Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.324 views

Mahmoud Abbas dan Khaled Meshaal Bertemu di Doha Bahas Rekonsiliasi

RAMALLAH, PALESTINA (voa-islam.com) - Presiden Palestina Mahmud Abbas memulai pembicaraan dengan pemimpin Hamas Khaled Meshaal di Doha Senin (4/5/2014) dalam pertemuan pertama sejak kedua gerakan saingan menandatangani kesepakatan persatuan, kata seorang pejabat.

"Pertemuan telah dimulai," seorang sumber di kantor Abbas di Ramallah kepada AFP.

Pemimpin Palestina terbang ke ibukota Qatar pada hari Ahad untuk bertemu Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani Senin pagi sebelum menghadiri pernikahan keluarga, pejabat senior Palestina kepada AFP.

Dia kemudian bertemu dengan pemimpin Hamas di pengasingan, yang telah berbasis di Doha selama lebih dari dua tahun setelah meninggalkan basis sebelumnya di Damaskus karena pertumpahan darah yang mencengkeram Suriah.

Terakhir kali kedua pemimpin tersebut bertemu face-to-face di Kairo pada Januari 2013.

Juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan pada akhir pekan bahwa kedua pemimpin itu diperkirakan akan bertemu di Qatar untuk "membahas perjanjian rekonsiliasi dan bagaimana untuk menerapkannya".

Gerakan Fatah pimpinan Abbas, yang mendominasi Organisasi Pembebasan Palestina dan menguasai Tepi Barat, telah terkunci dalam persaingan sengit bertahun-tahun dengan Meshaal Hamas sejak gerakan itu mengambil alih Jalur Gaza pada 2007, mengusir pasukan yang setia kepada presiden.

Sebelumnya upaya untuk menengahi rekonsiliasi politik telah gagal, namun pada tanggal 23 April, PLO dan Hamas mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan di mana mereka akan bekerja sama untuk membentuk pemerintah politik baru yang independen.

Hamas mengatakan kemungkinan menggabungkan sekitar 3.000 anggota pasukan keamanan Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat untuk membantu kepolisian di Gaza untuk sementara waktu.

"Ada klausul untuk mengatasi situasi keamanan, termasuk pengaturan administrasi ... bagi 3.000 anggota aparat keamanan Ramallah untuk bekerja sebagai bagian dari keamanan Gaza," kata sekretaris pemerintah Hamas Abdel Salam Siyyam dalam sebuah pernyataan pada hari Ahad.

Dia mengatakan langkah itu akan menjadi sebuah "periode interim", tanpa mengatakan berapa lama itu akan terjadi. (by/tds)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X