Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.394 views

Mesir Desak Anggota Liga Arab Cap Ikhwanul Muslimin Sebagai Teroris

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Pemerintah Mesir mendesak negara-negara anggota Liga Arab untuk menegakkan perjanjian kontra terorisme yang akan memblokir dana dan dukungan untuk Ikhwanul Muslimin setelah Kairo menunjuk gerakan itu sebagai kelompok "teroris", Senin, 30/12/2013.

Kairo juga ingin para anggota Liga Arab untuk menyerahkan para buronan Islamis yang terkait dengan Ikhwanul Muslimin.

Pemerintah Mesir merupakan tangan dari junta militer memasukan dalam daftark teroris kelompok Ikhwanul Muslimin sebagai teroris pekan lalu, setelah para pejabat menuduh gerakan itu terlibat dalam bom jibaku yang menewaskan 15 orang di kantor polisi pada Selasa pekan lalu. Mesir sebelumnya juga telah mendesak Interpol dan PBB memasukkan Ikhwanul Muslimin dalam daftar teroris.

Ikhwanul Muslimin, gerakan Islam terbesar di negara Mesir telah hidup dan eksis sebagai sebuah gerakan dakwah di sebagian besar negara-negara Arab, dan lebih 70 negara. Ikhwan mengutuk pemboman itu, dan diklaim oleh pejuang Islam terinspirasi Al-Qaidah yang berbasis di semenanjung Sinai.

Juru bicara kementerian luar negeri Mesir Badr Abdelatty mengatakan anggota Liga Arab yang menandatangani perjanjian kontra terorisme 1998, harus menegakkan itu melawan Ikhwanul Muslimin.

Perjanjian itu mengkordinasikan langkah-langkah anti - terorisme di antara para penanda tangan kesepakatan.

"Para penandatangan bertanggung jawab untuk melaksanakan perjanjian," kata Abdelatty kepada AFP, menambahkan para anggota Liga Arab harus menghentikan pembiayaan kelompok tersebut dan menyerahkan buronan Ikhwanul Muslimin ke Mesir.

Diratifikasi

Seorang pejabat Liga Arab mengatakan 18 dari 22 anggota Liga Arab telah meratifikasi perjanjian tersebut.

Liga Arab mengatakan telah memberitahu anggotanya tentang penunjukan Mesir terhadap Ikhwanul Muslimin sebagai kelompok teroris.

Mursi dan puluhan pemimpin Ikhwanul Muslimin menghadapi pengadilan dengan berbagai tuduhan, termasuk berkolusi dengan para pejuang Islam untuk melakukan serangan di Mesir.

Beberapa pemimpin Ikhwanul Muslimin telah meninggalkan negara itu, dan media kelompok tersebut kini berbasis di Inggris.

Gerakan ini telah memenangkan setiap pemilihan di Mesir setelah penggulingan orang kuat Hosni Mubarak pada tahun 2011.

Kelompok ini berhasil memenangkan Muhamad Mursi menjadi presiden dalam pemilihan bebas pertama negara itu pada tahun 2012, tetapi ia hanya bertahan setahun,kemudian militer menggulingkan Mursi di tengah protes jalanan dari kelompk liberalis sekuler dan Kristen yang menuntut  pengunduran dirinya.

Sejak itu ribuan pendukung Mursi tewas dibantai oleh pasukan junta militer yang dipimpin Jendral Abdul Fattah al-Sisi, dan  sebagian besar yang tewas itu,  mereka dari kelompok Islam, dan 10.000 orang lebih lainnya dipenjarakan dalam tindakan keras terhadap para pendukung Mursi dan Ikhwsan.(st/aby)

Ket: Mahasiswa Universitas Kairo pendukung Ikhwanul Muslimin

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X