Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.550 views

Mohamad Hidayat: 2013 Tahunnya Asuransi, Koperasi & MLM Syariah

JAKARTA (VoA-Islam) – Ada beberapa jenis industri keuangan dan bisnis syariah yang memiliki prospek di tahun 2013 ini, terutama  dari lembaga keuangan non bank, seperti asuransi yang sekarang ini, terasa kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan asuransi syariah sudah mulai meningkat.

Demikian dikatakan Anggota Dewan Syariahj Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Mohamad Hidayat, MBA kepada VoA-Islam di kantor Al-Washiyyah Foundation, Jakarta, belum lama ini.

Dikatakan Hidayat, sosialisasi dan promosi dari industri Asuransi Syariah sudah cukup baik. Itu bisa dibuktikan dengan sistem klaim, kemudahan klaim, dan proses klaim yang tidak berbelit-belit. Sistem yang baik dari asuransi syariah sudah ditunjukkan, sehingga imbasnya adalah kepercayaaan masyarakat yang bertambah. Hal ini menjadi  stimulan yang penting sebagai bentuk peningkatan dari pertumbuhan industri asuransi syariah.

Di sektor industri perdagangan riil, khususnya jenis kegiatan MLM Syariah --  pasca MUI mengeluarkan fatwa PLBS (Penjualan Langsung Berjenjang  Syariah – mendapat respon yang baik oleh pasar, sehingga mengeliminir praktek-praktek MLM yang selama ini terdapat unsur money game.

“Kami dari DSN, melihat bahwa industri MLM Syariah tumbuh cukup pesat. Itu bisa dilihat dari tingkat distributornya, tingkat kemitraannya, dan perkembangan keanggotaannya. Produk-produk yang dijual di pasar seperti alat-alat kesehatan, alat pendidikan, dan produk lainnya, telah diserap cukup baik dan  kompetitif. DSN melihat, industri perdagangan, khususnya  yang menggunakan pola direct selling atau PLBS dengan sistem syariah punya prospek yang cukup baik ke depan,” jelas Hidayat.  

Lebih lanjut, Hidayat yang juga pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengatakan, industri syariah lain yang akan berkembang di tahun 2013 adalah koperasi, atau usaha jasa keuangan syariah (masuk lembaga keuangan mikro) seperti, BMT, bakal berkembang sangat baik. Mereka  bermain di tingkat menengah ke bawah dan di sector riil, juga langsung berhubungan dengan pedagang-pedagang pasar dengan masyarakat lapis  bawah yang cenderung lapisan yang bisa dipercaya, dan belum terkolusi  dengan praktek-praktek ekonomi yang tidak bermora. Dalam pola cicilannya, misalnya,  tepat waktu, tidak menutupi laporan keuangan.

Di tengah resesi dunia, ternyata di tingkat bawah, transaksi untuk kebutuhan pokok, dan transaksi usaha-usaha kecil itu masih sangat tinggi volumenya. “Kami yakin lembaga keuangan mikro akan berkembang sangat baik.”

Pertumbuhan Aset Ekonomi Syariah

Lalu bagaimana pertumbuhan aset ekonomi syariah di tahun 2013? Di tahun 2012, pertumbuhan perbankan syariah memasuki 4%, asuransi syariah juga  memasuki 3-4%, begitu juga dengan koperasi syariah. Diyakini, pertumbuhan aset tersebut memengaruhi aset lembagai keuangan syariah secara umum, dan di 2013 ini diprediksi pertumbuhan aset ekonomi syariah  bisa meningkat sampai 7%.

Peningkatan itu  karena adanya faktor kepercayaan masyarakat, profesionalisme dari manajemen lembaga keuangan dan bisnis syariah,  pertumbuhan modal, sosialisasi, dan adanya political will dari pemerintah. Kelima faktor ini mendorong lembaga-lembaga tersebut berkembang menjadi lebih baik.

Seiring dengan aset yang lebih besar, jaringan yang lebih luas, nasabah-nasabah atau pelanggan yang bertambah, maka otomatis pangsa pasar secara equivalen menjadi lebih meningkat.

Ketika ditanya, apakah ada perkembangan dari bank konvensional menjadi syariah di tahun 2013?  Hidayat mengatakan, akan ada bank asing yang melirik sistem syariah di Indonesia. Mereka menilai system syariah sebagai sistem yang menguntungkan. “Akan ada beberapa bank asing yang akan buka cabang syariah di tahun 2013, begitu juga asuransi syariah.”

Selain asuransi, MLM, dan koperasi syariah, juga akan ada perkembangan di industri leasing syariah. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat pada kendaraan bermotor, maka di tahun 2013 itu akan banyak sekali, perusahaan leasing yang membuka cabang syariah. DSN telah mengaluarkan taklimat yang menyebut, bahwa lembaga keuangan syariah tidak boleh mensupport leasing konvensional, sehingga perusahaan leasing terdorong untuk membuka leasing syariah.  

Kendala 2013

Mengenai kendala pengembangan ekonomi syariah di tahun 2013, terdapat ancaman yang datang dari faktor eksternal. Diakui, krisis dunia berimbas pada pertumbuhan ekonomi syariah, meski tidak terlalu signifikan. Sedangkan, kendala  secara internal, perlu diupayakan sosialisasi yang terus digencarkan. Sebab, tanpa sosialisasi yang baik atau tanpa memberi pengertian kepada masyarakat secara tepat, bisa terjadi mispersepsi.

“Suatu produk yang bagus,dan didisain yang bagus, tapi tidak disampaikan secara tepat, maka akan kalah dengan sebuah produk yang sebetulnya tidak bagus dan dari segi kontennya tidak berkualitas, namun dikemas dengan komunikasi yang sangat baik. Karena itu, kita memerlukan  PR (public relation) yang baik,” tandas Hidayat.

Apakah situasi politik dan terjadinya bencana akan memengaruhi ekonomi syariah di tahun 2013? “Dibalik musibah pasti ada hikmahnya, tapi tidak menghentikan aktivitas transaksi di sector menengah ke bawah, misalnya konsumsi kebutuhan akan sandang, papan dan pangan. Artinya  tetap menggeliat di tengah krisis atau musibah yang terjadi.

Hidayat yakin nasabah perbankan syariah akan meningkat, tidak hanya nasabah dari kalangan muslim, tapi juga non muslim. Bukan  hanya masyarakat menengah ke bawah, tapi juga kalangan menangah ke atas yang kini banyak melirik produk-produk lembaga keuangan dan bisnis syariah. Pilihan itu  karena unsur yang mereka yakini lebih aman dan terpercaya serta menjanjikan keuntungan.

Meski perbankan syariah meningkat, namun konvensional masih mendominasi pasar, tapi secara kualitatif mengalaami penurunan yang luar biasa. Sehingga masyarakat tidak percaya lagi pada sistem konvensional. Dikarena jaringan keuangan syariah masih terbatas, maka masyarakat masih menggunakan bank konvensional. Namun, jaringan perbankan sudah luas, maka tanpa dipaksa suatu sistem, masyarakat lebih memilih lembaga keuangan dan bisnis syariah.

Hidayat membantah terjadinya pelambatan ekonomi syariah. Menurutnya, hampir semua industri syariah itu mengalami kemajuan, bukan pelambatan. Namun ada hal yang dikoreksi oleh DSN, terutama tentang praktek marketing, atas produk-produkjasa, misalnya jasa umrah, jasa marketing  travel umrah yang menggunakan MLM atau PLB. Koreksi ini akan membangun system yang lebih sehat ke depan.

Ketika disinggung bagaimana seharusnya Pemerintah dalam mensupport ekonomi syariah? Hidayat mengaku terkesan dengan Menko Perekonoian Hatta Rajajasa, yang berkomitmen untuk mengembangkan perbankan ekonomi syariah. Diharapkan, statamen itu menjadi kebijakan yang bersifat nyata dan dapat direalisasi.

Strategi pengembangan ekonomi syariah dirancang oleh pemerintah, disusun dalam perencanaan yang terukur, didukung oleh regulasi yang  memadai, ditopang dengan kemudahan-kemudahan,dan insentif-insentif yang diberikan kepada lembaga keuangan dan bisnis syariah, juga diharap dukungan kapital atau modal dari pemerintah, misalnya dengan cara menkonversi  lembaga BUMN menjadi syariah, atau menambah modal perbankan syariah dan asuransi syariah oleh pemerintah, sehingga hal positif dapat memperkuat asset lembaga keuangan tersebut, sehingga bisa meningakatkan pelayanan dan pembiayaan kepada masyarakat.

Sebetulnya asuransi syariah itu diatur mengenai modal minimal  setor, pengaturan itu cukup baik, tidak terlalu tinggi, namun tentunya harus ada unsur kehati-hatian yang harus dibangun, kerena untuk membangun suatu industri atau perusahaan tidak  hanya terkait modal, tapi juga system manejerial dan system pengawasannya, termasuk  sistem operasiolnya yang terukur (standarisasi)  dan pengembangan pada market yang tepat, efektif dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar, salah satunya dari sisi regulasi untuk modal asuransi syariah tidak ditetapkan modal yang terlalu besar, sehingga memudahkan.

Mohamad Hidayat menegaskan, tahun 2013 bukan hanya tahun asuransi syariah, tapi juga LKM (Lembaga Keuangan Mikro Syariah), koperasi syariah dan MLM Syariah.

Peluang dan harapan serta tantangan ekonomi syariah ditahun 2013 dikatakan Hidayat, adalah dengan semakin meningkatnya  transaksi  masyarakat di lembaga keuangan ekonomi  syariah, maka tentunya semakin tinggi resiko yang dihadapi. Artinya lembaga bisnis dan keuanga syariah harus berupaya transaksi yang dilakukan dengan mengurangi  resiko yang mungkin terjadi, seperti resiko likuditas, pasar, strategic, hukum, operasional dan sebagainya.

Selanjutnya, semakin tinggi permintaan  masyarakat, maka lemabaga syariah harus lebih siap, misalnya dengan mengeluarkan produk yang lebih variatif dan fleksibel,  tanpa meninggalkan prinsi-prinsip syariah. Begitu juga kompetisi dengan system konvensional harus lebih siap, jangan kalah dengan konvensional, terutama menyangkut IT, infrastruktur dan sistem. Sehingga produk apapun yang dihasilkan lembaga keuangan dan bisnis syariah bisa bersaing dalam hal kemudahannya, kenyamanannya.  “Intinya aman, nyaman dan kepercayaan, ini harus dijaga betul,” kata Hidayat.

Lantas butuh berapa tahun lagi, lembaga bisnis dan keuangan syariah akan mengalami puncaknya? “Insya Allah satu dasawarsa lagi,” kata Hidayat optimis. desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X