Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.767 views

Muslim Burma, Umat Islam Paling Teraniaya?

Bangladesh (Voa-Islam.com) - Sebuah tindakan keras terhadap pengungsi Muslim Rohingya yang tidak memiliki kewarganegaraan di Bangladesh memaksa ribuan orang untuk melarikan diri dalam ketakutan, pejabat Médecins Sans Frontieres (MSF) mengatakan.

Lebih dari 6.000 orang telah melarikan diri ke sebuah kamp darurat di perbatasan Burma-Banglades sejak Oktober - 2.000 di antaranya tiba pada bulan Januari hanya seorang diri - kata Paulus Critchly, kepala misi MSF di Bangladesh.

"Muslim Rohingya di Bangladesh saat ini merupakan korban dari kekerasan dan usaha-usaha pemulangan paksa yang belum pernah terjadi sebelumnya," katanya.

"Banyak laporan dari orang-orang yang dipaksa untuk kembali menyeberangi perbatasan. Usaha-usaha pemulangan paksa oleh Pasukan Keamanan Perbatasan Bangladesh didokumentasikan dengan baik oleh media lokal dan akan diulang dalam cerita-cerita tentang pengungsi Muslim Rohingya di seluruh distrik Cox's Bazar [sepanjang perbatasan Burma]. "

..Muslim Rohingya di Burma dilarang untuk memiliki tanah dan harus mendapat izin dari pemerintah rezim militer untuk menikah atau melakukan perjalanan. Mereka juga dilarang mempraktikkan keyakinan mereka sebagai orang yang beragama Islam..

Rohingya, sebuah kelompok etnis minoritas Muslim dari Burma, merupakan diantara kaum pengungsi yang paling miskin dan paling teraniaya di dunia. Mula-mula dari negara bagian Arakan, mereka telah kehilangan kewarganegaraan Burma sejak 1982 dan secara terus-menerus dianiaya dan dieksploitasi oleh rezim pemerintah militer.

Muslim Rohingya di Burma dilarang untuk memiliki tanah dan harus mendapat izin dari pemerintah rezim militer untuk menikah atau melakukan perjalanan. Mereka juga dilarang mempraktikkan keyakinan mereka sebagai orang yang beragama Islam dan tidak diberi akses untuk mendapat pendidikan umum atau layanan kesehatan.

Mereka secara teratur diganggu dan diusir dari rumah mereka dan sering dipaksa bekerja sebagai budak pekerja bagi militer Burma.

Tidak mengherankan, ratusan ribu dari mereka telah mengungsi, sebagian besar menyeberang ke Bangladesh, di mana mereka telah mendirikan kamp-kamp penghuni liar di distrik Cox's Bazar dan Banderban di dekat perbatasan.

Namun, negara Bangladesh yang penuh sesak dan miskin menolak untuk mengakui mereka sebagai pengungsi yang sah. Dari hampir 500,000 orang pengungsi Muslim Rohingya yang ada di negara itu, hanya 28,000 yang diakui pemerintah Bangladesh sebagai pengungsi terdaftar sedangkan sisanya mereka anggap sebagai pedatang haram.

Akibatnya, sebagian besar Muslim Rohingya yang ada di Bangladesh tinggal dalam kemiskinan dan keputusasaan.

"Mereka tetap terjebak dalam situasi putus asa tanpa masa depan, rentan terhadap serangan, perlakuan kejam dan manipulasi, serta jenis tindakan kekerasan yang intens yang mereka derita sekarang," kata MSF dalam laporan yang dikeluarkan hari ini (Kamis,18/02).

Tindakan keras Bangladesh terhadap Muslim Rohingya baru-baru ini menciptakan sebuah "bencana kemanusiaan," MSF mengingatkan.

..Mereka tetap terjebak dalam situasi putus asa tanpa masa depan, rentan terhadap serangan, perlakuan kejam dan manipulasi, serta jenis tindakan kekerasan yang intens yang mereka derita sekarang..

Dicegah dari bekerja dan menolak memberi bantuan pangan bagi para pengungsi Rohingya, Bangladesh menganggap para pengungsi Muslim Rohingya sebagai beban dan ancaman bagi pasar kerja lokal. Ketidak populeran mereka, "yang dipicu oleh media lokal, membuat mereka mudah dijadikan alat bagi politisi lokal tidak bermoral yang mengharapkan keuntungan sesaat" kata laporan itu.

Sejak Bangladesh mulai mengumpulkan orang-orang Rohingya yang tidak mereka inginkan musim gugur lalu, para pejabat MSF, yang telah memberikan pelayanan medis di Bangladesh sejak 1992, telah melihat peningkatan jumlah muslim Rohingya yang dirawat karena pemukulan, luka sabetan akibat benda tajam dan perkosaan.

Belum selesai permasalahan pengungsi Rohingya di Cox Bazaar Tiba-tiba gelombang baru pengungsi Rohingya di kamp darurat Kutupalong, dekat perbatasan Burma, juga telah menetapkan alarm berdering.

Maret tahun lalu, sebuah survei MSF menunujukkan dari lebih 20.000 pengungsi yang tidak diakui di tempat tersebut, 90% ditemukan dalam kondisi kekurangan gizi.

Dalam satu bulan, dokter MSF mendokumentasikan lebih dari 1.000 anak-anak kekurangan gizi dan merawat lebih dari 4.000 anak di bawah usia lima tahun.

"Kekurangan gizi dan angka kematian sudah melewati ambang batas darurat dan orang-orang kurang memiliki akses untuk air minum yang aman, sanitasi atau perawatan medis," kata laporan MSF. (aa/National Post)

Baca berita terkait :

1. Bangladesh Usir Kembali Pengungsi Rohingya ke Burma

2. Pengungsi Rohingya Terintimidasi di Bangladesh

3. Pengungsi Muslim Rohingya Tolak Dipulangkan ke Myanmar

4. Muslim Rohingya Dijadikan Pekerja Paksa di Burma

5. Derita Muslim Rohingnya


Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X