Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.270 views

Corona dan Depresi Massal

 

Oleh:

Muhamad Muckhlisin

Esais dan kritikus sastra, pemenang pertama lomba cerpen nasional (2017)

 

Seorang psikolog terkenal yang sudah menulis belasan buku, suatu hari diwawancarai perihal misteri kehidupan yang selama ini belum dipecahkan dan dicarikan solusinya. Dengan suara terbata-bata psikolog itu justru menjawab riskan, “Yang masih misteri dalam perjalanan hidup saya adalah, bagaimana cara mendidik anak laki-laki saya yang sedang mengalami depresi.”

Memang sangat memprihatinkan, karena ternyata sejak tahun 2000 lalu Indonesia termasuk negara yang mendapat catatan merah oleh WHO dan Bank Dunia. Padahal masalah depresi ini sangat berat bagi proses kemajuan bangsa, di samping produktivitas masyarakat menurun, juga kualitas SDM bisa merosot tajam.

Seperti halnya Corona yang melumpuhkan sendi-sendi kehidupan bangsa, depresi akan menjadi beban berat bagi kesehatan dunia. Pesatnya dunia informasi dan kemajuan teknologi yang mengakibatkan masyarakat limbung tanpa keseimbangan. Teka-teki dan ketidakpastian akan hari esok juga menjadi penyebab utama yang menibulkan banyak orang terserang depresi. Konon, angka prevalensi depresi yang diakibatkan ketidakpastian ini ini bisa mencapai 20 persen dari populasi penduduk dunia. Suatu angka yang fantastik, hingga WHO menganggapnya sangat krusial dan harus segera ditangani bersama.

Dampak dari penyakit polusi pikiran ini sungguh luar biasa. Beberapa tahun lalu, tragedi jatuhnya pesawat Airbus di pegunungan Alpen yang mengorbankan 144 penumpang, diakui bahwa co-pilotnya sengaja menabrakkan pesawat tersebut karena rasa depresi yang dialaminya. Ketika pilotnya sedang ke toilet, co-pilot mengunci kabin pesawat, kemudian menabrakkan pesawat antara penerbangan Jerman-Swiss. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya catatan medis bahwa beberapa tahun sebelumnya co-pilot itu menderita stres berat, bahkan beberapa kali melakukan percobaan bunuh-diri.

Itu salah satu contoh ekstrim yang tentunya membahayakan semua pihak. Belum lagi transportasi publik lainnya seperti kapal laut, kereta api, kendaraan angkutan umum yang belakangan para penumpang banyak mengeluh karena ugal-ugalan atau ceroboh dalam mengendaraianya.

 

Ketidakpastian Masadepan

Perasaan kehilangan sesuatu atau pupusnya harapan akan masadepan, adalah penyebab yang tidak kalah penting dari munculnya keresahan serta limbungnya keseimbangan di mana-mana. Menurut penelitian para psikolog, kaum wanita menempati potensi 2-3 kali menderita depresi ketimbang kaum pria. Hal ini disebabkan fluktuasi kadar hormonal wanita yang naik-turun, ditambah lagi dengan posisi wanita secara sosial-budaya yang kurang diuntungkan di Indonesia.

Tapi ironisnya, angka kematian akibat bunuh-diri justru lebih banyak dialami oleh kaum pria ketimbang wanita. Dalam kaitan ini, Nalini Muhdi, seorang ahli psikiater dari Universitas Airlangga menyampaikan tesis dari hasil penelitiannya, bahwa kaum laki-laki pada umumnya tidak suka mengekspresikan keluhan perasaan emosionalnya jika dibandingkan dengan wanita.

“Menunjukkan perasaan emosional secara terus terang, dianggap kurang ideal bagi seorang laki-laki, seakan menyalahi stereotipe laki-laki yang jantan. Laki-laki cenderung menyangkal dan kurang suka meminta bantuan profesional. Oleh sebab itu, ketika perasaan depresi sudah tak tertanggungkan lagi, mereka membiarkan kualitas hidupnya menurun bahkan terjatuh. Padahal, bukankah laki-laki juga manusia yang tidak hanya terdiri atas rasio yang bersifat kognitif, tapi juga prilaku yang berperasaan, dan karenanya mereka pun makhluk sosial yang membutuhkan pertolongan sesamanya,” demikian tegasnya.

 

Dampak Depresi Global

Salah satu film menarik yang menggambarkan depresi global laiknya virus-virus yang menyerang otak dan pikiran manusia adalah The Happening (sutradara M. Night Shyamalan). Dalam film tersebut mengandung pesan, bahwa depresi yang menyebabkan meningkatnya angka kematian akibat bunuh-diri, harus segera dikendalikan oleh para pembuat kebijakan publik agar masyarakat dapat hidup dengan tentram dan nyaman. Karena sesungguhnya, rasa depresi sangat berhubungan dengan masalah kesehatan mental yang tak terpisahkan dari kesehatan fisik dan sosial juga.

Dalam hal ini, para psikolog menggagas pentingnya diadakan kampanye kesehatan holistik secara serentak – termasuk melalui media massa dan daring – serta perlunya diadakan praktik kesehatan berbasis komunitas. Karena dapat dipastikan, dan disepakati oleh berbagai kalangan, bahwa akibat serangan yang gencar melalui teknologi informatika, depresi dengan mudah menyerang otak pikiran siapa saja tanpa pandang bulu.

Itulah yang membuat banyak orang terkacaukan secara mental dan emosional, karena dapat merasuk ke alam bawah sadar, serta dapat menimbulkan ketegangan dan kepanikan di mana-mana. Ironisnya, depresi ini dapat pula merasuk dan menyerang pengambil kebijakan publik, kaum akademisi hingga tokoh agama yang mestinya berfungsi selaku benteng iman dan religiositas. Tapi tak ayal, di antara mereka banyak yang terhanyut ke dalam iklim perubahan yang membuat mereka sibuk membesarkan “benderanya” sendiri.

Ketika psikososial ini menggejala juga di kalangan tokoh agama, lalu siapa yang akan menjadi penengah bagi pentingnya kesejukan dan ketentraman umat. Toleransi dan kohesi sosial yang kian merenggang, dapat meledakkan amuk massa, hingga masyarakat merindukan di manakah bangsa yang dikenal ramah ramah, andap asor, dan gimah ripah loh jinawi itu?

Masih banyak indikator ketidakberesan mengenai kondisi kesehatan mental di tengah masyarakat Indonesia. Kita tidak menginginkan prediksi para psikolog menjadi kenyataan, bahwa depresi sosial ini dipastikan menjadi bencana nasional dalam beberapa tahun ke depan. Tapi prediksi yang dibuat psikolog maupun sastrawan, bukanlah semata-mata omong kosong yang mengada-ada, dan bukan pula bersifat pamrih dan politis guna merekrut dan membesarkan bendera jamaahnya. Mereka menyampaikannya dari hasil analisis dan pengamatan yang tekun, ulet dan teliti. Bahkan, di antara mereka meyakini, di situlah kualitas ibadah dan keikhlasan seseorang untuk berbuat bagi kepentingan dan kemaslahatan umat.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X