Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.705 views

Ribuan Wanita Mesir Berdemo Mengutuk Perlakuan Kejam Militer

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Ribuan perempuan Mesir, yang marah dengan gambar-gambar pengunjuk rasa perempuan yang diseret melalui jalan-jalan oleh tentara selama protes akhir pekan, hari Selasa berbaris di pusat kota Kairo untuk mengutuk penggunaan kekuatan militer Mesir baru-baru ini terhadap para demonstran.

Curahan publik yang jarang terjadi oleh para perempuan tersebut, baik dari kalangan muda dan tua, kelompok agama dan sekuler, tampaknya muncul untuk menekan dewan militer yang berkuasa di negara itu. Para jenderal, yang telah menunjukkan penyesalan atas kekerasan baru-baru ini, dengan cepat mengeluarkan pernyataan Selasa malam menyatakan "permintaan maaf tulus untuk para wanita hebat dari Mesir untuk apa yang terjadi" dan menjanjikan bahwa mereka yang bertanggung jawab akan ditegur.

Masyarakat Mesir yang konservatif telah terguncang oleh aksi protes mematikan hampir satu pekan dan oleh gambar dari perempuan yang ditelanjangi dan dipukuli oleh tentara dalam kerusuhan. Banyak di antara kerumunan hari Selasa membawa foto, yang beredar secara luas, dari seorang wanita yang diseret oleh tentara, jilbab dan abayanya dirobek dari tubuhnya sehingga menampakkan pakaian dalam sang wanita tersebut.

"Mesir ditelanjangi," kata-kata terbaca dari poster mereka.

Protes tersebut menyusul sebuah  konferensi pers Senin oleh Mayor Jenderal Adel Emara, anggota dewan militer yang berkuasa, yang menyebut pahlawan kepada para tentara yang menembak dan memukuli pengunjuk rasa dan memuji mereka karena "menahan diri."

Protes itu tampaknya menjadi protes terbesar oleh perempuan sejak demonstrasi dimulai di Mesir 11 bulan lalu. Sekelompok laki-laki, termasuk anggota parlemen yang baru terpilih, membentuk perisai di sekitar mereka.

..Banyak di antara kerumunan hari Selasa membawa foto, yang beredar secara luas, dari seorang wanita yang diseret oleh tentara, jilbab dan abayanya dirobek dari tubuhnya sehingga menampakkan pakaian dalam sang wanita tersebut..

"Gadis-gadis Mesir adalah garis merah," teriak mereka beberapa jam setelah ada serangan menjelang fajar di Tahrir Square oleh tentara dan polisi militer. Setidaknya 13 orang telah tewas, termasuk sembilan oleh tembakan, dan hampir 1.000 terluka sejak kekerasan dimulai pada hari Jumat ketika polisi militer mencoba untuk membubarkan demonstran di luar gedung kabinet.

"Bahkan mereka yang tidak bersimpati terhadap pengunjuk rasa tidak dapat menyangkal kekuatan gambar seorang wanita yang tidak berdaya diserang," kata Heba Morayef, seorang peneliti Human Rights Watch di Mesir. Tapi, ia mengakui, gambar pria muda melemparkan batu dan membakar gedung-gedung juga memiliki efek yang kuat.

para Wartawan dan saksi lain mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir mereka telah melihat tentara bergegas ke Tahrir Square dengan senjata di tangan mereka dan menggunakan pentungan untuk memukul demonstran yang melarikan diri, adegan-adegan yang tertangkap pada video. Suara tembakan juga terdengar.

"Meskipun rasa sakit yang disebabkan oleh kekejaman tersebut, gambar-gambar itu merupakan sebuah tamparan di wajah dewan militer, melemahkan kekuatan dan menunjukkan wajah militer Mesir yang asli kepada dunia," kata Ghada Ibrahim, yang dipukuli dan ditahan Jumat.

Pimpinan militer Mesir telah berusaha untuk melukiskan para demonstran sebagai preman yang dibayar dan para konspirator yang berniat untuk mendestabilisasi Mesir.

Tetapi ketika perempuan meneriakkan untuk mengakhiri kekuasaan militer dan melambaikan tangan kepada para pengamat untuk bergabung dengan mereka, mereka tampaknya sinyal baru solidaritas  diantara warga Mesir. Dalam beberapa hari terakhir, aktivis dan politisi semakin menyerukan pemilihan presiden selambat-lambatnya pada akhir Januari untuk menghapus dewan militer dari kekuasaan. (st/wp)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Kamis, 16/05/2024 10:20

Batas Akhir Visa Umrah 23 Mei 2024