Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.499 views

17 Orang Terluka Dalam Bentrokan Di Masjid Al- Aqsha

YERUSALEM (voa-islam.com): Tujuh-belas orang termasuk dua tentara Israel terluka dalam bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsha Minggu (28/2), setelah polisi masuk untuk menangkap warga Palestina yang telah melempar batu ke pengunjung yang mereka percaya sebagai ekstrimis Yahudi.

Bentrokan itu terjadi setelah beberapa hari protes terhadap rencana Israel untuk merenovasi dua tempat suci lain yang diperselisihkan di Tepi Barat, yang diduduki, dan dikecam sebagai "provokasi" lagi oleh pemerintah otonomi Palestina dukungan-Barat.

Puluhan warga Palestina melempar batu ke polisi Israel yang membalas dengan gas air mata dan peluru karet dalam bentrokan di dekat tembok Kota Tua berusia 400 tahun di Jerusalem timur yang diduduki oleh Israel mulai 1967 itu.

Jurubicara polisi Micky Rosenfeld mengatakan tujuh orang telah ditangkap dan bahwa dua dari orang-orangnya cedera, sementara sumber Palestina menyatakan sedikitnya 15 orang terluka dalam konfrontasi itu.

Pasukan keamanan masuk kompleks itu "sebagai tindakan berjaga-jaga", setelah jamaah Muslim melempar batu ke kelompok pengunjung tak dikenal, kata Rosenfeld, tapi sebagian besar kekerasan itu sudah mereda.

"Seluruh Kota Tua tenang, dan ribuan wisatawan diperbolehkan mengunjungi kompleks itu," ujar Rosenfeld.

Adnan Husseini, pejabat Komite Tertinggi Islam Jerusalem, mengatakan warga Palestina itu melempar batu ke orang-orang yang mereka yakini sebagai ekstrimis Yahudi yang bermaksud berdoa di tempat itu dan mengganggu status quo yang rentan gesekan.

Orang-orang Yahudi, yang merayakan hari besar Purim pada Ahad dan Senin, diperbolehkan masuk ke kompleks itu, tapi pemerintah melarang mereka berdoa di tempat itu.

Palestina menyampaikan rasa kesalnya atas insiden itu, dan ketua juru runding Saeb Erakat meminta "intervensi mendesak" dari AS untuk minta Israel menghentikan serangannya di Al-Aqsha dan dua tempat suci lain di Tepi Barat.

"Tak masuk akal kebijakan Israel ditujukan untuk menghancurkan upaya internasional dan khususnya upaya pemerintah AS untuk memulai kembali proses perdamaian yang serius dan sejati," katanya.

Raja Abdullah II dari Jordania, yang menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel pada 1994, juga memperingatkan bahwa agresi provokatif Israel di Al-Aqsha akan menghadapi reaksi berbahaya dan dapat mengancam upaya perdamaian regional.

Sementara itu gerakan HAMAS, yang memerintah Jalur Gaza, mengecam apa yang mereka katakan sebagai "serangan kotor Zionis ... yang mentargetkan identitas rakyat Palestina, kepecayaannya, dan identitas semua negara Islam".

Kompleks Masjid Al-Aqsha adalah tempat tersuci-ketiga Umat Muslim, setelah Makkah dan Madinah, dan yang umat Islam percaya sebagai tempat Nabi Muhammad SAW melakukan Mi`raj.

Itu juga tempat tersuci di dunia bagi orang Yahudi, yang percaya itu adalah tempat Kuil Kedua, yang dibakar oleh tentara Romawi pada tahun 70 sebelum Masehi.

Tempat itu telah diperselisihkan dengan sengit selama beberapa dasawarsa, dan perlawanan Palestina, atau intifada, kedua meletus di tempat itu pada September 2000, setelah kunjungan Ariel Sharon, politikus sayap kanan yang akan menjadi PM Israel.

Kekerasan juga meletus di tempat itu pada beberapa kesempatan mulai September lalu, setelah jamaah Muslim melempar batu pada orang-orang yang mereka percaya sebagai esktrimis Yahudi, tapi yang pemerintah Israel katakan sebagai wisatawan Prancis.

Kekacauan terakhir itu terjadi setelah beberapa hari kerusuhan di kota Al-Khalil (Hebron) di Tepi Barat karena rencana Israel untuk merenovasi Makam Patriarch, tempat kuno lain yang dihormati oleh orang Yahudi dan Muslim.

Rencana itu, yang juga mencakup Masjid Bilal (Makam Rachel) di Bethlehem, telah membuat marah Palestina dan dikritik AS sebagai tindakan "rovokatif yang dapat merusak upaya untuk melancarkan kembali pembicaraan damai Timur Tengah yang telah terhenti saat Perang Gaza lebih dari satu tahun lalu.

[eb]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X