Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.164 views

Palang Merah: 43 Orang Tewas, 200 Terluka dalam Serangan di Mal Nairobi

NAIROBI, KENYA (voa-islam.com) - Setidaknya 43 orang tewas dan lebih dari 200 lainnya luka-luka dalam serangan oleh pejuang Islam Somalia di pusat perbelanjaan Nairobi, Kenya, Palang Merah mengatakan hari Ahad (22/9/2013).

"Sejauh ini 43 telah dikonfirmasi tewas dan lebih dari 200 terluka," kata kepala Palang Merah Abbas Gullet sebagaimana dilansir AFP.

Kebanyakan korban tewas adalah warga Kenya, tapi ada laporan beberapa warga asing juga tewas atau terluka dalam insiden itu.

Dua warga Kanada, salah satunya diplomat, tewas tertembak. Dua orang warga Prancis juga mengalami nasib yang sama. Beberapa warga Amerika Serikat dilaporkan terluka.

Sebelumnya Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, mengumumkan di televisi bahwa 39 orang tewas dan lebih dari 150 terluka dalam serangan yang terjadi di Mal Westgate, sebuah pusat perbelanjaan yang biasa dikunjungi para ekspatriat.

Penyerbuan ini merupakan serangan tunggal terbesar di Kenya sejak sel Al-Qaidah di Afrika Timur mengebom Kedubes Amerika di Nairobi pada 1998 yang menewaskan lebih dari 200 orang.

Pada 2002, sel pejuang Islam yang sama menyerbu hotel yang dimiliki warga Israel di tepi pantai Kenya dan mencoba menembak jatuh jet Israel.

Pembalasan atas invasi Kenya terhadap pejuang Islam di Somalia


Kelompok pejuang Islam Somalia, Al-Shabaab menyatakan bahwa mereka berada di balik peristiwa penyeranan yang berlangsung sejak Sabtu siang kemarin tersebut.

Al-Shabaab yang berafiliasi dengan Al-Qaidah kerap mengancam Kenya dan pasukan perdamaian Afrika lainnya untuk hengkang dari negara tersebut, jika tidak ingin negaranya diserang.

"Selama ini, kami telah berperang melawan tentara Kenya di tanah kami. Kini sudah waktunya lokasi pertempuran diubah dan membawa peperangan ke tanah mereka sendiri," kicau kelompok dalam akun Twitter resmi mereka @HSM_Press.

Al-Shabaab dengan tegas menolak dilakukannya negosiasi untuk membebaskan pengunjung mal yang masih disandera mereka.

"Pemerintah Kenya tengah berkomunikasi dengan Mujahid kami di dalam mal untuk negosiasi. Tidak akan ada negosiasi apa pun di #Westgate," tulis kelompok itu di Twitter mereka.

Al-Shabaab mengatakan bahwa motif dibalik serangan tersebut sebagai balas dendam kepada pemerintah Kenya mengirimkan tentara ke Somalia untuk memerangi kelompok pejuang Islam itu.

Menurut BBC, saat ini, ada sekitar empat ribu tentara Kenya di selatan Somalia. Mereka telah bertempur melawan kelompok pejuang Islam Somalia itu sejak 2011. (an/dbs)

Foto: Reuters

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X