Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.871 views

Dakwah Akhwat Nakerwan Bersinar di 'Negeri Beton' Hong Kong

Hong Kong (voa-islam.com) – Ghirah keislaman yang tinggi tak bisa dipadamkan oleh kesibukan aktivitas buruh migran Indonesia (BMI) di Hong Kong. Kebangkitan Islam di negara berjuluk ‘Negeri Beton’ itu dapat dilihat dari maraknya berbagai kegiatan Islam yang dilakukan oleh muslimah-muslimah asal Indonesia.

Dua event besar-besaran digelar para nakerwan di dua tempat berbeda, pada hari libur kemarin, Ahad (20/6/2010), yaitu di Masjid Ammar Wanchai dan Victoria Park.

Di Masjid Ammar Wanchai digelar lomba pidato khusus Muslimah ini diadakan untuk menjaring muslimah-muslimah berbakat dalam tabligh. Acara yang diprakarsai oleh aliansi Gabungan Muslim Migran Indonesia (GAMMI) ini diikuti oleh lima belas organisasi Islam yang tergabung dalamnya.

Uniknya, lomba pidato ini panitia menyisipkan pesan moral dan imbauan kepada pemerintah agar tidak menzalimi para buruh migran. Pesan itu dituangkan dalam tema acara, “Dengan istiqamah dan Dzikrullah, Mari Kuatkan Semgangat Jihad. Hentikan Perampasan Upah BMI oleh Agency dan Pemerintah RI.”

Kepada voa-islam.com, Binti, ketua panitia penyelenggara, mengungkapkan harapannya agar acara itu kelak bisa menjadi sebuah proyek dakwah untuk jangka panjang.

“Dengan menjaring muslimah yang berpotensi dan berani tampil di depan publik,” tuturnya. “Mudah-mudahan bisa melatih mental muslimah untuk menyampaikan ilmu agama ke teman-temannya yang masih banyak membutuhkan sentuhan dakwah.”

Binti yang juga menjabat sebagai pengurus kesenian GAMMI ini menjelaskan, muslimah tak hanya dituntut untuk mempelajari Islam, namun juga harus berani mendakwahkan Islam semampunya pada orang-orang di sekitarnya. Karenanya, sebagai aliansi yang membawahi lima belas organisasi Islam, GAMMI berusaha selalu berekreasi membuat acara-acara yang dapat membangkitkan semangat muslimah untuk berdakwah di Hong Kong.

“Mudah-mudahan dengan acara ini semangat dakwah para muslimah di Hong Kong lebih bertambah,” harapnya. “Karena hidup sebagai kaum minoritas itu cukup berat ujiannya.”

Victoria Park Berdzikir

Tak kalah meriahnya, di lapangan Victoria Park, komunitas pengajian Mar’atus Shalihah menggelar tabligh akbar dengan mendatangkan dua ustadz dari Indonesia, Ustadz Muhammad Natta dan Ustadz Jayudi (Qori’ internasional). Acara semakin semarak dengan hadirnya Jundhi Syaputra, artis dari Jakarta. Di Hong Kong, event yang diadakan oleh Mar’atus Shalihah itu tergolong langka.

Menurut Rini, salah seorang panitia, pengajian bertajuk “Victoria berzikir” ini diadakan untuk merangkul migran Indonesia dari berbagai lapisan. “Kepada jamaah yang berjilbab semoga lebih istiqamah. Dan bagi jamaah yang  belum berjilbab, semoga hatinya terbuka setelah mengikuti pengajian ini,” harapnya.

Di bawah terik matahari musim panas yang sedang mencapai puncaknya, lebih dari seribu lima ratus jamaah antusias mengikuti pengajian hingga akhir acara.

“Alhamdulillah, para muslimah sangat bersemangat mengikuti acara ini sehari penuh, ujar dia.

Selain acara keislaman, tak lupa panitia menyelipkan pesan moral berupa presentasi tentang problematika nakerwan, antara lain praktik underpay dan overcharging. “Pengajian, zikir dan presentasi itu bertujuan mempererat tali silaturahmi antar sesama nakerwan,” jelas Nurhalimah, Ketua Komunitas Mar’atus Shalihah.

Dalam satu hari, nakerwan Indonesia sukses berdakwah dan menarik simpati muslimah-muslimah Indonesia di Hong Kong. Di negeri asing itu, para nakerwan membelanjakan waktu liburan dan harta yang diraih dengan susah payah, untuk menuntut ilmu penambah keimanan. Di tangan nakerwan itulah cahaya Islam makin bersinar di ‘negeri beton’ Hong Kong. Subhanallah!! [yulianna/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X