Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.718 views

Interpol Keluarkan Perintah Penangkapan Untuk 'Janda Putih' Samantha Lewhtwaite

LYON, PRANCIS (voa-islam.com) - Interpol telah mengeluarkan surat perintah penangkapan, atas permintaan Kenya, terhadap seorang warga Inggris yang dijuluki sebagai "Janda Putih", setelah serangan mematikan di sebuah pusat perbelanjaan di ibukota Kenya, Nairobi yang menewaskan 72 orang.

Badan polisi internasional tersebut mengeluarkan peringatan untuk wanita berusia 29 - tahun Samantha Lewthwaite hari Kamis (26/9/2013).

Pengumuman "red notice" Interpol tersebut tidak menyebutkan pengepungan Nairobi Westgate mal oleh para pejuang dari kelompok al-Shabab Somalia.

Polisi Inggris telah mengutip Lewthwaite sebagai kemungkinan tersangka. Pemberitahuan Interpol, bagaimanapun tidak menyebutkan mal Westgate sebagai alasan dibalik dikeluarkannya red notice tersebut.

Samantha Lewthwaite, janda dari Jermaine Lindsay, salah satu pelaku pemboman London 7 Juli 2005 atau yang dikenal 7/7 telah diburu oleh pemerintah Kenya atas tuduhan kepemilikan bahan peledak dan persekongkolan untuk melakukan tindak pidana pada Desember 2011.

Dia masuk Islam saat berusia 17 tahun dan sejak itu komitmen mengenakan hijab. Anak seorang tentara Inggris kelahiran 1983 ini menikah dengan imigran Jamaika yang juga merupakan seorang muallaf, Jermaine Lindsay, salah seorang dari empat pelaku pemboman jibaku di stasiun kereta api London, Iggris pada 7 Juli 2005 yang menewaskan lebih 40 orang dan melukai 334 lainnya.

Peringatan Interpol tersebut mengharuskan negara-negara anggota untuk menahan tersangka menunda prosedur ekstradisi.

Dikatakan dia juga dipercaya menggunakan alias "Natalie Webb".

Peringatan Interpol datang pada hari yang sama dengan serangan terhadap sebuah pos keamanan di dekat perbatasan Kenya dengan Somalia, dua petugas polisi Kenya tewas dan tiga lainnya luka-luka.

Juga di hari Kamis, orang bersenjata telah menyerbu sebuah kantor polisi Kenya yang terletak di sebuah kota dekat perbatasan Kenya dengan Somalia pada tengah malam. Kelompok pejuang Islam Al-Shabaab menyatakan tanggung jawab atas serangan itu, lima hari setelah serangan terhadap Westgate Mall.

Tiga orang lainnya terluka dan setidaknya 10 kendaraan dibakar.

Serangan terhadap kota Mandera terjadi beberapa jam setelah Al-Shabaab mengancam bahwa kekerasan akan terus berlanjut sampai tentara Kenya mundur dari Somalia.

Pemimpin kelompok itu, Ahmed Godane Syaikh Mukhtar Abu Zubair, memperingatkan masyarakat Kenya tidak ada cara yang mereka bisa" bertahan dari sebuah perang bekas karena gesekan di dalam negeri sendiri", dalam sebuah pernyataan yang diposting di internet pada Rabu sore.

"Buatlah pilihan Anda hari ini dan menarik semua pasukan Anda, ..."  kata Godane. "Jika tidak bersiaplah untuk berlimpahnya darah yang akan tumpah di negara Anda, kejatuhan ekonomi dan pengungsian.

Sebelumnya kelompok pejuang Islam Somalia, Al-Shabaab menyatakan bertanggung jawab atas serangan di Westgate Mall di Nairobi Kenya mengatakan bahwa serangan itu adalah pembalasan selama hampir dua tahun kehadiran militer Kenya di Somalia yang dilanda perang dalam mendukung pemerintah Mogadishu memerangi pejuang Islam dan membunuhi Muslim di sana. (ab/aje)

kenya, israel, nairobi, al-shabaab, pejuang islam, somalia, samantha lewhtwaite, jermaine lindsay

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!