Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.185 views

Hingga Ulang Tahun ke-10, Obama Tetap Ingkar Tutup Penjara Guantanamo

GUANTANAMO, KUBA (voa-islam.com) - 11 Januari hari ini menandai ulang tahun kesepuluh dari penjara Teluk Guantanamo, sebuah tempat penahanan dan fasilitas interogasi di luar hukum AS yang terletak di Markas Angkatan Laut Teluk Guantanamo, Kuba. Penjara tersebut hingga kini tetap tegak berdiri meski dijanjikan akan ditutup oleh Obama saat ia terpilih menjadi presiden AS 2008 lalu.

Setelah Departemen Kehakiman AS menyarankan bahwa penjara Guantanamo bisa diberlakukan di luar yurisdiksi hukum Amerika Serikat, dua puluh satu tawanan pertama tiba di Guantanamo pada 11 Januari 2002.

Para tahanan pertama itu, dibawa ke basis tersebut dengan dibelenggu dan berkerudung dan mengenakan jumpsuits oranye terang, disimpan di kandang terbuka dan diinterogasi di pondok-pondok kayu ketika mereka tiba. Dengan tahanan kemudian disimpan dalam sel baja yang tidak lebih dari pagar-pagar tanpa dinding atau atap, yang tidak bisa melindungi tahanan dari elemen-elemen alam, populasi tumbuh hampir menjadi 700 tahanan pada pertengahan-2003.

Sejak awal, kamp-kamp tersebut mendidih dengan ketegangan. Para tahanan, banyak yang menjadi sasaran interogasi yang keras dan kurang tidur, melakukan mogok makan massal, menggedor pintu sel mereka selama berjam-jam dan melemparkan kotoran manusia pada para penjaga.

Menurut Kampanye Keadilan, teknik-teknik penyiksaan berikut ini digunakan di Guantanamo: penyerangan  / penghinaan seksual; kurang tidur, kurang sensorik, isolasi, eksekusi pura-pura, obat paksa; menggunakan anjing untuk menakut-nakuti tahanan, suhu ekstrim, pemboman sensorik ( kebisingan); menonton orang lain disiksa; dan teknik psikologis untuk menginduksi regresi, disintegrasi psikis dan perasaan tak berdaya bahwa pertahanan para tahanan lebih rendah '.

Selain penjara militer di Guantanamo, pangkalan tersebut juga termasuk "situs hitam" CIA di mana mereka yang dicurigai sebgai teroris secara diam-diam diculik ke lokasi di luar negeri dan disiksa. Korban penculikan ini sering berakhir di Camp Tujuh Guantanamo,  sebuah penjara khusus yang digunakan untuk menahan tahanan"nilai tinggi" yang sebelumnya ditahan di situs hitam milik CIA di seluruh dunia.

..Panjara Guantanamo telah menjadi tempat penganiayaan, penyiksaan dan penahanan tahanan tanpa batas..

Obama langgar janji

Panjara Guantanamo telah menjadi tempat penganiayaan, penyiksaan dan penahanan tahanan tanpa batas. Namun sayangnya, Presiden Obama telah melanggar janjinya untuk menutup penjara tersebut.

Saat ini, penjara tersebut tampaknya lebih mapan dari sebelumnya. Batas waktu yang ditetapkan oleh Presiden Barack Obama untuk menutup Guantanamo datang dan pergi dua tahun lalu. Tidak ada tahanan yang pergi dalam satu tahun karena pembatasan pemindahan, dan penahanan militer tanpa batas waktu kini telah diabadikan dalam hukum AS.

"Sekarang, kami memiliki Guantanamo selamanya setelah ditandatangani menjadi undang-undang," kata Andrea Prasow, konsultan senior kontraterorisme  untuk Human Rights Watch. "Alih-alih mendorong maju dengan agenda penutupan penjara Guantanamo, Obama telah menerima gagasan penahanan tanpa batas dari beberapa orang yang melakukan permusuhan tidak terdefinisi."

Di bawah Obama, Kongres Amerika Serikat menolak keras melepaskan tahanan, mengutip kekhawatiran bahwa beberapa orang yang sudah dilepaskan telah bergabung dengan Taliban atau Al-Qaeda. Kongres memberlakukan persyaratan bahwa Departemen Pertahanan menyatakan seorang tahanan tidak menimbulkan ancaman jika dilepaskan, sebuah jaminan yang para pejabat mengatakan hampir mustahil untuk dipenuhi.

Zachary Katznelson, seorang pengacara untuk American Civil Liberties Union, mengatakan Kongres lebih tertarik dalam mencetak poin politik, dan harus mendengarkan para ahli keamanan.

"Kami tidak berbicara tentang melepaskan siapa saja yang berbahaya. Kita bicara tentang melepaskan orang-orang yang komunitas intelijen dan militer telah sepakat harus dibebaskan," kata Katznelson.

Kongres juga telah melarang perpindahan setiap tahanan Guantanamo ke AS untuk penahanan atau persidangan, yang secara efektif memblokir tujuan Obama untuk menutup penjara pada Januari 2009 dan orang yang diproklamirkan sebagai dalang 11 Septermber 2001, Khalid Sheikh Mohammed, dan orang lain yang dituduh melakukan kejahatan perang di pengadilan sipil.

..Alih-alih mendorong maju dengan agenda penutupan penjara Guantanamo, Obama telah menerima gagasan penahanan tanpa batas dari beberapa orang yang melakukan permusuhan tidak terdefinisi..

Kongres Amerika Serikat juga melucuti hak para tahanan untuk menantang penahanan mereka di pengadilan dengan mengajukan surat perintah habeas corpus. Sebuah surat perintah habeas corpus adalah sebuah mandat pengadilan untuk seorang pejabat penjara memerintahkan agar narapidana dibawa ke pengadilan sehingga dapat ditentukan apakah orang tesebut sah atau tidak dipenjara dan apakah ia harus dibebaskan atau tidak dari tahanan.

Mahkamah Agung mengembalikan hak itu kepada tahanan, tetapi pengadilan telah mengatakan AS masih bisa menahan orang-orang tersebut bahkan jika ada sedikit bukti terhadap mereka dan tidak ada niat mengadili mereka. Ketika para tahanan telah memenangkan kasus mereka di pengadilan yang lebih rendah, pemerintah telah mengajukan banding dan memenangkan banding tersebut.

Hari ini, penjara Guantanamo menahan 171 tahanan dan itu suatu campuran yang aneh. Tiga puluh enam menunggu persidangan atas tuduhan kejahatan perang, termasuk tersangka otak serangan 11 September 2001. Ada 46 di penahanan tanpa batas waktu saat AS menganggap mereka berbahaya namun yang tidak dapat didakwa karena kurangnya bukti atau alasan lain. Amerika Serikat ingin melepaskan 32 tetapi tidak bisa, terutama karena pembatasan kongres, dan 57 orang dari Yaman tidak dikenakan dakwaan tetapi pemerintah AS tidak akan membiarkan mereka pergi dengan alasan negara mereka tidak stabil dan khawatir mereka akan bergabung dengan para pejuang Islam yang tengah memerangi pemerintah disana.

Ulang tahun ke 10 berdirinya penjara Guantanamo akan menjadi subjek demonstrasi di London dan Washington. Para tahanan di pangkalan Angkatan Laut AS di Kuba juga berencana untuk menandai hari tersebut dengan duduk, membentangkan spanduk dan penolakan terhadap makanan, kata Ramzi Kassem, seorang pengacara yang mewakili tujuh narapidana.

"Mereka ingin mengirim pesan bahwa para tahanan dari Guantanamo masih menolak ketidakadilan terhadap penahanan mereka," kata Kassem, seorang profesor hukum di Universitas Kota New York. (up/fd,hp)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X