Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.644 views

Hingga Ulang Tahun ke-10, Obama Tetap Ingkar Tutup Penjara Guantanamo

GUANTANAMO, KUBA (voa-islam.com) - 11 Januari hari ini menandai ulang tahun kesepuluh dari penjara Teluk Guantanamo, sebuah tempat penahanan dan fasilitas interogasi di luar hukum AS yang terletak di Markas Angkatan Laut Teluk Guantanamo, Kuba. Penjara tersebut hingga kini tetap tegak berdiri meski dijanjikan akan ditutup oleh Obama saat ia terpilih menjadi presiden AS 2008 lalu.

Setelah Departemen Kehakiman AS menyarankan bahwa penjara Guantanamo bisa diberlakukan di luar yurisdiksi hukum Amerika Serikat, dua puluh satu tawanan pertama tiba di Guantanamo pada 11 Januari 2002.

Para tahanan pertama itu, dibawa ke basis tersebut dengan dibelenggu dan berkerudung dan mengenakan jumpsuits oranye terang, disimpan di kandang terbuka dan diinterogasi di pondok-pondok kayu ketika mereka tiba. Dengan tahanan kemudian disimpan dalam sel baja yang tidak lebih dari pagar-pagar tanpa dinding atau atap, yang tidak bisa melindungi tahanan dari elemen-elemen alam, populasi tumbuh hampir menjadi 700 tahanan pada pertengahan-2003.

Sejak awal, kamp-kamp tersebut mendidih dengan ketegangan. Para tahanan, banyak yang menjadi sasaran interogasi yang keras dan kurang tidur, melakukan mogok makan massal, menggedor pintu sel mereka selama berjam-jam dan melemparkan kotoran manusia pada para penjaga.

Menurut Kampanye Keadilan, teknik-teknik penyiksaan berikut ini digunakan di Guantanamo: penyerangan  / penghinaan seksual; kurang tidur, kurang sensorik, isolasi, eksekusi pura-pura, obat paksa; menggunakan anjing untuk menakut-nakuti tahanan, suhu ekstrim, pemboman sensorik ( kebisingan); menonton orang lain disiksa; dan teknik psikologis untuk menginduksi regresi, disintegrasi psikis dan perasaan tak berdaya bahwa pertahanan para tahanan lebih rendah '.

Selain penjara militer di Guantanamo, pangkalan tersebut juga termasuk "situs hitam" CIA di mana mereka yang dicurigai sebgai teroris secara diam-diam diculik ke lokasi di luar negeri dan disiksa. Korban penculikan ini sering berakhir di Camp Tujuh Guantanamo,  sebuah penjara khusus yang digunakan untuk menahan tahanan"nilai tinggi" yang sebelumnya ditahan di situs hitam milik CIA di seluruh dunia.

..Panjara Guantanamo telah menjadi tempat penganiayaan, penyiksaan dan penahanan tahanan tanpa batas..

Obama langgar janji

Panjara Guantanamo telah menjadi tempat penganiayaan, penyiksaan dan penahanan tahanan tanpa batas. Namun sayangnya, Presiden Obama telah melanggar janjinya untuk menutup penjara tersebut.

Saat ini, penjara tersebut tampaknya lebih mapan dari sebelumnya. Batas waktu yang ditetapkan oleh Presiden Barack Obama untuk menutup Guantanamo datang dan pergi dua tahun lalu. Tidak ada tahanan yang pergi dalam satu tahun karena pembatasan pemindahan, dan penahanan militer tanpa batas waktu kini telah diabadikan dalam hukum AS.

"Sekarang, kami memiliki Guantanamo selamanya setelah ditandatangani menjadi undang-undang," kata Andrea Prasow, konsultan senior kontraterorisme  untuk Human Rights Watch. "Alih-alih mendorong maju dengan agenda penutupan penjara Guantanamo, Obama telah menerima gagasan penahanan tanpa batas dari beberapa orang yang melakukan permusuhan tidak terdefinisi."

Di bawah Obama, Kongres Amerika Serikat menolak keras melepaskan tahanan, mengutip kekhawatiran bahwa beberapa orang yang sudah dilepaskan telah bergabung dengan Taliban atau Al-Qaeda. Kongres memberlakukan persyaratan bahwa Departemen Pertahanan menyatakan seorang tahanan tidak menimbulkan ancaman jika dilepaskan, sebuah jaminan yang para pejabat mengatakan hampir mustahil untuk dipenuhi.

Zachary Katznelson, seorang pengacara untuk American Civil Liberties Union, mengatakan Kongres lebih tertarik dalam mencetak poin politik, dan harus mendengarkan para ahli keamanan.

"Kami tidak berbicara tentang melepaskan siapa saja yang berbahaya. Kita bicara tentang melepaskan orang-orang yang komunitas intelijen dan militer telah sepakat harus dibebaskan," kata Katznelson.

Kongres juga telah melarang perpindahan setiap tahanan Guantanamo ke AS untuk penahanan atau persidangan, yang secara efektif memblokir tujuan Obama untuk menutup penjara pada Januari 2009 dan orang yang diproklamirkan sebagai dalang 11 Septermber 2001, Khalid Sheikh Mohammed, dan orang lain yang dituduh melakukan kejahatan perang di pengadilan sipil.

..Alih-alih mendorong maju dengan agenda penutupan penjara Guantanamo, Obama telah menerima gagasan penahanan tanpa batas dari beberapa orang yang melakukan permusuhan tidak terdefinisi..

Kongres Amerika Serikat juga melucuti hak para tahanan untuk menantang penahanan mereka di pengadilan dengan mengajukan surat perintah habeas corpus. Sebuah surat perintah habeas corpus adalah sebuah mandat pengadilan untuk seorang pejabat penjara memerintahkan agar narapidana dibawa ke pengadilan sehingga dapat ditentukan apakah orang tesebut sah atau tidak dipenjara dan apakah ia harus dibebaskan atau tidak dari tahanan.

Mahkamah Agung mengembalikan hak itu kepada tahanan, tetapi pengadilan telah mengatakan AS masih bisa menahan orang-orang tersebut bahkan jika ada sedikit bukti terhadap mereka dan tidak ada niat mengadili mereka. Ketika para tahanan telah memenangkan kasus mereka di pengadilan yang lebih rendah, pemerintah telah mengajukan banding dan memenangkan banding tersebut.

Hari ini, penjara Guantanamo menahan 171 tahanan dan itu suatu campuran yang aneh. Tiga puluh enam menunggu persidangan atas tuduhan kejahatan perang, termasuk tersangka otak serangan 11 September 2001. Ada 46 di penahanan tanpa batas waktu saat AS menganggap mereka berbahaya namun yang tidak dapat didakwa karena kurangnya bukti atau alasan lain. Amerika Serikat ingin melepaskan 32 tetapi tidak bisa, terutama karena pembatasan kongres, dan 57 orang dari Yaman tidak dikenakan dakwaan tetapi pemerintah AS tidak akan membiarkan mereka pergi dengan alasan negara mereka tidak stabil dan khawatir mereka akan bergabung dengan para pejuang Islam yang tengah memerangi pemerintah disana.

Ulang tahun ke 10 berdirinya penjara Guantanamo akan menjadi subjek demonstrasi di London dan Washington. Para tahanan di pangkalan Angkatan Laut AS di Kuba juga berencana untuk menandai hari tersebut dengan duduk, membentangkan spanduk dan penolakan terhadap makanan, kata Ramzi Kassem, seorang pengacara yang mewakili tujuh narapidana.

"Mereka ingin mengirim pesan bahwa para tahanan dari Guantanamo masih menolak ketidakadilan terhadap penahanan mereka," kata Kassem, seorang profesor hukum di Universitas Kota New York. (up/fd,hp)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Tutup Munas ke-10 MUI, Wapres Sampaikan 3 Pesan Penting

Tutup Munas ke-10 MUI, Wapres Sampaikan 3 Pesan Penting

Sabtu, 28 Nov 2020 13:13

Sampaikan Pidato Perdana, Ketua Umum Baru MUI: Mari Jaga Silaturahim

Sampaikan Pidato Perdana, Ketua Umum Baru MUI: Mari Jaga Silaturahim

Sabtu, 28 Nov 2020 13:10

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Sabtu, 28 Nov 2020 12:05

Bulu Kucing Najis?

Bulu Kucing Najis?

Sabtu, 28 Nov 2020 11:15

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Sabtu, 28 Nov 2020 09:27

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Sabtu, 28 Nov 2020 08:59

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

Sabtu, 28 Nov 2020 07:53

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

Jum'at, 27 Nov 2020 23:06

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Jum'at, 27 Nov 2020 22:38

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Jum'at, 27 Nov 2020 21:45

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Jum'at, 27 Nov 2020 21:14

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Jum'at, 27 Nov 2020 21:05

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Jum'at, 27 Nov 2020 21:00

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Jum'at, 27 Nov 2020 20:46

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Jum'at, 27 Nov 2020 19:00

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Jum'at, 27 Nov 2020 16:45

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

Jum'at, 27 Nov 2020 11:39

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Jum'at, 27 Nov 2020 10:36

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Jum'at, 27 Nov 2020 09:21

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Jum'at, 27 Nov 2020 08:25


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X