Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.401 views

Inikah Calon Pengganti Sheikh Usamah Bin Ladin?

Voa-Islam.com - Pemimpin tertinggi Al-Qaeda Sheikh Usamah Bin Ladin dilaporkan telah gugur dalam serangan yang dilakukan oleh Amerika Serikat di Abbotabad, Pakistan Ahad malam. Tersebarnya berita ini kemudian menimbulkan spekulasi bagi banyak orang tentang siapa yang akan menggantikan dirinya sebagai pucuk pimpinan tertinggi organisasi pejuang Islam yang sangat ditakuti oleh Amerika dan para sekutunya tersebut.

Amerika Serikat sendiri, setelah serangan 11 September 2001, telah mengeluarkan daftar orang-orang yang diduga sebagai pemimpin dari Al-Qaeda. Banyak dari mereka yang masuk dalam daftar tersebut kini telah ditangkap atau gugur, termasuk Sheikh Usamah Bin Ladin, sementara beberapa nama-nama baru juga telah muncul. Akankah mereka merupakan orang-orang yang akan menggantikan Sheikh Usamah Bin Ladin, Wallahu A'lam, karena hingga kini Al-Qaeda sendiri secara resmi belum merilis berita gugurnya Sheik Osama Bin Laden atau pun juga orang yang akan menggantikan dirinya sebagai pucuk pimpinan tertinggi Al-Qaeda.

Berikut ini adalah nama-nama sebagian dari para pemimpin Al-Qaeda tersebut

Ayman al-Zawahiri

Ayman al-Zawahiri, seorang ahli bedah mata yang membantu mendirikan kelompok militan Jihad Islam Mesir, diharapkan untuk menggantikan Sheikh Usamah Bin Ladin sebagai pemimpin al-Qaeda.

Dia sudah menjadi ketua ideolog kelompok Al-Qaeda dan dipercaya oleh beberapa ahli telah menjadi "otak operasional" di balik serangan 11 September 2001 di AS.

Zawahiri orang nomor dua - di atasnya hanya Usamah Bin Ladin - dalam daftar  22 "teroris yang paling dicari" yang diumumkan oleh pemerintah AS pada tahun 2001 dan hadiah yang dijanjikan oleh AS terus naik hingga mencapai $ 25 juta untuk kepalanya.

Zawahiri dilaporkan terakhir terlihat di kota Khost Afghanistan timur pada bulan Oktober 2001, dan bersembunyi setelah koalisi pimpinan Amerika menggulingkan Taliban.

Dia dianggap bersembunyi di daerah pegunungan di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan dengan bantuan suku-suku lokal yang simpatik. Namun, pembunuhan terhadap Bin Laden pada tanggal 1 Mei 2011 di Abbottabad, utara ibukota Islamabad Pakistan, menunjukkan ini tidak mungkin terjadi. Istri dan anak-anak Aiman Al-Zawahiri dilaporkan tewas dalam serangan udara AS di akhir 2001.

Zawahiri adalah untuk juru bicara Al-Qaeda paling menonjol, muncul dalam 40 video dan kaset audio sejak 2003 - yang terakhir pada bulan April 2011 - ketika  kelompok Al-Qaeda berusaha meradikalisasi dan merekrut Muslim di seluruh dunia.

Dia juga telah didakwa di Amerika Serikat karena perannya dalam pemboman kedutaan AS di Afrika tahun 1998, dan dihukum mati di Mesir secara in absentia untuk kegiatan yang terkait dengan Jihad Islam pada tahun 1990an.

Abu Yahya al-Liby

Abu Yahya al-Liby, juga dikenal sebagai Hasan Qayid dan Yunis al-Sahrawi, diperkirakan telah menjadi anggota Libya Islam Fighting Group (LIFG) sebelum ia bersekutu kepada Sheikh Usamah Bin Ladin.

Dia telah muncul sebagai teolog Al-Qaeda terkemuka, dan wajahnya paling terlihat pada video, melebihi Ayman al-Zawahri dalam beberapa tahun terakhir.

Liby diyakini telah menghabiskan lima tahun sebagai mahasiswa agama di Mauritania pada 1990-an.

Dia menyatakan ia ditangkap oleh pasukan Pakistan pada tahun 2002 dan kemudian dikirim ke pangkalan udara militer AS di Bagram di Afghanistan, dari mana ia melarikan diri pada bulan Juli 2005 bersama dengan tiga anggota Al-Qaeda lainnya.

Al-Qaeda menyebut Liby sebagai komandan lapangan di Afghanistan, meskipun ia menyebut dirinya di banyak video sebagai sarjana teologi, dan berbicara tentang berbagai isu-isu global yang penting bagi kelompok tersebut.

Khalid al-Habib

Khalid al-Habib, dianggap sebagai warga Mesir atau Maroko, telah diidentifikasi dalam sebuah video bulan November 2005 sebagai komandan lapangan Al-Qaeda di tenggara  Afghanistan, sedangkan Abdul-Hadi al-Irak disebut sebagai komandan di barat daya.

Habib tampaknya diasumsikan mempunyai perintah secara keseluruhan setelah penangkapan yang terakhir di tahun 2006.

Dia digambarkan sebagai "komandan militer" Al-Qaeda di bulan Juli 2008.

Para pejabat militer AS mengatakan ia mengawasi operasi "internal" Al-Qaeda di Afghanistan dan utara Pakistan.

Habib kemungkinan beroperasi dibawah sebuah identitas palsu, menurut beberapa analis. Salah satu nama gerilyanya diyakini adalah Khalid al-Harbi.

Adnan el Shukrijumah

Pada bulan Agustus 2010, FBI mengatakan Adnan Gulshair el Shukrijumah telah mengambil alih sebagai pimpinan "dewan operasi eksternal" Al-Qaeda. Setelah tinggal selama lebih dari 15 tahun di AS, ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Al-Qaeda yang akrab dengan masyarakat Amerika telah ditempatkan bertanggung jawab atas perencanaan serangan untuk kelompok tersebut di luar Afghanistan.

Posisi seperti itu - pernah dipegang oleh orang yang dituduh sebagai dalang 9 September 2001, Khalid Sheikh Mohammed - memerlukan kontak teratur dengan pemimpin senior dan komandan militer Al-Qaeda, dan membuat dia mungkin akan dibunuh atau ditangkap.

Lahir di Arab Saudi, Shukrijumah pindah ke AS ketika ayahnya, seorang ulama Muslim, menempati jabatan di sebuah masjid di Brooklyn. Mereka kemudian pindah ke Florida.

Pada akhir 1990-an, ia menjadi yakin bahwa ia harus berpartisipasi dalam jihad di lapangan seperti Chechnya, dan berangkat ke kamp-kamp pelatihan di Afghanistan.

Shukrijumah telah disebut dalam surat dakwaan federal AS sebagai konspirator dalam kasus terhadap tiga orang yang dituduh merencanakan serangan bom bunuh diri di sistem kereta bawah tanah New York pada tahun 2009. Ia juga diduga memainkan peran dalam merencanakan serangan Al-Qaeda di Panama, Norwegia dan Inggris.

Atiyah Abdul Rahman


Seorang Libya, Atiyah Abdul Rahman bergabung dengan Sheikh Usamah Bin Ladin di Afghanistan ketika remaja pada 1980-an.

Sejak itu, ia telah mendapatkan tempat  yang cukup tinggi di Al-Qaeda sebagai pakar bahan peledak dan sarjana Islam.

Dia mundur dengan Bin Ladin ke daerah pegunungan perbatasan Afghanistan-Pakistan di akhir 2001, dan sejak itu menjadi penghubung untuk kelompok-kelompok pejuang Islam di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Pada bulan Juni 2006, militer AS menemukan sebuah surat yang ditulisnya kepada Abu Musab al-Zarqawi, warga Yordania yang menjalankan Al-Qaeda di Irak.

Atiyah Abdul Rahman dikatakan telah berhasil memprakarsai suatu aliansi resmi dengan Kelompok Salafi Aljazair untuk Dakwah dan Jihad (GSPC), yang berganti nama menjadi  Al-Qaeda di Maghreb Islam.

Saif al-Adel

Seorang warga negara Mesir, Saif al-Adel adalah nama gerilya dari seorang mantan kolonel tentara Mesir, Muhammad Ibrahim Makkawi. Ia pergi ke Afghanistan pada 1980-an untuk melawan pasukan Soviet dengan mujahidin.

Adel pernah menjadi salah satu kepala keamanan Usamah Bin Ladin, dan diasumsikan mengambil alih banyak tugas dari komandan militer Mohammed Atef setelah kematiannya dalam serangan udara AS pada bulan November 2001.

Dia diduga terlibat dalam pemboman kedutaan AS  tahun 1998 di Afrika Timur, pelatihan para pejuang Somalia yang menewaskan 18 petugas AS di Mogadishu pada tahun 1993, dan melatih beberapa pembajak 11 September 2001.

Pada tahun 1987, Mesir menuduh Adel berusaha untuk mendirikan sebuah sayap militer dari kelompok militan Islam al-Jihad, dan berusaha untuk menggulingkan pemerintah.

Setelah invasi ke Afghanistan, Adel diyakini telah meloloskan diri ke Iran dengan Suleiman Abu Ghaith dan Saad Bin Laden, putra pemimpin Al-Qaeda Usamah Bin Ladin. Mereka kemudian diduga ditahan di bawah tahanan rumah oleh Korps Pengawal Revolusi  Iran (IRGC). Iran sendiri tidak pernah mengakui keberadaan mereka.

Beberapa surat  dan laporan internet yang menghubungkan nama atau alias Adel  telah dirilis sejak tahun 2002, yang menyebabkan analis percaya dia masih menjalin kontak dengan para pemimpin al-Qaeda di wilayah tersebut.

Laporan terbaru mengatakan Adel mungkin telah dibebaskan dan pergi ke Pakistan utara, bersama dengan Saad Bin Laden.

Mustafa Hamid

Mustafa Hamid, ayah mertua Saif al-Adel, menjabat sebagai instruktur dalam taktik di kamp Al-Qaeda di dekat Jalalabad dan merupakan penghubung antara kelompok tersebut dan pemerintah Iran, menurut AS.

Setelah jatuhnya Taliban, ia dikatakan telah menegosiasikan relokasi yang aman terhadap beberapa anggota al-Qaeda senior dan keluarga mereka ke Iran. Pada pertengahan tahun 2003, Hamid ditangkap oleh pemerintah Iran.

Saad Bin Laden

Saad Bin Laden, salah seorang putra Usama Bin Ladin, telah terlibat dalam kegiatan-kegiatan Al-Qaeda. Pada tahun 2001-an, ia membantu keluarganya meloloskan diri ke Iran.

Dia membuat keputusan kunci untuk al-Qaeda dan merupakan bagian dari sekelompok kecil dari anggota Al-Qaeda yang terlibat dalam pengelolaan organisasi itu dari Iran, menurut para pejabat AS. Ia ditangkap oleh pemerintah Iran pada awal 2003, namun laporan baru-baru ini mengatakan ia mungkin telah dilepas dan pergi ke Pakistan utara.

Para pejabat Amerika mengatakan seorang "anak dewasa" Usama Bin Ladin meninggal bersamanya dalam serangan di Abbottabad pada Mei 2011.  Namun tidak diketahui apakah itu Saad.

Hamza al-Jawfi

Hamza al-Jawfi, seorang warga Teluk Arab, diyakini oleh beberapa orang telah menjadi kepala operasi eksternal Al-Qaeda setelah meniggalnya Abu Ubaida al-Masri akibat hepatitis C pada bulan Desember 2007. Namun, FBI mengatakan tahun ini bahwa Adnan el Shukrijumah diduga menjalankan tugas ini.

Matiur Rehman

Matiur Rehman adalah pejuang islam asal Pakistan yang telah diidentifikasi sebagai kepala perencanaan Al-Qaeda. Dia dikatakan telah mengarsiteki rencana serangan "bom cair" yang gagal untuk meledakkan pesawat penumpang diatas Atlantik pada tahun 2006.

Abu Khalil al-Madani

Sedikit yang diketahui tentang Abu Khalil al-Madani, yang diidentifikasi sebagai anggota dewan Syura Al-Qaeda dalam sebuah video bulan Juli 2008. Namanya menunjukkan dia warga Saudi.

Midhat Mursi

Seorang ahli kimia Mesir, Midhat Mursi al-Sayid Umar diduga mengawasi upaya Al-Qaeda untuk mengembangkan senjata kimia dan biologi.

Juga dikenal sebagai Abu Khabab, ia meninggalkan Mesir untuk melawan Soviet pada tahun 1980-an. Seorang kawannya  sesama mujahidin mengatakan dia lambat untuk bergabung dengan Al-Qaeda karena dia tidak setuju dengan strategi pusat kelompok dan bukan seorang sekutu Ayman al-Zawahiri, tapi kemudian berubah pikiran.

Mursi adalah seorang pelatih di kamp Al-Qaeda Derunta di Afghanistan ketika didirikan pada akhir 1990-an.

Selain mengajar kursus bahan peledak konvensional, ia menulis buku panduan tentang cara untuk membuat senjata beracun dan melakukan berbagai eksperimen sebagai bagian dari Proyek al-Zabadi, atau "susu kental".

AS percaya bahwa dia mungkin tinggal di Pakistan, meskipun laporan lain menunjukkan ia meloloskan diri ke Gorge Pankisi di wilayah Kaukasus pada tahun 2001. Para pejabat intelijen AS tidak percaya dia menempati posisi kepemimpinan senior.

Mohammed Ahmed Fahd al-Quso

Fahd al-Quso dicari sehubungan dengan serangan bom tahun 2000 terhadap kapal induk USS Cole di Aden, yang mengakibatkan kematian atas 17 marinir AS.

Pada bulan April 2003, ia ditahan oleh otoritas Yaman sehubungan dengan serangan ketika ia melarikan diri. Dia ditangkap kembali 11 bulan kemudian, tetapi dibebaskan dari penjara awal tahun 2007 meskipun diprotes AS.

Sebagian berpikir bahwa ia masih di Yaman, namun laporan mengatakan ia mungkin telah gugur akibat serangan AS drone pada bulan September di Waziristan Utara, Pakistan.

Adam Gadahn

Adam Gadahn, seorang warga negara Amerika Serikat yang dibesarkan di California, telah muncul sebagai propagandis kelas tinggi  untuk Al-Qaeda, yang muncul dalam serangkaian video.

Setelah memeluk Islam ketika remaja, ia pindah pada tahun 1998 ke Pakistan dan menikah dengan seorang pengungsi Afghanistan. Gadahn melakukan penerjemahan untuk Al-Qaeda dan berhubungan dengan komandan lapangan Al-Qaeda yang tertangkap, Abu Zubaydah. Ia juga diduga telah mendapatkan pelatihan di sebuah kamp pejuang Islam di Afghanistan.

Pada tahun 2004, departemen keadilan AS menyebutnya sebagai salah satu dari tujuh operator Al-Qaeda yang merencanakan serangan yang akan segera terjadi di AS. Tak lama kemudian, ia muncul dalam video atas nama Al-Qaeda, dan mengidentifikasi dirinya sebagai "Azzam Amerika".

Pada bulan September 2006, ia muncul dalam sebuah video dengan Ayman al-Zawahiri dan mendesak rekan-rekannya dari Amerika untuk masuk Islam dan mendukung Al-Qaeda.

Bulan berikutnya, Gadahn menjadi warga AS pertama yang didakwa dengan pengkhianatan sejak Perang Dunia II. Surat dakwaan tersebut mengatakan dia "sengaja setia kepada musuh Amerika Serikat ... dengan maksud untuk mengkhianati Amerika Serikat". Sebuah hadiah sebesar $ 1 juta dijanjikan untuk kepalanya.

Para pengamat mengatakan Gadahn bukan bagian dari pemimpin senior al-Qaeda, dan tidak memiliki peran signifikansi apapun baik secara operasional atau ideologis.

Nasser Abdul Karim al-Wuhayshi

Nasser Abdul Karim al-Wuhayshi, mantan seorang pembantu Osama Bin Laden, adalah pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), yang dibentuk pada 2009 dalam penggabungan antara dua cabang Al-Qaeda di Arab Saudi dan Yaman.

Pejabat anti terorisme AS mengatakan AQAP adalah "cabang operasi yang paling aktif "dari  Al-Qaeda di luar Pakistan dan Afghanistan.

Wuhayshi, yang berasal dari Governorat Yaman selatan, al-Baida, menghabiskan waktu di lembaga agama sebelum melakukan perjalanan ke Afghanistan pada akhir 1990-an.

Dia berperang dalam pertempuran Tora Bora pada bulan Desember 2001, sebelum meloloskan diri dari perbatasan ke Iran, di mana ia akhirnya ditangkap. Ia diekstradisi ke Yaman pada tahun 2003.

Pada bulan Februari 2006, Wuhayshi dan 22 orang lainnya yang diduga anggota Al-Qaeda berhasil meloloskan diri dari sebuah penjara di Sanaa. Di antara mereka juga Jamal al-Badawi, orang yang dituduh sebagai dalang pemboman USS Cole, dan Qasim al-Raymi, komandan militer Al-qaeda di Semenanjung Arab itu.

Setelah pelarian mereka dari penjara, Wuhayshi dan Raymi dikatakan telah mengawasi pembentukan Al-Qaeda di Yaman, yang keduanya merekrut anggota baru dan para pejuang Arab yang kembali dari Irak dan Afghanistan.

Kelompok ini mengaku bertanggung jawab atas dua serangan bom jihad yang menewaskan enam turis Barat sebelum terkait dengan serangan terhadap kedutaan besar AS di Sanaa pada tahun 2008, di mana 10 penjaga keamanan Yaman dan empat warga sipil tewas.

Empat bulan kemudian, Wuhayshi mengumumkan dalam video penggabungan dari cabang Al-Qaeda di Yaman dan Arab Saudi untuk membentuk "Organisasi Jihad al-Qaeda di Semenanjung Arab".

Operasi pertama Kelompok tersebut di luar Yaman dilakukan di Arab Saudi pada bulan Agustus 2009 terhadap kepala keamanan kerajaan Saudi, Pangeran Muhammad bin Nayef, meskipun dia selamat.

kelompok tersebut kemudian dikatakan berada di balik upaya untuk meledakkan jet penumpang AS yang terbang ke Detroit pada 25 Desember 2009. Seorang pria Nigeria yang didakwa terkait dengan insiden tersebut mengatakan para agen lapangan AQAP  telah melatihnya.

Anwar Al-Awlaki

Seorang ulama Muslim Amerika keturunan Yaman, Anwar Al-Awlaki telah dikaitkan dengan serangkaian serangan dan perencanaan di seluruh dunia - dari serangan 11 September 2001 hingga penembakan di Fort Hood pada bulan November 2009.

Sejak kepergiannya ke Yaman pada Desember 2007,  Awlaki secara jelas mengesahkan jihad sebagai kewajiban agama dalam khotbah-khotbahnya dan di internet yang diperkirakan telah mengilhami anggota baru untuk militansi Islam.

Pejabat AS mengatakan dia juga seorang pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab, sebuah cabang dari jaringan pejuang Islam di Arab Saudi dan Yaman, dan membantu merekrut Umar Farouk Abdulmutallab, warga Nigeria yang dituduh berusaha meledakkan sebuah pesawat penumpang ketika pesawat itu terbang ke Detroit pada 25 Desember 2009.

Setelah serangan yang gagal, Presiden Barack Obama mengambil langkah otorisasi luar biasa  kepada Central Intelligence Agency (CIA) untuk membunuhnya. Tak lama kemudian, Awlaki selamat serangan udara di Yaman selatan.

Awlaki saat ini dianggap bersembunyi di pegunungan governorates Shabwa dan Marib, di bawah perlindungan suku besar dan kuat Awalik, yang ia merupakan anggotanya. Keluarganya mengatakan ia bukan teroris.

Abu Mush'ab Abdel wadoud

Seorang mantan mahasiswa sains dan pembuat bom terkenal, Abdel wadoud adalah pemimpin Al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM).

Ia menjadi pemimpin kepala organisasi pejuang Islam Aljazair, Kelompok Salafi untuk Dakwah dan Jihad (GSPC), pada pertengahan tahun 2004, menggantikan Nabil Sahraoui yang gugur dalam operasi militer besar-besaran.

Setelah keluar dari universitas pada tahun 1995, Abdel wadoud bergabung dengan Kelompok Islam Bersenjata (GIA), sebagai awal dari GSPC yang tujuannya mendirikan negara Islam di Aljazair. Dia dikatakan menjadi anggota GSPC pada tahun 1998.

Abdel wadoud, yang nama aslinya adalah Abdel malek Droukdel, adalah salah satu penandatangan pernyataan pengumuman aliansi dengan al-Qaeda pada tahun 2003.

Pada bulan September 2006, GSPC mengatakan telah bergabung dengan Al-Qaeda, dan pada Januari 2007 kelompok itu mengumumkan telah berganti nama menjadi "Al-Qaeda di Tanah Maghreb Islam" untuk mencerminkan kesetiaan nya. Abdelwadoud mengatakan dia berkonsultasi Ayman al-Zawahiri tentang rencana kelompok tersebut.

Tiga bulan kemudian, 33 orang tewas dalam serangan bom di gedung pemerintah di Algiers. Abdelwadoud diduga mengawasi operasi tersebut. Bulan Desember tahun yang sama, bom mobil kembar menewaskan sedikitnya 37 orang di ibukota.

Ambisi dari kepemimpinan kelompok tersebut melebar, dan kemudian melakukan sejumlah serangan di Afrika Utara. Ia juga menyatakan keinginannya untuk menyerang sasaran-sasaran Barat dan mengirim mujahidin ke Irak. (up/bbc)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X