Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.912 views

Pemblokiran Situs Syaikh Al-Barrak

Senin, 15 Rabiul Awwal 1431 H - 1 Maret 2010 M.

Pemblokiran situs Syaikh Al-Barrak disebabkan fatwa beliau membunuh siapa yang membolehkan percampuran laki dan perempuan.

Fatwa yang dikeluarkan ulama Saudi Syaikh Abdurrahman Al-Barrak, untuk membunuh siapa yang membolehkan ikhtilat dilapangan pekerjaan dan pendidikan mengakibatkan pemblokiran situs beliau pada jaringan Internet di Saudi.

Sementara itu, telah dilakukan pemblokiran situs Nurul Islam yang dibina oleh Syaikh Muhammad Habdan, setelah menyiarkan keterangan 27 ulama yang mendukung fatwa Syaikh Al-Barrak yang membolehkan membunuh siapa yang mengizinkan ikhtilat.

Pemblokiran datang setelah berondongan kritikan yang dilontarkan ulama di Saudi dan Mesir, dan sejumlah penulis, mereka mengkritik fatwa yang keluar disaat wilayah tersebut hidup dalam keadaan degradasi yang relatif terhadap fatwa seperti ini yang kebanyakan menganggapnya sebagai fatwa yang ekstrim.

Para penulis Saudi sepakat bahwa fatwa terakhir Syaikh Al-Barrak mengembalikan ingatan kita kepada fatwa-fatwa takfir yang mengakibatkan pengkaburan gambaran islam moderat, terutama karena media masa barat menyiarkannya secara meluas dikoran-koran dan situs-situs internet, dan memanfaatkannya untuk menjelekkan islam dan muslimin.

Syaikh Abdurrahman Al-Barrak( 77 tahun )telah menegaskan dalam websitenya " bolehnya membunuh siapa yang membolehkan ikhtilath dilapangan pekerjaan dan pendidikan dan menganggap siapa yang melakukannya sebagai manusia murtad kafir yang wajib dibunuh ".

Dan beliau berkata: " barangsiapa yang menghalalkan ikhtilath maka dia menghalalkan perkara yang diharamkan, dan barangsiapa yang menghalalkannya maka dia kafir, artinya dia menjadi murtad, maka ditegakkan hujah atasnya jika dia kembali, jika tidak maka wajib dibunuh ".

Sebagaimana Syaikh Al-Barrak menggambarkan orang yang mengizinkan saudara perempuannya atau istrinya bekerja sekolah bercampur dengan laki-laki sebagai " dayyuts" yaitu yang tidak memiliki rasa malu atau cemburu terhadap harga dirinya.

Kritikan yang luas.

Para ulama di Al-Azhar, yang merupakan instansi keagamaan dimesir, mengkritik fatwa Syaikh Al-Barrak dan menuntutnya untuk segera mencabutnya, mereka mengatakan dalam sebuah wawancara dengan " alarabiya.net" bahwa ikhtilat antara laki dan perempuan boleh secara syar'ie dalam batasan kesopanan, adab, dan martabatapabila besifat darurat. karena para wanita telah membai'ah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam perjanjian Hudaibiyah - memang beliau tidak bersalaman dengan mereka - , akan tetapi beliau keluar kepada mereka dan melihat mereka dan merekapun melihat Nabi, dan beliau mengisyaratkan dengan kedua tangann beliau yang mulia, maka ini dalil kuat yang membolehkan ikhtilat namun sesuai dengan norma kesopanan dan kepantasan".

Seputar bolehnya ikhtilat dalam pekerjaan dan pendidikan Syaikh Abdul hamid Al-Athrasy berkata: " tidak mengapa wanita keluar bekerja apabila dia faqir dan memerlukan pekerjaan ini namun juga dengan syarat mentaati adab-adab dan tidak memakai pakaian yang menimbulkan fitnah atau memakai parfum ".

Sementara Syaikh Abdullah Mujawir penasihat fatwa Syaikhul Azhar berkata kepada " alarabiya.net" bahwa fatwa Syaikh Al-Barrak fatwa yang berani, dan perlu dikaji dengan hati-hati ", dengan menegaskan bahwa ikhtilat tidak haram secara mutlak, tetapi apa yang menghalangi kalau wanita keluar dengan sopan untuk kerja atau sekolah dan menghabiskan waktunya dengan hormat dan harga diri maka ini tidak mengapa". dan menganggap bahwa ikhtilat yang diharamkan adalah yang keluar dari batasan agama, wanita keluar dengan tidak sopan, dan berbicara dengan manusia dengan cara yang menimbulkan syahwat, atau ikhtilat ditempat umum yang terbukti melakukan hal yang diharamkan misalnya, kami katakan bahwa ikhtilat seperti inilah yang diharamkan, tetapi bahkan jenis yang terakhir ini pelakunya tidak dikafirkan, karena takfir mengeluarkan dari islam, dan barangsiapa membolehkan ikhtilat dengan cara yang diharamkan dianggap telah berbuat maksiat, tidak menjadi kafir yang wajib dibunuh".

Di Saudi sendiripun tidak berbeda halnya, berkata Direktur Badan Amar Makmur nahi mungkar diwilayah Makkah, Syaikh Ahmad Al-Ghomidi kepada "alarabiya.net" tentang fatwa Syaikh Al-Barrak: dia berkata bahwa diantara sebab fatwa, karena seruan untuk hidup dalam keduataan  seperti barat dan mengikuti syahwat, berdalilkan dengan firman Ta'alaa { dan Allah hendak mengampuni kalian sedangkan orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya menghendaki agar kamu berpaling sejauh-jauhnya dari kebenaran) An-Nisa:27.kemudian beliau berkata: barangsiapa yang menghalalkan ikhtilat seperti ini - jika mengakibatkan melakukan hal-hal yang diharamlkan ini - maka dia menghalalkan hal yang diharamkan ini, dan siapa yang menghalalkannya maka dia kafir: beliau mengkaitkan topik ikhtilat dengan hal-hal yang diharamkan dan yang membawa kepadanya yang batasannya adalah adanya memandang yang diharamkan, berhias yang haram, keluar yang haram, khalwat yang haram, pembicaraan yang haram antara laki dan perempuan: dan kalimat diantara dua strip dalam nas fatwa tersebut mengkaitkannya dan tidak memiliki kepentingan dan tidak menjadikannya berhak untuk diperhatikan".

Beliau menambahkan: " Syaikh Al-Barrak berkata: ( barangsiapa yang menghalalkannya maka dia kafir ) beliau mengkaitkannya kepada hal-hal yang diharamkan bukan kepada ikhtilat dan ini jelas, dan mungkin bagi siapa saja mengatakan bahwa fatwa Syaikh Al-Barrak saling bertentangan, tidak satupun yang  mengatakan  bolehnya ikhtilat membolehkan hal-hal yang haram tersebut. saya melihat bahwa tidak satupun dalam teks fatwa tersebut yang patut dibahas.."

sumber (alarabiya.net)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Ganjar Kerja Keras Singkirkan Puan dan Budi Gunawan

Ganjar Kerja Keras Singkirkan Puan dan Budi Gunawan

Rabu, 28 Oct 2020 10:46

Ilmuwan Temukan Bukti Hubungan Bakteri Usus dan Autisme

Ilmuwan Temukan Bukti Hubungan Bakteri Usus dan Autisme

Selasa, 27 Oct 2020 23:02

Inilah 6 Langkah Mendidik Anak Pandai Bersyukur

Inilah 6 Langkah Mendidik Anak Pandai Bersyukur

Selasa, 27 Oct 2020 22:57

Peneliti LIPI: Pemerintah Perlu Perbaiki Cara Komunikasi Publik

Peneliti LIPI: Pemerintah Perlu Perbaiki Cara Komunikasi Publik

Selasa, 27 Oct 2020 22:57

Wapres Tegaskan Cita-Cita Indonesia Menjadi Pusat Produk Halal Terbesar di Dunia

Wapres Tegaskan Cita-Cita Indonesia Menjadi Pusat Produk Halal Terbesar di Dunia

Selasa, 27 Oct 2020 22:50

Adu Domba Pakai Bendera, Tak Etis!

Adu Domba Pakai Bendera, Tak Etis!

Selasa, 27 Oct 2020 22:29

Supermarket Kuwait Tarik Produk Prancis Dari Rak Penjualan Terkait Penghinaan Terhadap Nabi Muhammad

Supermarket Kuwait Tarik Produk Prancis Dari Rak Penjualan Terkait Penghinaan Terhadap Nabi Muhammad

Selasa, 27 Oct 2020 20:45

UEA Kirim Bantuan Lebih 500 Juta USD Ke Sudan Setelah Khartoum Menormalisasi Hubungan Dengan Israel

UEA Kirim Bantuan Lebih 500 Juta USD Ke Sudan Setelah Khartoum Menormalisasi Hubungan Dengan Israel

Selasa, 27 Oct 2020 20:30

Ketua Dewan Pemukiman Israel: Pilih Trump Jika Anda Peduli Israel

Ketua Dewan Pemukiman Israel: Pilih Trump Jika Anda Peduli Israel

Selasa, 27 Oct 2020 20:02

Salah Mereka yang Cadaran Apa Sih?

Salah Mereka yang Cadaran Apa Sih?

Selasa, 27 Oct 2020 17:50

Jangan Biarkan Insecure Racuni Diri

Jangan Biarkan Insecure Racuni Diri

Selasa, 27 Oct 2020 17:14

Libya Kecam Komentar Islamofobia Emmanuel Macron, Tuntut Presiden Prancis Itu Minta Maaf

Libya Kecam Komentar Islamofobia Emmanuel Macron, Tuntut Presiden Prancis Itu Minta Maaf

Selasa, 27 Oct 2020 15:15

Bintang MU Paul Pogba Bantah Mundur Dari Timnas Prancis Terkait Komentar Anti-Islam Macron

Bintang MU Paul Pogba Bantah Mundur Dari Timnas Prancis Terkait Komentar Anti-Islam Macron

Selasa, 27 Oct 2020 14:35

Kader Mubaligh Pemuda Persis Diharapkan Miliki Himmah

Kader Mubaligh Pemuda Persis Diharapkan Miliki Himmah

Selasa, 27 Oct 2020 14:29

HNW Sebut My Flag Merah Putih vs Radikalisme Bukan Film NU

HNW Sebut My Flag Merah Putih vs Radikalisme Bukan Film NU

Selasa, 27 Oct 2020 08:39

Materi Fatwa untuk Munas MUI Masih Diinventarisir

Materi Fatwa untuk Munas MUI Masih Diinventarisir

Selasa, 27 Oct 2020 08:07

Rezim Ngotot dan Bandel

Rezim Ngotot dan Bandel

Senin, 26 Oct 2020 23:54

WhatsApp Uji Coba Fitur 'Join Missed Calls'

WhatsApp Uji Coba Fitur 'Join Missed Calls'

Senin, 26 Oct 2020 22:50

Dua Dimensi Kebahagiaan dalam Islam

Dua Dimensi Kebahagiaan dalam Islam

Senin, 26 Oct 2020 22:45

Pompeo Bikin Ketar Ketir Joko

Pompeo Bikin Ketar Ketir Joko

Senin, 26 Oct 2020 22:40


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X