al Quds Al-Arabi seperti dikutip oleh Israel Radio.

Israel dan Turki merupakan sekutu tradisional, namun hubungan kedua kubu memburuk pada tahun 2009, ketika Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengecam agresi brutal Israel di Gaza, yang menewaskan lebih dari 1.400 orang warga Palestina.

Krisis diplomatik tersebut semakin memanas pada bulan Januari lalu, ketika Deputi Menteri Luar Negeri Israel, Danny Ayalon, mempermalukan duta besar Turki di hadapan kamera pers.

Dalam artikel tersebut, editor Al Quds Al Arabi, Abd al-Bari Atwan menasihati Erdogan agar tidak menyerah pada taktik pemerasan yang dilakukan oleh lobi Yahudi.

Pada hari Kamis, Erdogan menarik duta besar Turki untuk Washington setelah Komite Urusan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat AS memenangkan resolusi tidak mengikat tersebut dengan perbandingan suara 23-22. Membuat resolusi tersebut masuk dalam daftar pertimbangan Kongres (DPR dan Senat).

Tindakan tersebut berpotensi merusak hubungan AS dan Turki, serta upaya-upaya Muslim Turki dan Kristen Armenia untuk mengakhiri kekerasan yang telah berlangsung selama satu abad, kata Erdogan.

Menteri Luar Negeri Armenia, Edward Nalbandian mengatakan bahwa hasil pengambilan suara tersebut mendorong kemajuan hak asasi manusia.

Hasil tersebut mendesak Presiden Barack Obama untuk memastikan kebijakan AS dalam menyebut pembantaian tersebut sebagai genosida, membuat presiden AS tersebut berada dalam keadaan sulit.

Dalam sebuah percakapan telepon dengan Presiden Turki Abdullah Gul pada hari Rabu, Obama menekankan bahwa pemerintahannya telah meminta para anggota dewan untuk mempertimbangkan kemungkinan dampak yang ditimbulkan dalam upaya normalisasi hubungan antara Armenia dan Turki, demikian kata seorang pejabat senior pemerintahan AS.

Dalam sebuah konferensi pers yang dihelat di Kosta Rika pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan bahwa dirinya dan Obama, yang sama-sama mendukung resolusi genosida Armenia ketika masih menjadi kandidat presiden AS, sempat berubah pikiran karena mereka yakin bahwa upaya normalisasi hubungan antara Turki dan Armenia membuahkan hasil.

Turki, sebuah negara Muslim sekuler demokratis, memainkan peranan penting dalam berbagai kepentingan AS, mulai dari masalah Irak, Iran dan di Afghanistan serta Timur Tengah, menerima bahwa ada banyak warga Armenia yang dibunuh oleh pasukan Ottoman. Namun, Turki membantah bahwa kematian 1,5 juta orang tersebut disebut sebagai genosidan atau pembersihan etnis.

Banyak sejarawan Barat dan sejumlah anggota parlemen asing sepakat menggunakan istilah genosida dalam peristiwa tersebut. Turki menganggap sebutan semacam itu sebagai penghinaan terhadap kehormatan nasional.

Terlepas dari keberatan dari administrasi Obama, yang telah memperingatkan rumah komite urusan luar negeri, bahwa resolusi itu akan merugikan hubungan dengan Turki, langkah tidak-mengikat itu berhasil diloloskan. Menurut administrasi Obama, hal itu bisa membahayakan pembicaraan rekonsiliasi yang sensitif antara Turki, sekutu NATO dengan sekitar 1.700 pasukan di Afghanistan, dan Armenia

Presiden Gul menyebut resolusi itu sebagai "ketidakadilan sejarah dan ilmu sejarah."

Namun,  Armenia memuji lolosnya rancangan tersebut, yang oleh menteri luar negeri, Edward Nalbandian, gambarkan sebagai "sebuah langkah penting menuju pencegahan kejahatan terhadap kemanusiaan". Dia menambahkan: "Ini adalah bukti lebih lanjut pengabdian rakyat Amerika untuk nilai-nilai kemanusiaan universal dan merupakan langkah penting menuju pencegahan kejahatan terhadap kemanusiaan." (dn/hz/sm) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X