Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.193 views

Aljazair Sebut Boko Haram Terkait dengan Al-Qaeda

ALJIR, ALJAZAIR (voa-islam.com) -  Laporan-laporan intelijen menunjukkan adanya koordinasi antara kelompok Islam Boko Haram Nigeria dan Al-Qaeda cabang Afrika Utara yang berbasis di Aljazair, kata wakil menteri luar negeri Aljazair, Ahad.

Boko Haram telah menewaskan puluhan orang di Nigeria, dan ahli keamanan Barat mengatakan setiap hunbungan dengan Al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM) bisa membuatnya menjadi ancaman yang lebih kuat, terutama untuk sektor energi Nigeria.

"Kami tidak memiliki keraguan bahwa ada koordinasi antara Boko Haram dan Al-Qaeda," kata Abdelkader Messahel kepada para wartawan. "Cara kedua kelompok tersebut beroperasi dan laporan intelijen menunjukkan bahwa ada kerjasama diantara mereka."

AQIM tumbuh dari konflik di Aljazair antara pemerintah dan militan Islam. Dalam beberapa tahun terakhir kelompok itu telah memperluas kegiatan mereka  mencakup Mali, Niger dan Mauritania tetapi tidak diperkirakan telah mencapai jauh ke selatan seperti Nigeria.

..Kami tidak memiliki keraguan bahwa ada koordinasi antara Boko Haram dan Al-Qaeda..

Penilaian Aljazair tentang hubungan antara AQIM dan Boko Haram membebani pihak berwenang karena Aljazair memiliki operasi gabungan intelijen terbesar terhadap Al-Qaeda dari negara manapun di kawasan tersebut.

Pernyataan wakil menteri luar negeri Aljazair ini sesuai dengan pandangan beberapa pihak di militer Nigeria yang juga mengatakan Boko Haram semakin meningkatkan hubungan dengan gerakan jihad global.

Sebelumnya seorang perwira senior di Joint Task Force Nigeria, Letnan Kolonel Hassan Mohammed mngatakan bahwa ia percaya bahwa Boko Haram memiliki keterkaitan dengan Al-Qaeda.

"Boko Haram adalah Al-Qaeda," aku melihat hubungan yang sempurna antara keduanya," kata Mohammed. Hubungan ini melintasi batas-batas wilayah, Al-Qaeda tidak memiliki batas, Boko Haram tidak memiliki batas, semuanya teroris, satu masalah yang sama.

..Boko Haram adalah Al-Qaeda," aku melihat hubungan yang sempurna antara keduanya..

Boko Haram yang dalam bahasa Hausa berarti "Pendidikan barat adalah haram" merupakan kelompok Islamis yang menginginkan hukum Syariah ditegakkan di seluruh Nigeria.

Boko Haram mengatakan bertanggung jawab atas beberapa serangan bersenjata dan bom di Borno dan negara bagian utara Nigeria lainnya termasuk serangan baru-baru ini yang menewaskan lebih dari 150 orang di negara bagian Yobe.

Boko Haram juga mengklaim berada di balik serangan bom jibaku di gedung PBB di ibukota Nigeria, Abuja, pada bulan Agustus tahun ini. Setidaknya 23 orang tewas dan 76 terluka dalam serangan itu.

Ini merupakan penggunaan bom jibaku pertama yang diketahui di Nigeria, sebuah taktik yang umum digunakan oleh AQIM di Aljazair.

Wakil menteri luar negeri Aljazair mengatakan bahwa dalam penjelasan hubungan antara Boko Haram dan AQIM, para pejabat Nigeria dijadwalkan untuk menghadiri pertemuan puncak regional di Mauritania pada bulan Desember untuk mengkoordinasikan perang melawan Al-Qaeda. (an/reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X