Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.566 views

Mesir, Negara Arab yang Hotel-hotelnya Melarang Burkini

Kairo - Islam tidak mendapatkan sambutan yang baik bahkan di negeri yang penduduknya mayoritas, itulah Kesan yang di dapat Omayma Mansour dalam kunjungan terakhirnya ke Mesir

Ibu dua anak keturunan Mesir-Amerika itu menginap di Moevenpick di El Gouna resort di Hurghada ketika ia mendapatkan sebuah kejutan yang membuatnya butuh waktu berbulan-bulan untuk pulih atau memahami yang terjadi.

Ketika melihat anak bungsunya yang berumur 2 tahun berjuang di kolam renang, ia segera pergi ke kolam renang dengan menggunakan burkini, sebuah baju renang yang menutupi seluruh tubuh, untuk membantu anaknya.

Omayma Mansour langsung di minta oleh petugas kolam renang untuk segera keluar dari kolam renang.

Pria tersebut mengatakan bahwa ia tidak di izinkan berenang di kolam renang dengan memakai burkini, sebuah pakaian yang terdiri dari jilbab, tunik dan celana panjang.

"Kebijakan untuk melaragng wanita berjilbab di kolam renang adalah praktek diskriminasi bagi setiap wanita Muslimah," kata Omayma kepada IslamOnline.net.

"Ini jelas merupakan sebuah pelanggaran terhadap kebebasan beragama kita sebagai Muslimah."

Setelah mengalami penghinaan ini, Omayma Mansour langsung menuju ke kantor menajer hotel tersebut, namun kembali tidak mendapatkan apa yang di sebutnya sebagai "alasan yang masuk akal."

"Saya kira orang-orang di hotel ini memandang itu (pakaian yang  islami) sebagai kelas rendahan," katanya.

"Jadi, mereka tidak ingin citra itu nampak pada resort bintang lima mereka."

Burkini, berasal dari kata burqa (pakaian yang menutup dari kepala hingga kaki) dan bikini, menyerupai sebuah baju hujan dengan tutup kepala. Terdiri dari 3 bagian yang menutup seluruh tubuh kecuali kaki, tangan dan wajah.

Sekitar 90 persen dari 80 juta penduduk Mesir adalah Muslim.

Omayma Mansour, perempuan Mesir Amerika, bukanlah satu-satunya Muslimah yang mengalami ketidaknyamanan seperti itu di sebabkan pakiannya yang Islami atau menutup aurat.

Beberapa pekerja hotel mengatakan kepadanya bahwa beberapa rekan kerja mereka kehilangan pekerjaan karena mereka memperbolehkan perempuan yang memakai burkini berenang bebas di kolam renang.

Hal ini menyebabkan banyaknya  kecurigaan adanya kampanye terorganisasi terhadap aturan pakaian Islami, khususnya di hotel-hotel dan dan resort yang  di kunjungi oleh orang asing.

Nadia El-awadi, seorang wartawati Mesir, mempunyai pengalaman yang serupa ketika ia pergi ke Ain Sukhna, sebuah resort terkenal sekitar 200 kilo meter di Timur ibukota Kairo.

Ketika ia memasuki salah satu hotel, dia di berikan sebuah surat untuk di tanda tangani. Tetapi ia mencatat bahwa dalam salah satu pernyataan surat tersebut bahwa pakaian renang Islami tidak di perbolehkan di kolam renang hotel tersebut.

"Saya tidak mengerti apa yang terjadi," kata Nadia El-awadi, 40, kepada IOL.

"Saya merasa sangat sedih dengan hal itu, tidak seorangpun yang seharusnya boleh mengatakan apa yang akan dia pakai. Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dipakai adalah kebebasan setiap orang."

Nadia El-awadi harus mengambil kembali barang-barang dan kedua anaknya keluar dari hotel dan mencari tempat lain di mana dia bisa menikmati berenang dengan pakaian tertutup.

Dia menemukan bahwa benar-benar ada maksud tersembunyi di balik itu semua.

"Bagaiman itu dapat terjadi di Mesir?" ia bertanya.

Beberapa yang di duga melakukan kampanye terorganisasi terhadap pakaian Islami, khususnya di hotel-hotel dan resort yang sering sering di kunjungi oleh orang asing, melakukannya dengan sungguh-sungguh.

"Dengar, kami tidak ada masalah dengan pakaian renang Islami, tapi masalahnya adalah beberapa setelan pakaian tersebut tidak baik bagi kulit penggunannya,"  kata seorang manajer hotel bintang lima yang meminta namanya di rahasiakan kepada IOL.
 
"Bahan-bahan tersebut tidak hegienis." katanya.

Namun hal itu di bantah oleh oleh mereka yang menggunakan burkini.

"Seluruh dugaan bahawa pakaian renang panjang tidak higienis sangat menyerang dan benar-benar tidak mesuk akal," tegas Omayma Mansour, wanita Amerika Mesir.

"Pakaian renang Islami yang Saya pakai terdiri dari lycra, tahan air, dan berbahan poliester seperti baju renang lainnya.

Bentrok

Manal Yousef, seorang peneliti dalam hukum Islam, percaya bahwa insiden ini cerminan terbaik bentrokan antara sekularisme dan religiusitas di Mesir, rumah bagi Al Azhar, tempat belajar ilmu agama tertinggi bagi Muslim Sunni dunia.

"Apa yang terjadi dalam hal ini menunjukkan pertentangan kuat antara sekularisme dan agama di Mesrir, " kata Youssef kepada IOL.

Pemerintah tidak memberitahukan orang-orang apa yang harus dan apa yang tidak boleh di pakai, tetapi di waktu yang sama membiarkan para pemilik hotel dan tempat-tempat swasta melakukan apa yang mereka inginkan kepada klien mereka.

Secara resmi Mesir tidak melarang burkini, jilbab atau niqab, tetapi beberapa pejabat yang berkuasa menjalankan peraturan agama, telah berbicara menentang hal itu.

Beberapa orang pemilik hotel-hotel dan resort di Mesir, sebuah negara yang membanggakan pantai indahnya di antara Laut Merah dan Mediterania, mengatakan jauhkanlah pakaian Islami untuk memuaskan orang-orang asing yang datang jutaan orang tiap tahunnya.

"Pejabat hotel melakukan ini untuk menyenangkan orang-orang non Muslim yang datang ke tempat mereka," El-awadi berpendapat.

"Tetapi di saat yang sama, mereka membiarkan turis-turis asing itu topless (telanjang dada) ke kolam renang tanpa di usir dan di marahi.

"Tetapi di saat yang sama , mereka membiarkan turis-turis asing itu topless (telanjang dada) ke kolam renang tanpa di usir dan di marahi.

Tahun lalu Mesir menerima lebih dari 11 juta wisatawan. Pariwisata negara tersebut memperoleh pendapatan 10,5 milyar dolar pada tahun fiskal hingga juni ini, data menurut Bank Sentral Mesir

Anehnya, meskipun hal ini tengah  terjadi terhadap kaum Muslim yang ada di Mesir,  banyak negara-negara barat, yang justru mayoritas penduduknya bukan Muslim, mengijinkan  perempuan Muslim untuk menggunkan burkini ketika berenang di kolam renang umum.

Aawal pekan ini, pihak berwenang di kota Oslo Norwegia memperbolehkan bagi muslimah untuk berenang di kolam renang umum di kota dengan memakai burkini.

Negara lain yang membolehkan muslimah menggunakan pakaian renang Islami adalah Australia, Inggris, dan Amerika Serikat. (aa/IOL)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X