Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.026 views

Mampukah Ramadhan Membakar Dosa Muslim?

JAKARTA (voa-islam.com) - Seorang  kader muballigh di Satu Masjid terkemuka di Jakarta belum lama ini bertanya kepada hadirin: Kalian pernah dengar ceramah bahwa Ramadhan artinya membakar? Pernah, jawab para kader muballigh. Lalu apakah penceramah menjelaskan bahwa maksudnya membakar dosa? Ya, jawab para kader da’i itu lagi.

Tahukah kalian, itu dasarnya dari mana? Para kader da’i tampak diam saja. Tidak ada yang menjawab. Lalu penatar menjawabnya sendiri, ya memang itu tidak ada dasarnya.

Tetapi pemaknaan seperti itu justru telah tersiar ke mana-mana. Padahal itu hanya otak atik gatuk (mengait-ngaitkan seolah nyambung), jelas penatar. Kenapa ? tanya penatar. Para kader muballigh masih diam saja, dan hanya siap mendengarkan jawaban

Berikutnya. Lalu penatar itu menjawabnya sendiri pula. Ya, itu hanya dikait-kaitkan. Kita lihat saja sejarahnya, kapan puasa Ramadhan mulai diwajibkan. Ternyata puasa Ramadhan diwajibkan sejak tahun 2 Hijriyah. Sedang sebelum diwajibkannya puasa, nama bulan Ramadhan itu sudah ada.

Buktinya? Ayat Al-Qur’an, 185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS Al-Baqarah: 185).

Dalam ayat itu disebutkan, bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran; itu dapat difahami secara sejarah bahwa Al-Qur’an mulai diturunkan di Bulan Ramadhan, yakni 13 tahun sebelum hijrahnya Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam. Sedang mulai diwajibkannya puasa Ramadhan baru pada tahun kedua setelah hijrahnya Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam.

Dengan demikian, nama bulan Ramadhan itu 15 tahun sebelum diwajibkannya puasa pun sudah bernama Ramadhan. Maka walau Ramadhan punya arti membakar, namun tidak ada kaitannya dengan membakar dosa. Dan kalau mau dikaitkandengan arti membakar, harusnya dikaitkan dengan awal penamaan bulan Ramadhan, kenapa dinamakan Ramadhan. Bukan dikaitkan dengan puasa yang tidak ja di penyebab dinamakannya bulan itu.

Ada contoh untuk menjelaskan ini. Orang Jawa menyebut bulan Rabi’ul Awwal dengan Bulan Mulud (Maulud, waktu lahir). (Tidak percaya, lihat saja di kalender yang ada penanggalan Jawa-nya). Karena dikenal pada bulan itulah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dilahirkan. Yang seperti ini baru bisa dikaitkan antara nama bulan dengan makna harfiyah lalu dikaitkan dengan peristiwa penyebab penamaan bulan itu. Lha kalau Bulan Ramadhan, dari mana pengaitan makna dengan membakar dosa?

Apabila mau menjelaskan tentang diampuninya dosa pada bulan Ramadhan, sudah ada dalil-dalil yang dapat dirujuk. Tidak perlu mengembalikan kepada nama bulan, lalu dikutak katik.

Di antara dalilnya:

Allah menjadikan puasa dan shalat yang dilakukan dengan keimanan dan mengharapkan (pahala) sebagai sebab diampuninya dosa. Sebagaimana telah terdapta riwayat shahih dalam dua kitab shahih; Shahih Bukhori, no. 2014, dan shahih Muslim, no. 760, dari hadits Abu Hurairah radhiallahu ’anhu, sesungguhnya Nabi sallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa (di Bulan) Ramadhan (dalam kondisi) keimanan dan mengharapkan (pahala), maka dia akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu”. (Shahih Bukhori, no. 2014, dan shahih Muslim, no. 760).

Juga dalam riwayat Bukhari, no. 2008, dan Muslim, no. 174, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Barangsiapa yang berdiri (menunaikan shalat) di bulan Ramadan dengan iman dan mengharap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (Hadits riwayat Bukhari, no. 2008, dan Muslim, no. 174).

Umat Islam telah sepakat (ijma’) akan sunnahnya menunaikan qiyam waktu malam-malam Ramadhan. Imam Nawawi telah menyebutkan bahwa maksud dari qiyam di bulan Ramadhan adalah shalat Taraweh, Artinya dia mendapat nilai qiyam dengan menunaikan shalat Taraweh.

Dengan sudah adanya dalil tentang diampuninya dosa berkaitan dengann amaliyah di bulan Ramadhan seperti tersebut, sebenarnya tidak perlu menyeret-nyeret nama Ramadhan lalu diartikan harfiyahnya (membakar) kemudian ditempeli lafal dosa, jadilah membakar dosa.

Kenapa tidak perlu? Karena Islam tidak memerlukan cara-cara kutak katik akal-akalan seperti itu. Itulah salah satu contoh cara (kutak-katik gatuk, mengait-ngaitkan, akal-akalan) untuk memahami Islam yang tidak sesuai dengan cara yang benar menurut Islam, namun justru banyak ditempuh orang, hingga banyak hal yang masyhur di umat Islam, kelihatannya benar padahal tidak.

Bahkan yang seperti itu kemungkinan disiarkan secara merata dan turun temurun tak pernah dikoreksi. Bila dibiarkan terus, maka kemungkinan akan banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan Islam namun merata di Umat Islam dan dianggap benar. Padahal yang semodel itu sudah banyak. Semoga saja Umat Islam menyadarinya dan kembali kepada rujukan yang shahih.

Selasa 3 Ramadhan 1435H/ 1 Juli 2014. Artikel ini ditulis di tengah perjalanan

dari Jakarta via Pantura ke Jateng.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ulama Bicara lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X