Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.334 views

Di Eropa Puasa Ramadhan Berlangsung Antara 19-21 Jam

LONDON (voa-islam.com) - Para ulama dan  pemimpin Islam, petugas medis dan dewan lokal di Inggris mengeluarkan peringatan saatg Ramadhan, sebagai Muslim di Inggris, di mana mereka harus melaksanakan puasa  selama 19 jam selama bulan suci yang dimulai pada hari Sabtu. Di mana Muslim Inggris mulai awal Ramadhan, hari Sabtu, 28/6/2014.

Dewan Muslim Inggris  (MCB) mengatakan tahun ini akan waktu yang sangat  sulit bagi Muslim yang melaksanakan puasa, karena panjangnya waktu puasa, sehingga  Dewan Mulsim Inggris, menyiagakan layanan ambulans dan petugas medis , terutama mengantisipasi  risiko untuk orang tua dan mereka yang kondisi  pisiknya kurang sehat.

“Pada tahun 2014, puasa Ramadhan tahun ini akan  berlangsung selama  19 jam. Dengan hanya lima jam wakt yang terdia untuk makan, minum, tidur dan shalat tarawih (shalat malam), dan  Ramadan di Inggris akan menjadi terasa sulit”, kata MCB dalam sebuah pernyataan.

Selama Ramadan, yang dimulai pada hari Minggu di Inggris, Muslim menjauhkan diri dari makanan dari fajar senja dan berusaha untuk menjadi lebih shalih dalam beramal. Mereka juga diharuskan untuk menjauhkan diri dari minum n, merokok dan berhubungan seks.

Diabetes dan Dehidrasi

Sebuah leaflet MCB menyarankan, “Puasa yang panjang menempatkan anda pada risiko yang lebih tinggi dari kadar gula darah rendah dan dehidrasi. Jika cuaca panas anda juga bisa mengalami dehidrasi tanpa minum, yang dapat membuat anda sakit. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat terjadi jika anda mengalami dehidrasi  atau jika anda makan berlebihan di sahur atau berbuka”, ungkap MCB.

Inggris memiliki populasi 2,7 juta Muslim, di antaranya 325.000 menderita diabetes, menurut surat kabar The Guardian.  Angka-angka semacam itu menyebabkan  Layanan Ambulans  di North West Inggris, kemudian mengeluarkan pernyataan  bahwa asupan makanan yang seimbang dan cairan selama  puasa sangat penting.

"Jika selama bulan Ramadhan ini anda mulai merasa tidak enak badan, disorientasi atau pusing, saran kami yang didukung oleh prinsip-prinsip Islam adalah untuk menghentikan puasa dan minum air atau cairan lainnya," tambah pernyataan itu.

"Hal ini sangat penting untuk orang dewasa, dan bagi mereka dengan kondisi kesehatan yang mengalami tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi, diabetes, dan mereka yang menerima pengobatan dialisis."

Selain itu, dewan lokal Inggris juga mengeluarkan peringatan, di antaranya Buckinghamshire County Council yang juga memperingatkan bahaya dehidrasi.

"Saat Ramadhan jatuh di musim panas itu benar-benar penting  berhati-hati untuk minum cukup sebelum puasa, menjaga kadar cairan anda sampai siang hari dan menghindari dehidrasi," kata Direktur Buckinghamshire tentang kesehatan masyarakat Jane O'Grady seperti dikutip oleh koran lokal.

Perubahan pedoman di Swedia utara

Puasa Ramadhan selama 19 jam terpanjang di dunia,  dan bahkan  Muslim di negara lainnya harus berpuasa di bulan Ramadhan, terutama dibelahan  bumi utara akan menghadapi waktu  yang panjang  hingga 21 jam.

Ketika dihubungi oleh Al Arabiya News seminggu kemudian, ECFR mengkonfirmasi laporan dari perubahan pedoman. Di  utara Swedia, seperti Kiruna - di mana matahari terbenam sangat terlambat.

"Sesuai dengan ajaran Islam, semua orang yang sakit, lemah, hamil, menstruasi atau bepergian dikecualikan dari puasa," Sheikh Khalifa Hamid, mantan Imam Islamic Center London, mengatakan kepada Al Arabiya News.

"Seharusnya tidak ada perubahan dalam puasa di negara-negara seperti Inggris atau bahkan Mesir, di mana puasa akan berlangsung sampai 16 jam. Pekan lalu, itu bisa diperdebatkan bahwa fatwa ulama bisa dikeluarkan untuk mengurangi waktu puasa, tetapi ini tidak boleh terjadi, "tambah Sheikh Khalifa. (afgh/aby/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X