Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.115 views

Dana Pembelaan Kasus Geert Wilders

Proses pengadilan politikus Belanda Geert Wilders, yang sudah lama dinantikan dimulai pekan ini.

Belanda (voa-islam.com): Dia menyebarkan kebencian dan terancam proses pengadilan yang bisa berjalan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.  Tapi Wilders tidak kaya raya, jadi dari mana dia mendapatkan dana untuk membiayai pembelaannya?

Biaya pengacara
Geert Wildres tidak merasa penting membeberkan sumber dananya. "Saya tidak tahu mengapa semuanya harus tahu. Yang penting adalah semua rekening pengacara terbayar. Dari mana atau dari siapa uangnya, bukan urusan publik."

Pembaca diminta mengirim uang ke rekening nomor Friends of the Freedom Party Foundation. Dana ini juga mendanai kegiatan-kegiatan PVV.

Tapi rakyat umum justru ingin tahu di mana dan dari mana Wilders mengumpulkan dana. Dia sudah merupakan tokoh berpengaruh di kalangan politik Belanda dan pengaruhnya semakin besar saja. Selama 10 bulan terakhir, jajak pendapat menunjukkan partai Wilders PVV, Partai Kebebasan, merupakan salah satu partai terbesar di Belanda.

Dari Amerika
Sumber dana penting untuk pembelaannya ternyata berasal dari para pendukung Wilders di Amerika Serikat. Dia sering ke sana: memutar film Fitna, berorasi, menerima penghargaan. Dan menggalang dana.

Daniel Pipes, Direktur Middle East Forum, mengumpulkan dana untuk pembelaan Geert Wilders melalui The Legal Project.

"The Legal Project berupaya sekuat tenaga bagi individu-individu yang mengangkat isu-isu Muslim dan Islam. Wilders salah satunya yang kami bantu dari segi keuangan dan lainnya. Saya menolongnya dari segi hukum dan penggalangan dana. Tapi saya tidak bisa menyebut angka … karena itu bukan urusan saya."

Pipes tidak mau berbicara rinci tentang dana untuk Wilders. Tapi kepada sebuah majalah Belanda Pipes mengatakan bahwa Wilders mengumpulkan dana sebesar enam angka pada perjalanan terakhir ke Amerika Serikat.

Pendukung antusias lainnya adalah Pamela Geller, penulis blog  yang disebut Atlas Shrug di <http://atlasshrugs2000.typepad.com/>.

"Ini bukan bisnis, tapi panggilan. Orang-orang yang mendukung Wilders. Itu suatu panggilan …. Itu kehormatan kepada seseorang yang berani mengambil resiko besar terhadap dirinya sendiri. Di satu persimpangan paling bahaya dalam sejarah manusia …"

Robert Spencer, blogger lainnya, juga setia mengunjungi berbagai acara Wilders di Amerika Serikat. Blognya Jihad Watch - <http://www.jihadwatch.org/> - juga mengumpulkan uang untuk pembelaan Wilders. Blog ini sering memojokkan pelaku-pelaku jihad.

Blog Spencer ini juga memuat pesan dari PVV: "PVV dan Geert Wilders menghadapi serangan . Biaya  pengadilan yang selangit itu bisa melumpuhkan perjuangan bagi kemerdekaan kita. Keselamatan PVV dan upaya Geert Wilders melindungi Barat kini dalam keadaan bahaya."

Pembaca diminta mengirim uang ke rekening nomor Friends of the Freedom Party Foundation. Dana ini juga mendanai kegiatan-kegiatan PVV.

Galang dana politik
Tampaknya Wildres belum menggalang dana khusus untuk pembelaannya. Menurut harian Belanda De Volkskrant, Wilders hanya menulis ulang anggaran dasar PVV untuk menambahkan pembelaannya. Ini berarti tidak ada pemisahan antara sumbangan untuk pembelaan Wilders dan sumbangan untuk kegiatan politik PVV.

Ini sulit dibuktikan. Baik Wilders maupun PVV tidak memberikan informasi soal keuangan kepada orang luar. Mereka juga tidak harus melakukannya. Undang-Undang Belanda lemah soal penggalangan dana untuk partai-partai politik.

Ruud Koole, gurubesar ilmu politik di Universitas Leiden dan pakar pendanaan partai, mengatakan bahwa baik Wilders maupun partainya tidak melakukan kesalahan.

"Penghasilan partai bisa dari mana saja. Bahkan dari suatu dana yang menerima uang untuk tujuan-tujuan lain. Selama tidak menerima subsidi pemerintah, Anda tidak wajib membeberkannya."

[rnw]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X