Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.203 views

Hindu dan Islam Pakistan Berselisih setelah 2 Gadis Hindu Kelas Atas Jadi Muallaf

KARACHI, PAKISTAN (voa-islam.com) - Perpindahan agama dua perempuan kasta tertinggi Hindu ke Islam di Pakistan telah memicu perselisihan antara dua komunitas agama di negara tersebut.

Rinkal Kumari yang setelah memeluk Islam berganti namanya menjadi Bibi Faryal serta Dr Lata Kumari yang berubah menjadi Dr Hafsa memeluk Islam bulan lalu di tangan pemimpin Muslim lokal dan Anggota Parlemen Mian Abdul Haq di Mirpur Mathelo, 500 km timur laut Karachi

"Saya telah memeluk Islam atas keinginan saya sendiri," kata Bibi Faryal dalam konferensi pers di Karachi Press Club bersama dengan suaminya.

"Saya seorang Muslim sekarang, dan saya harus dipanggil sebagai Faryal Shah", katanya.

Segera setelah memeluk Islam, Dr Hafsa menikah Nadir Baig, sementara Faryal menikah dengan Shah Naveed.

Tapi orang tua mereka mengklaim bahwa dua gadis tersebut diculik dan dipaksa untuk memeluk Islam.

"Gadis-gadis Hindu diculik dan dipaksa untuk pindah agama," kata Ramesh Lal, Ketua Dewan Hindu kepada OnIslam.net.

Dia mengklaim bahwa selama beberapa tahun terakhir, beberapa gadis Hindu telah diculik dan dipaksa masuk islam.

"Ini semua yang dilakukan untuk menggertak kita (Hindu), dan meninggalkan Pakistan," kata Ramesh Lal.

Pernyataan serupa dikumandangkan oleh pengacara Amr Lal.

"Beberapa elemen yang tidak puas berusaha untuk menimbulkan kerusuhan antara Hindu-Muslim dalam upaya untuk memaksa orang Hindu meninggalkan Pakistan," katanya kepada OnIslam.net.

"Dia (Faryal) harus diserahkan kepada kita. Jika dia telah memeluk Islam atas keinginannya, kita juga akan merayakan pernikahannya. "

..Saya telah memeluk Islam atas keinginan saya sendiri, kata Bibi Faryal..

Pengacara itu juga menuduh pemimpin Muslim dan Anggota Perlemen Mian Abdul Haq menodai citra sekuler Partai Rakyat Pakistan-nya (PPP).

"Dia (Haq) adalah noda pada wajah PPP. Dia bahkan menolak menerima telepon dari Presiden Zardari dan Perdana Menteri Gilani, "katanya.

Namun klaim-klaim itu ditolak oleh Haq, yang dikenal karena pekerjaan amal untuk kasta rendah Hindu dan warga Muslim miskin di kota tersebut.

"Untuk memaksa seseorang untuk memeluk Islam benar-benar Haraam. Aku bahkan tidak bisa berpikir tentang itu, "kata Haq kepada OnIslam.net.

Ia mengatakan ia telah memberitahu orang tua dari anak perempuan yang baru masuk Islam itu dan menunggu selama empat jam sebelum mereka mengucapkan Syahadah untuk masuk Islam, tetapi mereka tidak pernah muncul.

"Ini benar-benar menyesatkan dan tidak berdasar bahwa saya telah memaksa umat Hindu meninggalkan Pakistan," katanya.

"Saya telah merawat ratusan keluarga miskin Hindu, dan tidak pernah meminta mereka untuk mengubah agama mereka."

Hindu Kelas bawah berdemo mendukung Haq

Kontroversi ini telah meninggalkan komunitas Hindu dan Muslim terkunci di tanduk.

Kecaman atas Haq telah memancing demonstrasi warga  kelas bawah yang mendukung dirinya.

Ratusan umat Hindu turun ke jalan untuk mendukung Abdul Haq di kota asli dari perempuan yang baru masuk Islam tersebut.

Meneriakkan slogan-slogan yang mendukung pemimpin Muslim tersebut, para pemrotes, termasuk perempuan dan anak-anak, mengatakan kelas atas Hindu mencoba untuk memicu kerusuhan komunal.

"Nenek moyang kami telah tinggal di sini selama berabad-abad. Kami tidak pernah dipaksa oleh siapapun, termasuk oleh Mian Abdul Haq untuk mengubah agama kami, "kata Shev Lal, pemimpin lokal dari kasta rendah Hindu, kepada OnIslam.net.

Sebaliknya, kata dia, anggota parlemen PPP telah mengurus kasta rendah Hindu di wilayah konstituensinya selama bertahun-tahun.

Umat Hindu berjumlah 2 persen dari 180 juta penduduk Pakistan, minoritas terbesar kedua di negara Muslim Asia Selatan setelah Kristen, yang mencapai 3 persen.

..Kami tidak pernah dipaksa oleh siapapun, termasuk oleh Mian Abdul Haq untuk mengubah agama kami..

Hindu telah terbagi diri menjadi dua kasta utama; kasta atas, yang terdiri dari orang-orang Hindu kulit putih dan kaya dan kasta rendah, yang terdiri dari Hindu miskin dan berkulit hitam.

Kasta rendah Hindu berjumlah 82 persen dari 5 juta jumlah umat Hindu di Pakistan, yang mayoritas tinggal di provinsi Sindh.

Selama beberapa dekade terakhir, sejumlah besar kelas bawah Hindu telah memeluk Islam di bagian selatan Sindh karena kegiatan amal dan kegiatan dakwah partai-partai Islam.

Isu ekonomi

Para analis melihat faktor ekonomi di balik perpindahan agama dari gadis-gadis kelas atas Hindu.

"Ini sama sekali bukan isu agama atau sektarian," kata Amr Guriro, jurnalis yang termasuk dalam kasta rendah Hindu kepada OnIslam.net.

"Ekonomi adalah alasan utama di balik perpindahan agama dari perempuan kelas atas (Hindu)", kata Amr OnIslam.net.

Dia menunjukkan mas kawin yang merupakan bagian sangat diperlukan dari sebuah pernikahan di kelas atas Hindu, yang berjumlah antara 32000- 42,000 dolar AS.

"Mas kawin adalah suatu keharusan untuk pernikahan seorang gadis Hindu kelas atas. Jika orang tuanya tidak memiliki kekuatan untuk memberi mas kawin, dia akan tetap duduk di rumah, tetapi tidak akan pernah menikah.

"Dan, ini adalah alasan yang banyak gadis Hindu telah memeluk Islam dan menikah," ia berpendapat.

Ia menghilangkan kesan bahwa kontroversi perpindahan agama yang sedang berlangsung dapat memicu kerusuhan Hindu-Muslim di Sindh.

"Ini (protes oleh kelas atas Hindu) tidak ada hubungannya dengan umat Hindu pada umumnya yang berjumlah 92 persen dari total populasi (Hindu)," katanya.

"Jika Anda perhatikan, tidak ada keributan jika ada kelas bawah Hindu berpindah agama. Keributan Ini hanya terjadi ketika seorang gadis atau lelaki kelas atas Hindu yang berpindah agama, "kata Amr. (st/oi)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X