Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.373 views

600 Pejuang Pro Al-Qaeda Bebas dari Penjara Rezim Kadhafi

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Mantan mujahid Libya yang kini menjadi tokoh gerakan deradikalisasi Islam, No'man Ben otman mengatakan bahwa ratusan pejuang Islam berada di antara para tahanan yang dibebaskan dari penjara terkenal Tripoli Rabu (24/08/2011).

Para pejuang Islam yang telah dibebaskan tersebut telah dipenjarakan di penjara Abu Salim Tripoli oleh rezim Muammar Kadhafi selama puncak pemberontakan di Irak, menurut No'man Ben otman, salah seorang dari tokoh senior di Kelompok Pejuang Islam Libya (LIFG). Ben Otman mengatakan ia yakin sebanyak 600 militan mungkin di antara populasi penjara di Abu Salim.

Tidak diketahui berapa banyak tahanan yang ditahan dalam fasilitas yang luas tersebut. Human Rights Watch menyatakan penjara Kadhafi itu "telah diisi hingga penuh, dalam beberapa bulan terakhir dengan ribuan orang yang ditangkap karena mengambil bagian dalam protes anti-Kadhafi, atau karena mereka diduga meberikan dukungan untuk oposisi demokratik Libya."

Kelompok hak asasi manusia, yang baru-baru ini mengirim sebuah tim mengunjungi penjara itu, memperkirakan bahwa sebelum pemberontakan, ada beberapa ratus pejuang Islam yang ditahan di penjara Abu Salim.

Ben Otman mengatakan banyak dari para pejuang Islam yang dilepas tersebut pro-Al-Qaeda.

"Tidak ada yang tahu apa yang akan dilakukan oleh para tahanan yang dibebaskan ini selanjutnya," katanya. "Apakah mereka akan ambil bagian dalam pertempuran dan jika mereka melakukannya mereka akan bergabung dengan brigade pemberontak yang sudah ada atau membentuk pasukan tempur yang terpisah?"

Ben Otman, yang sekarang menjadi seorang analis senior di Yayasan Quilliam di London, mengatakan bahwa para tahanan yang dibebaskan tersebut adalah kaum Salafi jihadi, yang telah memperoleh tempat di Libya dalam beberapa tahun terakhir.

Rezim Kadhafi memenjarakan  ribuan ornag yang dicurigai pro-Al-Qaeda setelah invasi AS tahun 2003 memicu radikalisasi Irak di Libya, khususnya di provinsi-provinsi bagian timur yang miskin. Menurut Benotman, mereka yang ditangkap oleh rezim termasuk pejuang Islam yang mencoba melakukan perjalanan ke Irak dan beberapa orang yang telah kembali dari memerangi pasukan AS di sana. Dia mengatakan banyak dari mereka telah dibebaskan oleh rezim Kadhafi.

..Rezim Kadhafi memenjarakan  ribuan ornag yang dicurigai pro-Al-Qaeda setelah invasi AS tahun 2003 memicu radikalisasi Irak di Libya..

Catatan internal Al-Qaeda di Irak yang disita oleh militer AS pada tahun 2007 menunjukkan bahwa lebih banyak warga Libya proporsional yang melakukan perjalanan untuk berperang dengan Al-Qaeda di Irak daripada dari negara Arab lainnya. Beberapa melihat pertempuran di Irak sebagai "tindakan terakhir bagi pembangkangan terhadap rezim Kadhafi," menurut kabel rahasia Departemen Luar Negeri AS tahun 2008 yang dipublikasikan oleh situs WikiLeaks, karena persesuaian pada waktu antara Kadhafi dan Amerika Serikat.

Pembebasan penjara hari Rabu, yang terjadi saat pasukan pemberontak menguasai daerah Abu Salim di Tripoli, yang datang ketika kaum Islamis mengambil peran yang semakin menonjol dalam memerangi rezim Kadhafi - sampai menarik perhatian beberapa pihak di Barat.

Mantan anggota Kelompok Pejuang Islam Libya (LIFG) telah mengambil posisi kepemimpinan dalam beberapa brigade pemberontak, menurut Ben Otman. karisma dan kemampuan menonjol mereka saat ini, katanya, adalah karena mobilisasi mereka yang cepat - ketika oposisi bersenjata menggantikan protes damai di Libya - dan nilai keterampilan militer mereka.

Ben Otman mengatakan bahwa mantan anggota LIFG yang telah kembali mengangkat senjata telah menyatukan upaya mereka dengan pasukan pemberontak dan tidak beroperasi sebagai kelompok bersenjata yang terpisah. Sebaliknya mereka telah menciptakan sebuah organisasi politik baru yang disebut Gerakan Islam untuk Perubahan, yang Ben Otman katakan berkomitmen untuk bekerja dalam proses demokrasi di masa depan.

Dia mengatakan unit Islam lainnya beroperasi di Libya tetapi tidak mengetahui adanya mantan anggota kelompoknya yang berjuang dengan mereka.

Benotman mengatakan bahwa hal itu akan menjadi penting untuk Dewan Transisi Nasional untuk terus mencermati atas pejuang Islam yang di dibebaskan dari penjara Abu Salim - terutama jika mereka mulai beroperasi sebagai kelompok di luar rantai komando NTC. Menurut Benotman, kehadiran mantan pemimpin LIFG di jajaran pemberontak seperti Abdullah Sadeeq dapat membantu mencegah hal ini terjadi.

Para anggota LIFG dan generasi muda Salafi jihadi sering dikurung di sayap yang sama dari penjara Abu Salim. Ben otman percaya kehadiran mantan komandan LIFG di garis depan pemberontak akan meningkatkan kredibilitas mereka di antara tahanan yang dibebaskan.

Namun dia mengatakan beberapa di antara generasi muda jihadis sudah mulai beroperasi di luar orbit NTC. Di timur, di mana secara historis menjalankan radikalisasi tertinggi, para Salafi jihadi muda telah dikaitkan dengan militan asing dan bahkan mungkin sudah memulai kamp-kamp pelatihan mereka sendiri untuk melatih para sukarelawan untuk melawan rezim Khadafi, menurut Benotman. Sejumlah mujahid, katanya, telah memasuki Libya dari negara-negara Arab lainnya. Pada bulan Juni, NTC menahan dua mujahid Yordania di timur Brega Libya dan mengusir mereka, menurut Benotman.

Tetangga Libya, Aljazair, yang mengobarkan pertempuran panjang melawan gerilyawan Islam di tahun 1990-an, telah menyatakan keprihatinan ketidakstabilan di Libya dieksploitasi oleh al Qaida di Maghreb Islam dan kelompok-kelompok jihad lainnya. Pejabat Aljazair juga khawatir bahwa senjata seperti rudal darat-ke-udara rudal mungkin telah jatuh ke tangan pejuang Islamn, kekhawatiran yang juga telah diungkapkan oleh para komandan AS. (st/CNN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X