Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.364 views

Syi'ah Bersenjata Culik 20 Orang di Beirut, Targetkan Warga Negara Sunni

BEIRUT, LEBANON (voa-islam.com) - Anggota kelompok Syi'ah bersenjata Libanon menculik lebih dari 20 orang pada Rabu, mengklaim sebagai pembalasan atas penangkapan salah satu kerabat mereka di Suriah.

Seorang warga Turki, Seorang warga Saudi dan beberapa warga Suriah di antara mereka yang diculik di daerah Libanon yang dikontrol oleh militan Syi'ah Hizbullah, meningkatkan risiko bahwa kekerasan sektarian membawa konflik di Suriah akan menyebar ke negara tetangga Lebanon yang terlibat perang sipil pada garis sektarian selama 15 tahun.

Anggota klan Meqdad, salah satu keluarga Syi'ah terkuat di Lebanon mengatakan penculikan itu adalah pembalasan atas penangkapan Hassan al-Meqdad oleh pemberontak Tentara Pembebasan Suriah di Damaskus dua hari lalu.

Para pemberontak di Damaskus menuduh tawanan mereka, Hassan al-Meqdad, dikirim ke Suriah oleh Hizbullah untuk membantu Assad. Hizbullah telah menjadi salah satu sekutu regional Assad selama beberapa dekade.

Para penculik mengatakan para sandera termasuk seorang pengusaha Turki, seorang warga Saudi dan beberapa warga Suriah mereka gambarkan sebagai pejuang pemberontak.

Dalam pernyataannya untuk Libanon National News Agency, Hatem saudara Hassan al-Meqdad mengatakan "bola salju akan berkembang", dan memperingatkan "Qatar, Arab Saudi dan Turki dan warga negara mereka".

Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Qatar,  mengatakan kepada warganya untuk meninggalkan Lebanon setelah penculikan dan adanya ancaman untuk menahan lebih banyak warga negara yang telah mendukung pemberontakan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Qatar, Arab Saudi dan Turki semuanya dipimpin oleh Muslim Sunni dan sangat mendukung pemberontakan Muslim Sunni Suriah melawan Assad.

Kantor berita resmi Arab Saudi mengatakan, kedutaan Riyadh di Libanon telah "menyerukan warga Saudi saat ini di Lebanon untuk segera pergi memberikan perkembangan terbaru di Lebanon dan munculnya beberapa ancaman eksplisit untuk menculik warga negara Saudi dan orang lain".

Konflik Suriah telah terpolarisasi Libanon, dengan mayoritas Muslim Sunni, mendukung pemberontak Suriah, sementara Syiah, termasuk kelompok militan kuat Hizbullah mendukung Bashar Al-Assad, seorang anggota dari sekte minoritas Alawit, sebuah cabang dari Syiah.

Munculnya orang-orang bersenjata bertopeng di jalanan melakukan penculikan massal membawa kembali kenangan dari perang saudara Lebanon 1975-1990, ketika negara itu dibagi oleh Muslim Sunni, Syiah, Kristen dan milisi Druze. Penculikan menjadi umum selama konflik, dan beberapa yang diambil tidak pernah ditemukan kembali. (an/Reuters)

Ket: Orang-orang Syi'ah Bersenjata berkumpul di depan markas mereka di Beirut, Libanon. / foto. Reuters

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X