Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.010 views

Komunis Cina Larang Orang Berjenggot, Berjilbab Naiki Bus di Kota Xinjiang

XINJIANG, CINA (voa-islam.com) - Sebuah kota di wilayah barat Cina yang bergolak Xinjiang telah melarang orang-orang yang mengenakan jilbab, cadar dan memiliki jenggot panjang dari menaiki bus, menambah daftar panjang diskriminasi bagi umat Muslim di kawasan yang kerap dilanda kekerasan SARA tersebut.

Pihak berwenang komunis Cina akan melarang lima jenis penumpang - mereka yang mengenakan cadar, kerudung, jilbab, pakaian dengan bulan sabit dan bintang, dan mereka yang memiliki jenggot panjang - dari naik bus di kota barat laut Karamay, media negara mengatakan.

Simbol bulan sabit dan bintang dari Islam terdapat pada banyak bendera nasional, selain digunakan oleh kelompok-kelompok mujahidin yang Cina katakan ingin mendirikan sebuah negara merdeka yang disebut Turkestan Timur.

Aturan tersebut dimaksudkan untuk membantu memperkuat keamanan melalui 20 Agustus selama acara atletik dan akan diberlakukan oleh tim keamanan, Karamay Daily yang dikelola Partai Komunis berkuasa mengatakan pada Senin (4/8/2014).

"Mereka yang tidak mematuhi, khususnya lima jenis penumpang tersebut, akan dilaporkan ke polisi," kata surat kabar itu sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Pada bulan Juli, pihak berwenang di ibukota Xinjiang Urumqi melarang penumpang bus dari membawa barang-barang mulai dari pemantik rokok untuk yogurt dan air, dalam upaya untuk mencegah serangan kekerasan.

Kelompok Uighur dipengasingan dan para aktivis hak asasi manusia mengatakan kebijakan represif pemerintah di Xinjiang, termasuk kontrol pada Islam, telah memprovokasi kerusuhan.

"Para pejabat di kota Karamay mendukung sebuah kebijakan secara terbuka rasis dan diskriminatif yang ditujukan pada orang-orang Uighur biasa," Alim Seytoff, presiden Uyghur American Association yang berbasis di Washington, mengatakan dalam sebuah pernyataan email.

Sementara banyak perempuan Uighur berpakaian dalam banyak gaya kasual sama dengan tempat lain di Cina, beberapa telah mulai mengenakan jilbab penuh, pakaian yang lebih umum di Pakistan atau Afghanistan daripada di Xinjiang.

Polisi telah menawarkan uang untuk informasi tentang segala sesuatu dari "pelatihan terorisme kekerasan" untuk individu yang menumbuhkan jenggot panjang.

Xinjiang, rumah bagi orang-orang Muslim Uighur yang berbicara bahasa Turki, selama bertahun-tahun telah dikekang dengan diskriminasi ketat terhadap warganya yang beragama Muslim dengan berbagai peraturan yang kerap bertentangan dengan hak-hak asasi manusia.

Pada bulan Ramadhan lalu, partai berkuasa Komunis Cina yang memerintah di Xinjiang telah memberlakukan pelarangan berpuasa di daerah yang kerap dilanda kerusuhan mematikan antara etnis Uighur dengan pasukan keamanan.

Menurut kantor berita Agence France-Presse mengutip laporan radio pemerintah Bozhu Radio dan TV University bahwa pelarangan itu diberlakukan bagi anggota partai, guru, dan orang-orang muda untuk melakukan aktivitas terkait dengan dengan Ramadan.

Selain itu Cina juga melarang tenaga pengajar mencoba mempengaruhi mahasiswa dan murid sekolah untuk menjalani ajaran agama. Uniknya aturan serupa jarang diterapkan kepada mayoritas Han yang, jikapun punya agama, memeluk Buddha, Dao atau Kristen.

“Mahasiswa tidak boleh berpartisipasi pada aktivitas keagamaan. Mereka tidak boleh membaca tulisan, puisi dan menyanyikan teks-teks agama. Mereka tidak boleh mengenakan atribut agama. Tidak seorangpun, termasuk orangtua, boleh memaksakan keyakinan agama kepada anak-anaknya,” bunyi pernyataan tersebut. (st/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X