Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.412 views

Siapa Sesungguhnya Pemenang dan Pecundang dalam Gencatan Senjata Idlib?

*Bilal Abdul Karim

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Turki Recep Tayyip Erdogan menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata di Moskow yang mulai berlaku pada Jum'at (5/3/2020) tengah malam. Ada tiga poin utama dari perjanjian:

1. Hentikan semua aksi militer di sepanjang jalur kontak di area eskalasi Idlib mulai dari pukul 00:01 pada 6 Maret 2020.

2. Koridor keamanan akan didirikan 6 km di kedua sisi jalan raya M4. Parameter khusus untuk berfungsinya koridor keamanan akan disepakati antara Kementerian Pertahanan Republik Turki dan Federasi Rusia dalam waktu 7 hari.

3. Pada 15 Maret 2020, patroli gabungan Turki-Rusia akan dimulai di sepanjang jalan raya M4 dari pemukiman Trumba (2 km di sebelah barat Saraqeb) hingga pemukiman Ain al-Havr.

Mari kita lihat secara singkat pemenang potensial dan yang kalah dalam kesepakatan ini.

Pemenang
 
Pasukan pemerintah Suriah

Wilayah telah berpindah tangan dalam beberapa hari terakhir antara pejuang oposisi dan pasukan Assad saat pertempuran meningkat di Idlib.

Kemenangan sama sekali tidak terjamin bagi pasukan pemerintah, terutama dengan upaya pejuang oposisi yang diremajakan yang bertindak sebagai pasukan darat yang efektif yang didukung oleh artileri dan drone Turki.

Banyak tank rezim hancur, tiga pesawat tempur ditembak jatuh hanya dalam 72 jam terakhir, dan beberapa perkiraan menyebutkan pasukan pemerintah kehilangan tenaga kerja mendekati 2.000.

Akan sangat sulit bagi pasukan Assad untuk mengikuti kecepatan itu, khususnya karena mereka tidak lagi memiliki pasukan untuk melancarkan serangan serentak di lebih dari satu front pertempuran sebagaimana terbukti ketika mereka membatalkan serangan mereka tiga minggu lalu di luar Dar Izza dan memindahkan kekuatan serangan mereka ke Idlib selatan daripada hanya membuka front lain untuk memperluas sumber daya oposisi.

Rusia

Penghentian permusuhan memberi pasukan pemerintah apa yang mereka butuhkan, kesempatan untuk menjilat luka mereka. Selain itu, Rusia dan Turki semakin dekat dan dekat dengan konflik dan kedua negara tersebut tahu itu.

Berada di medan perang, jelas bahwa ketika tentara Turki membidikan MANPAD mereka (persenjataan anti-pesawat yang dipasang di bahu), mereka tidak benar-benar tahu apakah pesawat itu membawa seorang pilot Suriah atau Rusia.

Jika mereka menembak jatuh sebuah pesawat Rusia maka itu akan memicu respons dari Moskow.

Tidak dapat dihindari bahwa skenario seperti itu akan terjadi lebih cepat daripada nanti.

Ini memberi Rusia kesempatan untuk memposisikan diri dan menjaga hubungan yang relatif bisa diterapkan dengan Ankara dalam prosesnya.

Setelah semua dikatakan dan dilakukan, Rusia sangat tertarik untuk mempertahankan hidup pipa multi-miliar dolar mereka yang baru saja selesai yang akan membawa gas Rusia di sepanjang Laut Hitam dan ke Turki selatan di mana Turki akan mendistribusikan gas ke 15 juta rumah di Turki dan timur Eropa.

Turki

Gencatan senjata telah memberi Turki kesempatan untuk melindungi tentara mereka. Setidaknya 35 telah terbunuh di Idlib.

Selain itu mereka juga dapat menjaga hubungan mereka dengan Moskow dan tidak hanya mengamankan kepentingan mereka dalam kesepakatan pipa gas tetapi mereka juga dapat memastikan bahwa sistem pertahanan udara S-400 yang dibeli dari Moskow akan menjadi kenyataan.

Mereka masih membutuhkan keahlian, pelatihan, dan suku cadang Rusia untuk membuatnya berfungsi. Rusia mungkin tidak datang dengan bantuan bila pasukan militer masing-masing saling menembak di Suriah.

Ini juga menawarkan Turki kesempatan untuk mencoba memulangkan beberapa dari mereka yang telah diusir dari rumah mereka untuk kembali dengan jaminan keamanan Turki. Itu akan dipandang sebagai kemenangan besar bagi Erdogan di dalam negeri.

Pecundang
 
Pasukan pejuang oposisi

Pejuang oposisi tahu betul bahwa pemerintah Assad tidak menghormati satu pun perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani sejak konflik dimulai.

Alih-alih, pasukan Suriah menggunakan peluang ini untuk memperkuat posisi mereka dengan cara yang tidak dapat mereka lakukan saat berada di bawah tembakan.

Ini berarti bahwa kesulitan yang dihadapi pasukan oposisi dalam memaksa pasukan Assad keluar saat ini akan jauh lebih sulit setelah rezim Suriah memiliki kesempatan untuk membawa peralatan baru dan meningkatkan benteng mereka.

Pasukan oposisi yang saya ajak bicara sejak perjanjian itu ditandatangani beberapa jam yang lalu merasa tertipu karena mereka menemukan diri mereka terikat pada satu lagi kesepakatan "de-eskalasi" sedangkan total tidak satupun dari kesepakatan de-eskalasi sebelumnya telah berjalan.

Ini dirasakan oleh anggota Tentara Pembebasan Nasional (SNA) yang didukung Turki, dan pejuang yang bersekutu dengan HTS dan kelompok-kelompok pejuang lainnya yang semuanya bekerja bersama Turki dan SNA untuk mempertahankan wilayah mereka.

Sekali lagi, seperti yang terjadi sebelumnya, Turki dan Rusia sama-sama menjadi penjamin masing-masing dan masing-masing dari transaksi "de-eskalasi" yang gagal.

Tidak satupun dari seorang pejuang oposisi atau komandan mereka yang saya ajak bicara merasa perjanjian ini akan berbeda.

Pengungsi Suriah

Sementara di atas kertas tampak seolah-olah sebagian besar dari satu juta pengungsi yang diperkirakan melarikan diri dari pertempuran dalam sepuluh minggu terakhir akan memiliki kesempatan untuk kembali ke rumah mereka, kenyataannya sangat berbeda.

Mengingat fakta bahwa pemerintah Assad belum menindaklanjuti perjanjian de-eskalasi di masa lalu, ditambah dengan sejarah Turki yang tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan pesawat tempur Rusia membom rumah, sekolah dan rumah sakit, banyak pengungsi akan merasa yang terbaik untuk mengambil kesempatan adalah mereka tinggal di tenda-tenda dan berdesakan di rumah keluarga di perbatasan Turki alih-alih mengejar kembali ke tipuan de-eskalasi potensial lainnya.

Pada akhirnya, kecil kemungkinan kesepakatan ini akan bertahan lama.

Poin kedua yang disebutkan dalam perjanjian mengenai koridor keamanan bahkan belum sepenuhnya diputuskan. Ini masih harus dibahas dan disepakati.

Poin ketiga bergantung pada poin 2 sedang diselesaikan. Jika tidak ada kesepakatan mengenai parameter "koridor keamanan" maka poin ketiga tentang siapa yang berpatroli di tempat itu tidak relevan.

Ini menunjukkan bahwa tidak banyak yang diselesaikan dalam pertemuan hari Jum'at ini selain Rusia dan Turki yang ingin mengerem potensi konflik yang pecah antara pasukan mereka masing-masing. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X