Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.461 views

Astagfirullah! Universitas La Sorbonne Usir Mahasiswinya yang Berhijab

PARIS (voa-islam.com) - Prancis kembali memperdebatkan hijab, setelah seorang dosen di Universtias Sorbonne memerintahkan seorang Muslimah menanggalkan hijabnya selama mengikuti kuliah.

"Apakah Anda akan tetap mengenakan hijab selama mengikuti pelajaran di kelas saya," tanya seorang dosen geografi kepada Muslimah itu, seperti dikutip surat kabar La Monde.

Nama dosen dan Muslimah itu diminta tidak dipublikasikan.

"Saya berada di sini untuk membantu Anda mengintegrasikan diri ke dalam kehidupan profesional. Hijab akan menjadi masalah buat Anda," tambah dosen itu lagi.

Muslimah itu menolak melepas hijab. Dosen dengan sopan memintanya keluar dari kelas, dan masuk ke kelas lain.

UU Tahun 2004 melarang semua warga Prancis memakai atau mempertontonkan secara terbuka simbol-simbol agama di seluruh sekolah di Prancis. Namun, larangan itu tidak berlaku bagi perguruan tinggi.

Tahun 2010, Prancis melarang pemakaian cadar -- dikenal pula dengan sebutan niqab atau burqa -- di tempat umum, tapi tidak termasuk hijab.

Semua larangan itu disetujui Dewan Konstitusi Prancis, dan diperlukan untuk melindungi nilai-nilai negara sekuler dan pemisahan tegas antara agama dan negara. Baru-baru ini, sebuah badan pemerintah yang menjaga nilai-nilai negara sekuler Prancis merekomendasikan pelarangan jilbab di universitas.

Jean-Marie Salamito, profesor sejarah kekristenan di Universita Paris-Sorbonne 1, mengatakan insiden di La Sorbbone sangat jarang.

"Dosen di Prancis umumnya berpikiran terbuka dan toleran. Prancis adalah negara bebas," ujar Salamito kepada Al Arabia News. "Menyuruh Muslimah menanggalkan jilbab bisa dianggap sebuah tindakan tidak menghormati Muslimah dan Islam."

Menurut Salamito, insiden itu terlanjur memicu perdebatan publik dan mengarah ke Islamophobia. Padahal, katanya, tindakan profesor La Sorbonne itu seharusnya tidak mencerminkan Islamophobia laten.

Philippe Boutry, rektor Universitas La Sorbonne, mengambil tindakan cepat agar persoalan ini berlarut-larut. Ia menulis surat permintaan maaf kepada sang mahasiswi, dengan mengatakan insiden itu disebabkan kesalah-pahaman dosen terhadap UU tahun 2014.

Muslimah menjawab surat itu dengan meminta sang dosen, yang sebenarnya sadar hukum, dihukum untuk menghindari kemungkinan insiden serupa terjadi di masa depan. [inilah/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X

Jum'at, 13/05/2022 12:20

Saatnya Memberantas Kasus Narkoba