Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.979 views

Indonesia, Belajarlah dari Norwegia dalam Menyikapi Corona

 

Oleh: Savitry Khairunnisa

Wabah covid-19 ini memang luar biasa. Norwegia sebagai bagian dari pusat episentrum persebaran virus (di luar China) juga mulai merasakan dampaknya. Per hari ini, jumlah yang dites dan positif covid-19 di Norwegia sudah tembus 1.417 orang, dengan 3 meninggal, dan 1 pasien sembuh. Diyakini bahwa jumlah riil-nya lebih besar dari itu.

Sektor hospitality (restoran / bar / pub, hotel), penerbangan, pariwisata pada umumnya terpaksa merumahkan sementara ribuan karyawan. Hal ini karena kebijakan penutupan tempat-tempat umum di mana orang banyak berkumpul. Bandara, pelabuhan, dan perbatasan pun mulai resmi ditutup sejak kemarin. Otomatis jumlah penebangan pun menurun drastis.

Tiba-tiba jumlah pengangguran menjadi banyak. Belum lagi harga minyak yang sedang terjun bebas. Norwegia yang sangat mengandalkan pemasukan dari ekspor minyak sangat terpukul. Harga saham secara global juga terguncang. Nilai mata uang Kroner semakin melemah terhadap USD.
Kalau pemerintah tidak sigap dan taktis, ekonomi negara bisa kolaps.

Kemarin digelar rapat pembahasan APBN yang dipimpin perdana Menteri Erna Solberg. Intinya banyak perencanaan anggaran yang harus dirombak. Demi menyelamatkan negara dari krisis minyak, krisis ekonomi, dan krisis Korona.

Bagaimana kebijakan #lockdown (karantina wilayah) dan #socialdistancing (perenggangan sosial) tidak sampai mengorbankan mata pencarian rakyat, dan di sisi lain bisa meredam persebaran virus dahsyat ini.

Pemilik perusahaan kecil / menengah / wiraswasta seperti pemilik restoran, kafe, ketering, salon, toko kembang, pekerja freelance, orang magang, orang berpendapatan rendah, serentak bingung. Dari mana mereka dapat uang? Sementara pemasukan mereka bergantung dari aktivitas harian. Kalau lagi ramai, ya dapat banyak. Kalau sepi, ya pemasukan minim.

***
Di sinilah akan tampak wajah asli pemerintah. Bagaimana mereka mengelola keuangan negara. Apa yang perlu diprioritaskan, apa yang harus dikorbankan karena kurang berfaedah untuk kemaslahatan masyarakat.

Singkatnya, pemerintah Norwegia menyepakati "krisepakke" (paket krisis) besar-besaran. Cakupannya mulai karyawan tetap yang di-PHK, para freelancer, wiraswasta, pengusaha kecil menengah, orang yang merawat pasien di rumah, sampai orangtua tunggal yang masih punya anak-anak di bawah umur.

Uang yang digelontorkan sebesar NOK 100 miliar (sekitar Rp 145 trilyun). Sebagian agar bank bisa memberi bantuan pinjaman, dan juga agar masyarakat yang terkena PHK bisa mendapatkan bantuan keuangan.

Namun bantuan tersebut baru bisa mulai diproses pada hari ke-17 sejak kebijakan lockdown diberlakukan. Jadi orang-orang ini masih harus bersabar. Setidaknya mereka bisa mengharapkan bantuan nyata dari pemerintah.
Dan mereka tahu bahwa pemerintah memang punya uang.

Untuk penanganan wabah Corona sendiri, pemerintah juga sepakat untuk menggunakan sedikit dari "Oljefunn" (Dana Minyak / Dana Pensiun Nasional).
Sejak dekade 1980-an Norwegia punya lembaga keuangan ini. Sesuai namanya, uang ini didapatkan dari hasil ekspor minyak Norwegia, yang memang membuat negara ini jadi kaya raya. Penggunaannya sangat amat ketat. Setiap tahun hanya boleh dipakai maksimal 3% dari nilai keseluruhannya.

Dana Minyak ini berbentuk investasi di banyak negara di luar Norwegia. Sebagian besar dalam bentuk penyertaan saham di berbagai perusahaan internasional (Microsoft, Samsung, Apple, dan banyak lagi). Di tengah anjloknya harga saham, nilai Dana Minyak ternyata masih cukup untuk menghidupi hingga beberapa generasi ke depan.
NOK 9 triliun. Entah berapa rupiah itu, sila hitung sendiri (dengan asumsi NOK 1 = IDR 1.450,-).

So, dari sisi keuangan, pemerintah Norwegia yakin memiliki kemampuan untuk menghidupi rakyat hingga ke unit terkecil, termasuk masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah / tak pasti.
Pemerintah meyakinkan rakyat bahwa uang akan dikelola secara transparan dan tepat sasaran.
Dan yang terpenting, rakyat PERCAYA pada pemerintahnya.

***

Tiba-tiba pikiran saya melayang ke negeri tercinta. Negeri yang gemah ripah loh jinawi. Toto tentrem kertoraharjo. Yang persediaan minyaknya (pernah) jauuuh lebih banyak dari Norwegia. Persediaan emas, batubara, timah, bauksit, you name it, seharusnya bisa membuat kas negara kita aman tujuh turunan; kalau saja sejak awal dikelola dengan benar dan pemerintah punya visi jauh ke depan.

Di saat krisis begini, seharusnya pemerintah (di negara manapun) lebih serius mengalokasikan dana untuk membantu penghidupan rakyat hingga yang termiskin. Bila pemerintah sanggup menyelenggarakan event mewah seperti Asian Games, mampu membayar milenials, para pembina Pancasila, dan buzzer puluhan bahkan ratusan miliar rupiah, mampu bikin infrastruktur dari Sabang sampai Merauke, bisa bikin MRT, maka demi menyelamatkan nyawa rakyat seharusnya pemerintah juga harus lebih bisa. Jangan malah bingung. Toh Pak Presiden sendiri yang bilang bahwa banyak kementerian yang punya pos-pos konferensi / kunjungan kerja dsb hingga puluhan trilyun rupiah. Berarti sebetulnya uangnya ada.

InsyaAllah Indonesia bisa, kalau mau serius dan kompak.

Mungkin perbandingannya tidak "apple to apple", tapi mungkin ada satu dua hal yang bisa dipelajari dari negara sekecil Norwegia. Mungkin tentang integritas, keterbukaan, gerak taktis, dan bagaimana mengemban amanah rakyat. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

https://norwaytoday.info/…/corona-emergency-package-full-t…/

https://www.vg.no/…/aapner-for-aa-bruke-mer-oljepenger-vi-s…

Ilustrasi: Koleksi pribadi penulis

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tekno lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Sabtu, 16 Jan 2021 23:17

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Sabtu, 16 Jan 2021 21:25

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Sabtu, 16 Jan 2021 21:05

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Sabtu, 16 Jan 2021 20:13

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Sabtu, 16 Jan 2021 16:41

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Sabtu, 16 Jan 2021 11:59

MUI Sampaikan Keberatan Kremasi Jenazah Muslim Covid-19 Sri Lanka

MUI Sampaikan Keberatan Kremasi Jenazah Muslim Covid-19 Sri Lanka

Sabtu, 16 Jan 2021 11:19

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Sabtu, 16 Jan 2021 07:51

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Sabtu, 16 Jan 2021 07:37

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Sabtu, 16 Jan 2021 06:27

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

Sabtu, 16 Jan 2021 02:14

Memilih Pemimpin

Memilih Pemimpin

Jum'at, 15 Jan 2021 21:15

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Jum'at, 15 Jan 2021 19:45

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Jum'at, 15 Jan 2021 16:56

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 12:59

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Jum'at, 15 Jan 2021 11:35

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Jum'at, 15 Jan 2021 11:10

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 15 Jan 2021 10:59

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 10:47

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

Jum'at, 15 Jan 2021 00:16


MUI

Must Read!
X