Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.355 views

Pengangguran dan Resesi Ekonomi Melanda Eropa

Jumlah pengangguran di 17 negara yang menggunakan mata uang euro mencapai level tertinggi sejak diberlakukannya  mata uang itu, tahun 1999.

Angka resmi menunjukkan semakin tingginya tingkat pengangguran di seluruh zona euro, dan sejumlah pejabat ekonomi di zona Eropa mengkawatirkan masuknya zona euro ke dalam jurang resesi ekonomi.

Eurostat, kantor pusat statistik Uni Eropa, mengatakan pengangguran di zona euro naik menjadi 10,8 persen pada Februari dari 10,7 persen bulan sebelumnya. Jumlah pengangguran mencapai 17,1 juta, hampir 1,5 juta lebih tinggi dari bulan yang sama tahun lalu. Dari 17 negara di zona euro, tujuh negara memiliki tingkat pengangguran di atas 10 persen.

Angka-angka pengangguran lebih tinggi dibandingkan  dengan tingkat pengangguran di AS, yang jumlahnya mencapai 8,3 persen – di mana ekonomi AS mengalami sedikit recovery, sehingga jumlah angka pengangguran di negeri itu, sedikit mengalami penurunan beberapa bulan terakhir.

Delapan bulan kedepan kemungkinan jumlah pengangguran akan terus meningkat di seluruh zona euro, dan semakin memperkuat kekawatiran bahwa zona euro berada dalam resesi.  Langkah ini sebagai akibat seluruh pemerintahan di zona euro yang melakukan pengetatan sistem monoter mereka, yang berdampak melonjaknya angka pengangguran, dan melumpuhkan mereka.

Spanyol  mengumumkan langkah-langkah penghematan Jumat lalu, di mana negeri itu memiliki tingkat pengangguran tertinggi di zona euro yang mencapai 23,6 persen, sebagian besar pengangguran adalah kaum muda - mereka yang di bawah 25 tahun – mencapai angka diatas 50,5 persen. Tingkat terendah angka pengangguran di antara negara-negara euro Austria berada diangka 4,2 persen. Yunani, Portugal dan Irlandia - tiga negara yang  menerima bailout (dana talangan) utang - memiliki tingkat pengangguran 21 persen, 15 persen dan 14,7 persen.

"Pengangguran jelas menambah tekanan pada pendapatan rumah tangga dari akibat pengetatan fiskal yang agresif di daerah pinggiran”,  kata Jennifer McKeown, ekonom Eropa senior di Capital Economics.

Dia memperingatkan bahwa situasinya mungkin lebih buruk dan bahkan di Jerman, dimana pengangguran yang  bertahan pada 5,7 persen, bisa meningkat lebih tinggi dari yang ada sekarang.

Angka sebelumnya menunjukkan penurunan lebih besar di bidang manufaktur, dan hanya menambah kesuraman ekonomi zona euro. Informasi keuangan perusahaan Markit mengatakan indeks manajer pembelian perusahaan - alat pengukur aktivitas bisnis - jatuh ke titik terendah tiga bulan dari 47,7 pada Maret dari 49 bulan sebelumnya - di bawah 50,  dan menunjukkan adanya kontraksi.

Markit mengatakan Jerman dan Perancis, dua zona euro kekuatan ekonomi terbesar, menuju kondisi yang memburuk. Prancis, khususnya, bernasib lebih buruk dengan aktivitas terendah dalam 33 bulan mencapai indek angka 46,7. Hanya Austria dan Irlandia melihat output meningkat selama sebulan.

Zona euro di seluruh daratan Uni Eropa, nampaknya sedang menuju ke arah resesi, yang akan mengancamkehidupan ekonomi mereka. Kecenderungan nampak jelas dengan tingginya angka penganguran yang sekarang terjadi di 17 negara  anggota zona euro.

"Tampaknya kemungkinan PDB zona euro mengalami kontraksi lagi pada kuartal pertama 2012 .... Shingga bergerak ke dalam resesi, "kata Howard Archer, ekonom  dan kepala IHS Global di Eropa. "Dan prospek untuk kuartal kedua 2012 saat ini hampir tidak terlihat cerah”, tambahnya. (af/tm)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X