Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.356 views

Dilema Puasa Hinggapi 3500 Atlet Muslim di Olimpiade London 2012

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Olimpiade London yang akan berlangsung mulai 27 Juli besok sampai 12 Agustus 2012 telah menjadi dilema tersendiri bagi ribuan atlet Muslim yang ikut berlaga di kejuaraan antar negara di lima benua tersebut. Hal ini terjadi karena perhelatan akbar tersebut bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Disatu sisi mereka ingin tetap berkomitmen sebagai Muslim dengan menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan, tapi disisi lain mereka juga ingin berkompetisi dan merebut medali dimana untuk melakukan itu membutuhkan energi yang cukup menguras tenaga mereka seandainya mereka tetap berpuasa.

"Saya telah mencoba, setelah saya tiba di London, untuk berlatih ketika aku sedang berpuasa tapi aku sadar itu sangat, sangat sulit karena saya mengambil bagian dalam perlombaan yang membutuhkan banyak energi," kata pelari marathon Yordania Methkal Abu Drais. "Saya pikir saya akan mengubah keputusan saya untuk berpuasa."

Dilema yang dihadapi Methkal Abu Drais juga dialami oleh sekitar 3.500 atlet Muslim yang ikut dalam Oliempiade London 2012, yang bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Sebagian besar negara Muslim telah memberikan dispensasi khusus kepada atlet mereka untuk menunda puasa Ramadhan selama Olimpiade, untuk membantu mereka mempertahankan kekuatan mereka, dan melanjutkan puasa  ketika mereka telah pulang.

Tapi banyak juga atlet Muslim yang berlaga di Olimpiade London yang masih bersikeras untuk menjalankan puasa Ramadhan, salah satu periode paling rohani dalam kalender Islam saat puasa biasanya dipandang sebagai sebuah kewajiban.

Tim sepak bola laki-laki Maroko telah berjanji untuk berpuasa selama Olimpiade meskipun permintaan dari pelatih asal Belanda mereka Pim Verbeek.

"Kita harus berpuasa karena ini adalah kewajiban dan saya berpikir bahwa Allah Subhanahu Wata'ala akan membantu kita pada hari pertandingan," kata penjaga gawang Maroko yang dikontak Atletico Madrid, Yassine Bounou.

..Saya telah mencoba, setelah saya tiba di London, untuk berlatih ketika aku sedang berpuasa tapi aku sadar itu sangat, sangat sulit karena saya mengambil bagian dalam perlombaan yang membutuhkan banyak energi..

"Kami terbiasa bermain di bulan Ramadhan dan itu tidak akan berdampak negatif terhadap kami."

Di cabang judo, pejudo UEA Hamid Alderei berlatih setelah berbuka puasa, tetapi di antara enam anggota tim kuat asal Niger, Zakari Gourouza adalah satu-satunya atlet yang tidak melakukan puasa Ramadhan.

"Lima lainnya akan berpuasa karena mereka ada di sini hanya untuk ambil bagian. Mereka tidak mungkin untuk memenangkan setiap medali dan puasa adalah prioritas bagi kami," jelas atlet dayung Niger Hamadou Djibo Issaka.

Pelatih tinju Maroko Abdel Haq Achic mengatakan awalnya merasa kesulitan untuk membujuk para atletnya untuk tidak berpuasa meskipun dampak yang signifikan terhadap energi, kekuatan dan berat badan mereka.

"Jadi kita tidak terlihat seperti diktator, kami memberi mereka dua atau tiga hari untuk mencoba berlatih dengan tetap puasa tapi setelah itu mereka menyadari mereka tidak bisa melakukannya, sehingga mereka menerima keputusan tersebut," katanya.

"Tinju sangat keras dan ketika kita perlu berlatih dua kali sehari para atlet tidak dapat melakukannya. Mereka kehilangan banyak energi mereka sehingga mereka harus makan untuk memiliki persiapan yang baik untuk kompetisi.. Kami berbicara dengan semua atlet dan kami mengatakan kepada mereka, mereka perlu makan untuk bisa fit untuk kompetisi.

"Setelah tiga jam berbicara dengan mereka, mereka memutuskan untuk tidak puasa. Sulit bagi mereka untuk menerima keputusan ini karena mereka Muslim,. Tetapi tidak ada solusi lain jika mereka ingin bersaing untuk mendapatkan medali."

Menurut ketentuan Al-Qur'an, umat Islam boleh tidak berpuasa jika mereka sakit atau sedang bepergian. Ketentuan ini (berpergian ke London-Red) dijadikan salah satu acuan mereka untuk dapat menunda berpuasa dan menggantinya di bulan lain.

..Tapi banyak juga atlet Muslim yang berlaga di Olimpiade London yang masih bersikeras untuk menjalankan puasa Ramadhan..

Beberapa delegasi atlet berkonsultasi dengan para ulama sebelum melakukan perjalanan ke London, yang lainnya bahkan mencoba untuk mengganti puasa  Ramadan di bulan lain untuk menghindari bentrok dengan Olimpiade.

"Delegasi Mesir bertemu mufti sebelum datang ke London. Mufti tersebut mengatakan kepada mereka bahwa Anda sedang bepergian dan Allah akan memudahkan segalanya untuk Anda," kata official tim Mesir Aladdin Jabar.

"Dia memberi fatwa yang mengizinkan mereka untuk tidak berpuasa Dan sekarang semuanya terserah kepada atlet."

Hassan Rifaat, koordinator umum untuk tim Uni Emirat Arab mengatakan setiap atlet mereka telah dibiarkan untuk membuat keputusan sendiri tentang puasa.

"Ada beberapa atlet berpuasa dan yang lain ada tidak berpuasa. Tidak ada instruksi resmi dari Komite Olimpiade Emirat pada masalah itu," katanya.

"Setiap atlet melakukan apa yang dia rasa nyaman dengannya. Ini tergantung pada kondisi mereka."

Atlet Oliempiade layar pertama Mesir, Ahmed Habash telah mengurangi ktegangan masalah tersebut dengan mengatakan selama kompetisi ia tidak berpuasa dan akan menggantinya di hari lain.

"Selama balapan yang sebenarnya saya tidak akan berpuasa," katanya. "Ini berarti ketika aku pulang aku harus mengganti puasa, tapi hanya untuk lima hari yang saya lewatkan." (by/ahram)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X