Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.220 views

Sopir Muslim Dipecat dari UPS Karena Memelihara Jenggot

STOCKHOLM (voa-islam.com): Dewan Kesetaraan Swedia telah mengajukan gugatan terhadap sebuah perusahaan pengiriman paket United Parcel Service (UPS) setelah perusahaan itu memecat sopir Muslim yang menolak untuk mencukur jenggot.

Dalam gugatan yang diajukan dengan Pengadilan Perburuhan Swedia pada hari Senin, Dewan berpendapat bahwa perusahaan harus membayar pria tersebut, yang seorang penduduk Spånga Stockholm utara dengan nominal 150.000 kronor ($23,000) sebagai kompensasi ditambah 42.000 kronor untuk gaji nya yang hilang, serta bungan pada kedua jumlah.

"Aturan itu tidak memiliki tujuan yang sah dan tidak tepat dan perlu," tulis Andres Wilhelmsson, pengacara kantor Dewan yang mewakili pria tersebut.

Pria itu mulai bekerja pada Juni 2010 pada perusahaan Uniflex, yang mempunyai sub kontrak dengan UPS, dan pria itu bekerja sebagai sopir. Kontrak kerjanya berlangsung selama musim panas sampai 31 Agustus, namun akan menjadi karyawan permanen UPS jika semua berjalan dengan baik.

Pria itu mulai kerja di UPS pada 7 Juni 2010, pekan pertama dikhususkan untuk pelatihan. Selama waktu itu tidak ada yang mengatakan tentang jenggotnya, menurut gugatan.

Namun pada Senin berikutnya, sebelum memulai kerja di hari pertama, atasannya langsung mengatakan kepadanya ia harus mencukur jenggot keesokan harinya.

Karena ada rekan lain di sekitarnya, pria itu menunggu sampai sore hari untuk berbicara dengan atasannya lagi, tetapi ia tidak dapat bertemu dengan atasannya sampai keesokan paginya.

Pria itu mengatakan kepada atasannya bahwa dia adalah seorang Muslim dan itu bertentangan dengan keyakinan agamanya jika ia mencukur jenggot.

Atasannya menganggap alasan pria itu aneh karena pekerja lain di UPS yang juga Muslim dan tidak memelihara jenggot. Atasan itu kemudian mengulangi aturannya lagi agar sopir itu mencukur jenggot karena itu akan terlihat bersih dan rapi.

Menurut gugatan, sopir tersebut menjelaskan ada perbedaan pemahaman tentang Islam. Ia lalu bertanya kepada atasannya apakah mungkin untuk memberinya pengecualian karena ia memiliki alasan keagamaan dan jenggotnya tidak terlalu lebat.

Atasannya kemudian mengatakan akan membahas masalah itu dengan para SDM. Akhirnya atasannya memutuskan bahwa UPS telah memiliki kebijakan dan perusahaan tidak bisa membuat pengecualian.

Sopir itu menekankan bahwa itu adalah keputusan yang sulit baginya karena ia ingin tetap di UPS, tetapi dia telah memikirkan seluruh situasi dengan hati-hati dan ia tetap akan pada pendiriannya untuk tidak mencukur jenggotnya.

Manajernya kemudian memberitahu sopir tersebut kalau kontraknya akan diakhiri dan meminta seragam kerja dikembalikan. Karena posisi sopir itu di Uniflex tergantung pada kontrak, ia juga akan kehilangan pekerjaannya di Uniflex setelah dipecat dari UPS.

Dewan Kesetaraan Swedia lalu berpendapat dalam gugatannya bahwa larangan perusahaan mengenai memelihara jenggot sulit untuk dipenuhi karena itu menyentuh pada keputusan berdasarkan agama atau kepercayaan.

Dengan demikian, orang yang dirugikan oleh penetapan aturan yang seolah-olah netral bisa secara khusus dianggap telah didiskriminasikan atas keyakinan agamanya. Dalam hal ini sopir tersebut telah didiskriminasi oleh perusahaannya karena ia dilarang memelihara jenggot.

Seorang Muslim di negara Eropa saja sampai sedemikian rupa bisa memegang prinsip dalam meyakini bahwa memelihara jenggot adalah wajib, bagaimana dengan kita Muslim di Indonesia yang mayoritas beragama Islam ini? [Za/thelocal]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X