Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.845 views

Al Sisi Menangkan Pilpres Mesir, Mayoritas Pemilih Adalah Lansia

MESIR (voa-islam.com) - Calon presiden Abdel Fattah El-Sisi telah memenangkan pemilihan presiden dengan 95,3 persen suara, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Opini Publik Mesir, atau "Baseera".

Jajak pendapat juga menunjukkan bahwa Sisi menerima persentase suara tertinggi di Provinsi Sohag.

Banyak analis politik sudah memprediksi kemenangan Sisi karena popularitas yang ia dapat setelah kejatuhan presiden Mohamed Morsy.

Jajak pendapat juga menunjukkan calon presiden lainnya, Hamdeen Sabbahi, telah menerima sedikitnya 4,7 persen suara, dan memperlihatkan persentase suara tertinggi di Provinsi Al-Qalyoubia.

Hampir 96,7 persen memilih Sisi di Kairo, Sabbahi menerima 2,4 persen, sementara 0,9 persen suara dianggap tidak sah.

Hasil jajak pendapat yang keluar menunjukkan bahwa jumlah pemilih wanita hanya 44 persen dibandingkan dengan pemilih laki-laki yang berjumlah 56 persen.

Pemuda Mesir yang berusia 18-30 mewakili 27 persen dari para pemilih, sementara pemilih usia 31-50 mencapai 45 persen, dan mereka yang berusia 51 dan lebih tinggi mencapai 28 persen.

Besarnya partisipasi lansia, kemungkinan besar disebabkan karena warga lansia kurang mempunyai peran dalam pemberontakan 25 Januari dan cenderung tidak menyetujui jalannya proses revolusi yang belum pernah terjadi selama 60 tahun lamanya. Sementara pemuda dan golongan usia menengah adalah kelompok yang selama ini menjadi cikal bakal revolusi di Mesir yang memandang bahwa pemilu kali ini tidak transparan, terkesan dipaksakan dan sudah 'diatur' pemerintahan transisi boneka yang dipegang sebelumnya oleh militer.

Pusat Penelitian Opini Publik Rakyat Mesir (Baseera) melakukan jajak pendapat tahun 2014 pada pemilihan presiden yang berlangsung dari tanggal 26 Mei - 28 Mei 2014 eksklusif di saluran TV MBC Masr milik pribadi.
Jajak pendapat dilakukan pada sampel dari 12.900 pemilih yang tersebar di 182 TPS di seluruh wilayah administratif Mesir, kecuali di provinsi perbatasan.

Warga Mesir Tidak Antusias, Pemerintah Perpanjang Waktu Pemilu

Komite pemilu presiden di Mesir memutuskan untuk memperpanjang masa pemungutan suara hingga Rabu (28/5).

Pemerintah Mesir juga memberikan tiket gratis kepada para pekerja untuk perjalanan ke provinsi mereka dan memberikan suara dalam pilpres kali ini.

Sejumlah TPS pada hari kedua pemilihan nampak sepi meskipun pemerintah memberikan hari libur kepada para PNS untuk ikut memilih, bahkan pemerintah memperpanjang waktu pemungutan suara dengan memberikan jam tambahan.

Kantor berita timur tengah mengutip dari anggota komite pemilu presiden, Abdul Wahab Abdul Rozaq, yang mengatakan bahwa tujuan perpanjangan pemungutan suara hingga hari Rabu adalah untuk memberikan kesempatan kepada warga Mesir yang belum memberikan suara untuk memberikan suara.

Menurut kantor berita Reuters bahwa antrian di TPS di berbagai belahan Kairo pada pukul sembilan waktu setempat tidak panjang, bahkan ada sejumlah TPS yang tidak dikunjungi satu pemilih pun.

Komite pemilu pada hari sebelumnya mengumumkan bahwa TPS akan ditutup pada pukul 22.00 waktu setempat, dengan menambah satu jam, yang seharusnya ditutup pukul 21.00.

Sebelumnya, Perdana Menteri Ibrahim Mahlab mengumumkan pada hari Selasa, bahwa PNS dan para pegawai bank diberikan hari libur untuk pergi ke tempat pemungutan suara dan memberikan suara dalam pilpres. Ibrahim juga meminta sektor swasta untuk memudahkan warga untuk dapat berpartisipasi dalam pemilu.

Beberapa media Mesir gelisah karena warga Mesir tidak antusias dalam memberikan suara pada hari pertama dan kedua pemilihan, Media-media tersebut menghimbau kepada para warga untuk turun dan memberikan suara mereka dalam kotak suara sebelum terlambat.

Sementara itu, sejumlah orang yang tergabung dalam kelompok kemerdekaan anti-kudeta mengecam ancaman komite pemilu presiden yang akan mengenakan denda kepada mereka yang tidak memilih. Mereka menegaskan, pemilu adalah hak dan bukan sebuah kewajiban hukum.

Dari hasil hitung cepat hingga berita ini diturunkan, seperti yang diprediksikan para pengamat, Sisi berhasil memenangkan pilpres dengan perolehan berkisar 93-97% dari total sekitar 15- 20% pemilih yang mau menyumbangkan suaranya. [adivammar/Sukron Ma'mun/Iid Hidayatullah/Aljazeera/Egypt Independent]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X