Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.455 views

Presiden Amerika Barack Obama : Amerika Serikat Bisa Gagal Bayar

Washington DC (voa-islam.com) Presiden Amerika Serikat Barack Obama memperingatkan bahwa Wall Street harus memiliki tingkat kekhawatiran,  karena tampaknya Partai Repubik di parlemen bisa membuat negara itu mengalami gagal bayar terhadap utang-utangnya.

Pemerintah Amerika menutup sejumlah kantor sejak hari Selasa,  sementara  Kongres gagal menyepakati anggaran baru. Republikan dan Demokrat saling menyalahkan atas kebuntuan dan kegagalan tercapainya kesepatan itu.

Penutupan ini berdampak pada 800.000 pekerja yang untuk sementara ini diberikan cuti tanpa tanggungan. Ini termasuk pekerja di taman-taman nasional, tempat wisata, dan situs resmi pemerintah.

Namun, saat berlangsung  krisis anggaran ini berkecamuk di Washington DC, sebuah potensi -yang bisa lebih berdampak negatif- akan datang pada beberapa pekan mendatang.

Pada 17 Oktober, pemerintah AS akan kehabisan uang untuk membayar tagihan, kecuali jika pagu utang dinaikkan. Namun, nampaknya Republiken, masih tetap bersikukuh dengan sikapnya, dan tidak mau meloloskan, pagu anggaran baru yang diinginkan oleh Obama.

Pada kedua isu, Partai Republik yang menguasai parlemen menuntut keluwesan sikapn Obama dan Partai Demokrat sebagai imbalan agar anggaran operasional pemerintahan bisa disetujui dan pagu utang bisa dinaikan.

Pasar saham di negara-negara lain tengah secara seksama memonitor krisis anggaran di Amerika.

Partai Republik menuntut pencabutan, penundaan atau pendanaan kembali undang-undang reformasi kesehatan -yang dijuluki Obamacare- yang sudah disahkan oleh Demokrat pada tahun 2010.

Pada Rabu (02/10) kemarin, Obama bertemu dengan sejumlah pemiimpin lembaga finansial besar di Wall Street, seperti JPMorgan Chase, Goldman Sachs, dan Bank of America, untuk mendiskusikan pagu utang dan isu ekonomi lainnya.

Setelah pertemuan itu, Obama mengatakan kepada CNBC "Ini penting bagi mereka untuk menyadari bahwa (kebuntuan di kongres) akan memiliki dampak besar pada perekonomian global.

Obama juga mengatakan dia tidak bersedia melakukan negosiasi dengan "sayap ekstrimis dari satu partai" walau batas waktu 17 Oktober sudah dekat.

Pasar saham di  berbagai negara tengah secara seksama memonitor krisis anggaran di Amerika. Adapun Kepala Bank Sentral Eropa Mario Draghi memperingatkan bahwa penutupan pemerintahan secara berlarut-larut tidak hanya berdampak pada ekonomi AS, tetapi juga ekonomi global.

Amerika akan terancam menjadi "failed state" (negara gagal), jika sampai tanggal 17 Oktober, nanti tanpa mencapai kesepakatan antara Republik dengan Demokrat. Ini skenario paling buruk dalam sejarah politik dan ekonomi di abad ini. Di mana selama ini ekonomi dunia sangat tergantung kepada Amerika, dan sekarang terhempas ke jurang krisis.

Indonesia juga akan mengalami krisis yang hebat, karena utang Indonesia dengan menggunakan dollar, dan pasti akan ini akan bertambah besar jumlah utang Indonesia jika di konversi dengan rupiah. Eksport Indonesia juga akan mampet, saat Amerika mengalami krisis. Nasib SBY menjelang akhir kekuasaan semakin menyedihkan. af/hh

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X